PENTINGNYA KPI DI ERA PASCA PANDEMI

Baik Anda bekerja dari kantor, dari rumah, atau dari luar wilayah penjualan Anda, target dan KPI tetap menjadi hal yang sangat penting. Namun bagi tim penjualan yang berjuang dengan berbagai tantangan untuk bekerja dari jarak jauh, pengaturan, pelacakan, dan pencapaian KPI mungkin terasa lebih sulit. Tetapi pada saat ketidakpastian, menjadi semakin penting untuk memiliki struktur, rutinitas, dan tujuan. Inilah mengapa KPI sangat penting pasca pandemi, dan bagaimana Anda bisa melakukannya dengan benar.

MENGAPA PENJUALAN KPI PENTING
Manajer penjualan yang baik tahu bahwa menetapkan dan melacak KPI – baik untuk tim maupun individu – adalah bagian penting dari pekerjaan itu. Metrik ini memberikan wawasan berharga tentang keseluruhan kinerja staf penjualan, tim, dan bisnis secara keseluruhan. Mereka juga dapat membantu mengidentifikasi tren, area kekuatan dan kelemahan, dan peluang potensial. KPI yang dikelola dengan baik dapat menghasilkan pendapatan besar dan bonus besar – tetapi penting untuk membuat KPI jelas, dapat dicapai, dan dapat dilacak sehingga staf penjualan merasa termotivasi dan didukung, daripada dikelola mikro dan bersiap untuk gagal.

PENTINGNYA KPI PASCA PANDEMI
Tidak peduli seberapa pintar tujuan penjualan Anda di awal tahun 2020, kemungkinan besar tujuan tersebut tidak lagi sesuai untuk tujuan di lingkungan bisnis pertengahan dan pasca pandemi. Dan sementara volume penjualan ritel meningkat 0,8% pada Agustus dibandingkan Juli, jelas bahwa banyak bagian ekonomi belum melihat tanda-tanda pemulihan dari Covid-19. Banyak bisnis tetap bekerja dari jarak jauh, dengan pengalaman penjualan secara langsung untuk sementara disimpan dan interaksi digital sekarang mendominasi penjualan dan lanskap bisnis yang lebih luas. Staf penjualan harus cepat mengadopsi dan beradaptasi dengan teknologi baru, memikirkan kembali promosi penjualan mereka, dan mempertimbangkan bagaimana produk dan layanan mereka dapat melayani pelanggan di lingkungan saat ini. Ini adalah perubahan besar bagi banyak bisnis, dan para profesional semakin harus berbuat lebih banyak, dengan lebih sedikit. Untuk melakukan ini dengan sukses,

KPI APA YANG HARUS ANDA MONITOR?
Dengan penjualan langsung sebagian besar di luar gambaran, KPI harus tetap fokus di sekitar akuisisi pelanggan, manajemen dan penjualan, dengan penyesuaian menuju model yang dipimpin secara digital. Indikasi aktivitas sebelumnya seperti pimpinan acara dan pertemuan tatap muka dapat diganti dengan metrik yang mengukur interaksi digital, termasuk panggilan masuk dan keluar dan konferensi video, demonstrasi online, email, dan webinar. Jika pengaturan kerja di rumah staf penjualan Anda dikonfigurasi dengan CRM Anda, bahkan mungkin lebih mudah dari biasanya untuk melacak kontak dan titik kontak pelanggan, karena staf penjualan tidak perlu masuk ke rapat langsung secara manual.
Saat melacak KPI di lanskap pasca-pandemi, Anda mungkin ingin lebih fokus pada retensi dan kepuasan pelanggan, daripada akuisisi. Sangat penting untuk memahami bagaimana perasaan pelanggan tentang produk dan layanan Anda dan bagaimana kebutuhan mereka mungkin berubah selama pandemi. Ini mungkin berarti staf penjualan harus ditargetkan untuk tidak melakukan komunikasi ‘check in’ dan pemeriksaan proaktif tentang poin kontak dan penawaran baru yang mungkin menguntungkan pelanggan.

KPI UNTUK PEMASARAN
Pemasaran sebagai suatu disiplin ilmu sering kali dapat menderita karena kurangnya KPI yang jelas, dan ini dapat mengecewakan tim pemasaran terbaik sekalipun. Banyak pemasar adalah pemain tim yang sangat kolaboratif dan komunikatif yang mengandalkan interaksi dengan kolega dan klien untuk mendorong kreativitas dan kinerja mereka. Dengan pekerjaan rumah dalam agenda di masa mendatang, penting bagi para pemimpin pemasaran untuk mendorong kolaboratif ini dan mendorong kerja tim digital untuk meniru pengalaman di kantor sebanyak mungkin. Selain itu, pemasar harus memiliki KPI yang jelas untuk dikerjakan, seperti rasio konversi, kinerja kata kunci, biaya per prospek, dan lalu lintas kampanye. Untuk benar-benar meningkatkan kekuatan KPI organisasi Anda, selaraskan beberapa tujuan tim pemasaran Anda dengan tujuan tim penjualan Anda, mendorong komunikasi lintas tim dan memfasilitasi tujuan bersama.

Saat lanskap bisnis terus surut dan mengalir berkat Covid-19, tim penjualan dan pemasaran akan ditugaskan untuk mengikuti dan tetap terdepan dari perkembangan industri terbaru. Sekarang Anda tahu mengapa melacak KPI sangat penting di dunia pasca pandemi, inilah saatnya merekrut orang terbaik untuk membantu Anda menyukseskan tujuan tersebut. Apakah Anda ingin meningkatkan keterampilan tim penjualan dan pemasaran yang ada dengan pelatihan khusus atau Anda sedang mempertimbangkan untuk merekrut bakat baru untuk membantu mendorong bisnis Anda maju dalam lanskap pasca pandemi, kami bisa membantu. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s