PERAN TEKNOLOGI DALAM PERTUMBUHAN BISNIS SEKTOR FMCG

Semakin kesini, sektor FMCG semakin menunjukkan pertumbuhan baru selama dua dekade terakhir. Diversifikasi produk yang lebih besar di seluruh kategori makanan dan non-makanan, proliferasi produk kesehatan, dan segmentasi khusus jenis kelamin dan usia yang lebih besar merupakan faktor penting yang telah membantu mengubah sektor ini.
Salah satu faktor penting yang akan terus mendorong sektor FMCG ke jalur pertumbuhan yang lebih tinggi dalam waktu dekat adalah peningkatan penggunaan teknologi digital. Dari penggunaan pemasaran digital yang lebih besar hingga peningkatan penyesuaian untuk e-commerce, semakin banyak pemain di sektor ini yang saat ini secara aktif menggunakan teknologi digital untuk mendorong fase pertumbuhan berikutnya di tengah persaingan yang ketat. Kemampuan untuk mendigitalkan dengan cepat juga akan menjadi pembeda yang signifikan antar organisasi saat mereka mengubah diri mereka sendiri untuk menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan waktu.

Meningkatkan Peran Digitalisasi di Seluruh Papan
Kini peningkatan penggunaan analitik seluler, kecerdasan buatan, dan teknologi cloud sudah diatur untuk memungkinkan sektor FMCG muncul sebagai industri yang paham digital selama dekade berikutnya. Meskipun waktu yang dihabiskan untuk media digital sudah sama dengan waktu yang dihabiskan di TV di antara pengguna perkotaan, pengeluaran untuk digital diperkirakan hanya 10% dari keseluruhan pengeluaran iklan oleh sektor FMCG.
Otomatisasi proses adalah elemen kunci yang mendorong perubahan dan memungkinkan bisnis menjadi lebih efisien dan hemat biaya. Sistem otomatis yang didukung oleh alat AI digunakan secara agresif untuk mengelola inventaris, menutup celah dalam manajemen rantai pasokan, dan membuat saluran distribusi lebih efisien. Memelihara catatan penjualan digital dan akun inventaris digital membantu menghilangkan kesalahan manusia, mempercepat manajemen sementara juga memungkinkan organisasi mengakses data cepat yang berkaitan dengan permintaan dan pasokan. Otomatisasi layanan juga semakin banyak digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Big Data
Wawasan tentang perilaku konsumen, pemahaman tentang preferensi berbagai jenis konsumen dan analisis langkah kaki adalah elemen utama yang bergantung pada FMCG untuk meningkatkan produk dan layanannya. Digitalisasi memberi organisasi akses yang mudah dan cepat ke data pengguna yang berharga setiap hari. Data ini merupakan ladang ranjau informasi yang bila dianalisis secara sistematis dapat membantu perusahaan memahami pola konsumsi dan perilaku konsumen. Hal ini pada gilirannya membuka jalan bagi pengambilan keputusan proaktif dan penyesuaian produk dan layanan untuk lebih memenuhi kebutuhan pembeli. Meskipun mengumpulkan dan memahami data untuk mengambil keputusan bisnis selalu dilakukan oleh perusahaan, ketersediaan data besar membuat prosesnya menjadi sangat tepat dan cepat. Semakin cepat Anda dapat menarik kesimpulan dari data dan memulai tindakan proaktif sebagai tanggapan akan membedakan Anda dari pesaing. Penggunaan Big Data tidak akan terbatas pada platform e- commerce lagi, sektor FMCG secara keseluruhan akan semakin bertindak sebagai platform digital untuk memanfaatkan manfaat analitik data.

E-retail
Meskipun buku dan pakaian adalah produk utama pertama yang membantu e-commerce menjadi segmen ritel, saat ini hampir semua sektor telah dipaksa untuk secara aktif merancang strategi yang koheren untuk e-commerce. Kontribusi e-commerce terhadap penjualan FMCG saat ini sedikit di atas 1%. Namun, hal ini diperkirakan akan berubah dengan cepat dalam dekade mendatang. Menurut firma riset pasar Nielsen, kontribusi e-commerce terhadap total penjualan FMCG diharapkan sebesar 11 persen pada tahun 2030. Penjualan produk FMCG secara online juga sering menyebabkan gesekan dengan jaringan distribusi organisasi. Namun, organisasi yang mengabaikan tren ini akan menanggung risikonya sendiri. Semakin banyak organisasi di sektor FMCG saat ini bekerja untuk memiliki kehadiran online yang agresif, tidak hanya di situs e-commerce besar, tetapi juga memiliki platform digital penjualan khusus. Tren ini diharapkan semakin meningkat dalam dekade mendatang.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan membutuhkan pendampingan dalam penggunaan dalam perusahaan terkait dengan penjualan silahkan hubungi kami di wa https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s