FAKTOR YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN SAAT MENENTUKAN STRATEGI PENETAPAN HARGA DISTRIBUTOR

Semua pemain bisnis pasti sidah tahu bahwa penetapan harga adalah salah satu landasan persaingan. Konsumen mempertimbangkan serangkaian faktor saat membuat keputusan pembelian, terutama tentang harga dan kualitas, yang keduanya berdampak hulu pada pengecer, distributor, dan produsen.
Distributor, sebagai penghubung tengah dalam rantai pasokan memiliki strategi penetapan harga yang paling lancar tapi juga berisiko. Pasokan dan permintaan sangat berkaitan dengan harga eceran. Harga pabrikan didorong oleh biaya produksi dan margin yang diinginkan. Distributor harus memperhitungkan permintaan pelanggan serta biaya produksi, ditambah hal-hal lain seperti biaya transportasi dan biaya penyimpanan, sambil tetap mencari margin keuntungan.
Jelas, ada beberapa hal lagi yang harus diperhitungkan dalam penetapan harga rantai pasokan tetapi juga harus jelas bagaimana strategi harga distributor yang tidak efektif pada akhirnya dapat merugikan bisnis. Dalam artikel kali ini, kami akan mempelajari beberapa faktor untuk dipertimbangkan saat menentukan harga distributor.

Memantau Skenario Khusus
Buat daftar skenario dan kombinasi faktor yang, jika terjadi, akan menimbulkan tanda bahaya bagi organisasi Anda. Hal ini dapat mencakup produk yang tidak kompatibel yang dijual bersama, perubahan pada saluran penjualan, volume pembelian pelanggan yang berubah secara drastis, atau sesuatu yang sederhana seperti pelanggan baru yang menginginkan produk tertentu yang tidak Anda miliki. Daftar setiap perusahaan akan berbeda tetapi ini adalah tempat yang baik untuk memulai ketika menentukan harga sebagai distributor.
Kemudian, untuk setiap item dalam daftar, tinjau proses harga distributor yang ada dan tentukan bagaimana skenario bendera merah itu dapat terjadi dan seberapa sering. Idealnya, setiap skenario hanya memiliki beberapa cara untuk terjadi, tetapi jika Anda menemukan bahwa ada beberapa cara untuk memenuhi kriteria bendera merah tertentu, maka mungkin ada masalah yang lebih besar.

Meningkatkan Pengetahuan Produk Sales Rep
Bergantung pada ukuran katalog produk Anda, mengharapkan perwakilan penjualan tetap akrab dan terdidik tentang mereka semua dapat menjadi rumus untuk kegagalan. Kemungkinannya, ada dokumen produk yang disimpan dalam database di suatu tempat yang dapat digunakan perwakilan penjualan sendiri dan dibagikan dengan pelanggan untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang semua produk yang tersedia bagi mereka. Ini menjelaskan mengapa studi kami menunjukkan bahwa perwakilan penjualan menghabiskan 68% dari waktu mereka untuk meneliti.
Saat membangun proses dan strategi untuk harga distributor, bekerjalah dalam komponen pendidikan perwakilan penjualan. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan solusi teknologi yang mendidik perwakilan penjualan saat dalam perjalanan, terutama mengingat bagaimana meluangkan waktu ekstra untuk mempelajari suatu produk dapat mengakibatkan kerugian.

Membangun Fleksibilitas untuk Mengikuti Permintaan Industri dan Pasar
Beberapa pasar dan industri berubah setiap hari sehingga penting untuk memiliki proses yang memungkinkan fleksibilitas dalam strategi penetapan harga. Jika fondasi strategi harga distributor Anda berubah terlalu banyak, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berpikir lebih tinggi tentang strategi Anda. Tetapi mengubah hal-hal seperti batas diskon dan pemasangan produk beberapa kali mungkin diperlukan, jadi bekerja untuk membangun proses harga yang dapat menangani perubahan ini tanpa terlalu banyak gangguan.

Selain itu Anda harus memahami saat menentukan harga strategis untuk distributor adalah margin. Margin mewakili persentase perbedaan antara jumlah yang Anda bayarkan dan jumlah yang Anda jual. Tanpa margin, tidak ada yang akan mendapat untung dan penting untuk dipahami bahwa, baik produsen, distributor, atau pengecer, semua perusahaan ingin mendapatkan keuntungan. Jika saat ini Anda membutuhkan infromasi lebih perihal distributorship management atau apa-apa saja yang bisa membuat industri distributor Anda memiliki kenaikan profit yang lebih banyak. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp https://wa.me/6281252982900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s