TIPS SUKSES MEMBANGUN PRODUK BERKUALITAS DALAM PERUSAHAAN

Meningkatkan kualitas produk adalah salah satu hal terpenting untuk mencapai pertumbuhan penjualan dan profitabilitas jangka panjang. Dan meskipun meningkatkan kualitas produk bukanlah tugas yang mudah, itu memberikan penghargaan bagi bisnis tersendiri dengan melakukan peningkatan pendapatan dan pengurangan biaya. Bisnis yang ingin meningkatkan kualitas produk perlu menanamkan praktik kualitas dalam proses rutin mereka. Jadi, alih-alih hanya sebuah renungan, kualitas harus menjadi intrinsik bagi kinerja perusahaan dan manajemen operasi harian. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk meraih proses rutin yang berkualitas dalam bisnis anda.

Pahami Definisi Kualitas
Berdasarkan pengamatan, definisi, dan penjelasan yang ditawarkan oleh para pakar kualitas terkenal di dunia, kami dapat membagi definisi kualitas dalam dua kategori. Di satu sisi, kualitas berkaitan dengan memuaskan satu set spesifikasi yang telah ditentukan. Menurut definisi ini, produsen atau penyedia layanan mencapai kualitas dengan menciptakan produk yang karakteristiknya memenuhi serangkaian spesifikasi yang ditentukan secara numerik.
Di sisi lain, kualitas bisa berarti memuaskan pelanggan anda. Mencapai kepuasan pelanggan menyiratkan menggunakan seperangkat karakteristik yang terukur. Kualitas suatu produk ditentukan berdasarkan apakah produk itu memenuhi harapan pelanggan dalam hal konsumsi dan penggunaan. Jelas, yang terbaik bagi bisnis adalah berkonsentrasi menggunakan kombinasi kedua definisi ini. Dengan melakukan itu, anda akan memastikan produk anda memenuhi persyaratan dan memenuhi kebutuhan pelanggan secara bersamaan.

Bangun Strategi Produk Yang Solid
Untuk menonjol dalam lautan produk baru yang tak terhitung jumlahnya, anda perlu menyusun strategi produk yang brilian. Mengkonseptualisasikan suatu produk dari awal memang sulit, tetapi hanya jika anda kurang ide. Dan karena sudah banyak solusi yang ada, anda harus membuat sesuatu yang unik. Temukan inspirasi dengan berbicara dengan pengguna dan prospek anda.
Setelah mempelajari apa yang dibutuhkan prospek anda, penting untuk mengembangkan visi produk tingkat tinggi. Ini akan memungkinkan anda dan tim anda untuk menggunakan pendekatan yang lebih strategis terhadap pengembangan produk. Akibatnya, memiliki visi produk yang jelas akan membuat anda berpikir tentang tujuan produk. Sasaran akan berfungsi sebagai kpi dan dengan memprioritaskannya, anda akan dapat membuat rencana untuk fungsionalitas produk, fitur, dll.
Setelah menentukan sasaran, anda perlu menerjemahkannya menjadi detail yang jelas sehingga anda dapat memprioritaskan peta jalan produk anda. Ketika anda memiliki strategi yang jelas dan peta jalan produk logis, anda dapat membandingkannya dengan visi produk awal anda. Setelah meninjau visi anda, sesuaikan peta jalan produk dan lakukan secara teratur.

Menerapkan Sistem Manajemen Mutu

Meskipun penting untuk membuat konsep, membayangkan dan membuat peta jalan untuk produk, langkah-langkah ini saja tidak akan menentukan kualitas produk secara default. Sistem manajemen mutu (SMM) seperti ISO 9001 adalah seperangkat aturan internal yang akan menentukan bagaimana bisnis akan menciptakan dan mengirimkan produk atau layanan mereka. Menerapkan SMM akan memungkinkan anda untuk mengaudit proses anda sendiri bersama dengan lembaga sertifikasi. Karena sistem manajemen mutu didasarkan pada 7 prinsip kualitas yang ketat, pelanggan anda tidak perlu mengaudit bisnis anda sendiri. ISO 9001 adalah standar yang diakui secara internasional yang memberikan jaminan kualitas, yang sangat penting jika anda ingin meningkatkan kualitas produk anda.
Dengan mematuhi standar, anda secara tidak langsung telah meningkatkan kredibilitas dan citra bisnis anda, tetapi yang paling penting, anda akan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Salah satu persyaratan ISO 9001 adalah untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memenuhi kebutuhan pelanggan. Ini, bersama dengan persyaratan SMM lainnya, seperti integrasi proses yang lebih baik atau meningkatkan bukti untuk pengambilan keputusan, akan membuat anda dan rekan satu tim anda hanya berjuang untuk kualitas.

Jadikan Kualitas Menjadi Bagian Dari Budaya Perusahaan
Menerapkan SMM adalah penting, tetapi tidak cukup hanya tampak patuh. Prinsip kualitas ini harus tertanam kuat di seluruh organisasi anda. Seluruh tim harus berada pada halaman yang sama ketika menyangkut apa yang merupakan produk yang berkualitas. Karena bagi sebagian orang, ini adalah produk murah sementara bagi yang lain itu adalah solusi mutakhir. Terlepas dari apa yang anda sepakati, mintalah manajer anda untuk terus-menerus memperkuat gagasan itu. Ini adalah bagaimana anda membuat semua orang mengerti visi kualitas anda.


Untuk membuat produk sesuai dengan spesifikasi kualitas anda, manajemen perlu membiarkan karyawan menjadi bagian dari proses pengembangan. Jika seorang karyawan merasa mereka tidak memiliki suara dalam suatu proyek, mereka kemungkinan besar akan mengabaikan kebutuhan untuk memberi anda umpan balik. Anda harus memberi karyawan anda sejumlah bimbingan yang tepat selama pengembangan produk. Jika anda mengaturnya terlalu banyak, mereka akan kehilangan kapasitas untuk kreativitas. Jika anda terlalu longgar, mereka akan tidak jelas tentang wewenang mereka dalam membuat keputusan independen. Izinkan karyawan anda untuk mengamati proses bisnis dan mengatur pertemuan di mana mereka bisa menyarankan sejumlah peningkatan.

Demikianlah 4 tips yang bisa anda gunakan dalam perusahaan anda agar bisa mencapai tingkat kualitas produk yang anda inginkan. Memang 4 tips diatas terdengar cukup sederhana, namun yakinlah hal ini akan sulit anda terapkan tanpa ada konsistensi anda terhadap niat besar anda untuk mewujudkan sebuah produk yang berkualitas. Dan apabila anda membutuhkan informasi lebih jelas dan detil terkait artikel diatas, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung menghubungi kami langsung menggunakan nomor whatsapp 0812-5298-2900/081-8521172. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s