LANGKAH JITU AGAR PEREKRUTAN KARYAWAN BERJALAN CEPAT & EFEKTIF

Proses perekrutan tenaga kerja terutama dalam industry skala besar tentunya memakan waktu yang sangat lama dengan prosesnya yang begitu panjang dan seringkali tidak efisien. Hal ini akan berakibat buruk pada efektivitas proses produksi yang mungkin terpaksa mundur dari jadwal dikarenakan lambatnya sistem perekrutan SDM yang diperlukan.
Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami Tim GroEdu International Consultant (Lembaga Konsultan Manajemen Usaha yang sudah dipercaya di berbagai kota besar seperti Surabaya, Bandung, Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Denpasar dan kota-kota besar lainnya) akan berbagi langkah jitu terkait permasalahan diatas.

Langsung saja, langkah yang kami maksud ialah meliputi beberapa poin sebagai berikut:

1. Identifikasi Kebutuhan SDM
Fokuskan perekrutan sesuai kebutuhan dan bila perlu atur rasio maksimal penerimaan lamaran kerja yang masuk agar lebih mudah di organisir dan tentunya tidak memakan waktu terlalu banyak.

2. Analisis Kandidat Paling Potensial
Singkatnya seperti proses eliminasi yang dipersingkat, cukup ambil kandidat yang paling potensial. Apabila SDM menjanjikan yang didapat kurang, anda dapat melakukan perekrutan babak kedua dengan prosedur yang sama. Sembari SDM baru yang telah direkrut dapat langsung bekerja. Dengan begitu proses produksi dapat terus berjalan sambil melakukan perekrutan selanjutnya.

3. Lakukan Penggolongan Kategori
Mengatur kategori SDM dengan baik menjadi salah satu syarat sistem perekrutan yang efisien. Hal ini juga tidak akan lepas dari proses manajemen kegiatan serta seberapa lancar pelaksanaan jadwal sesuai durasi yang telah ditentukan. Dengan melakukan penggolongan, anda akan lebih mudah dalam melakukan seleksi terhadap calon karyawan.

4. Lakukan Wawancara Dua Arah Singkat & Efektif
Melalui wawancar dua arah, anda dapat lebih mengenal calon karyawan tersebut, dengan begitu kriteria seleksi dapat ditentukan dengan cepat, hal ini akan memerlukan kecakapan komunikasi pewawancara dan ketelitian dalam memperhatikan sikap calon karyawan.

5. Lakukan Proses On Board yang Efisien
Poin yang satu ini merupakan langkah akhir dalam proses perekrutan, dan hal ini terkadang cukup memakan waktu. Nah, bagaimana anda melakukan proses ini secara efisien & efektif akan sangat bergantung pada formula yang dipergunakan HR dalam proses ini.

Itulah sekiranya beberapa langkah yang dapat kami bagikan terkait topik kali ini. Sekaligus mengakhiri artikel kali ini. Tahukah anda bahwa kami, Tim GroEdu senantiasa menyediakan layanan konsultasi & training bisnis terutama bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis atau bagi anda yang ingin berupaya meningkatkan kredibilitas bisnis anda melalui beberapa aspek dalam berbisnis. Layanan kami tidak hanya terpaku pada satu aspek, melainkan aspek lainnya yang menyangkut bisnis seperti manajemen bisnis, operasional bisnis, JASA PEREKRUTAN KARYAWAN dan masih banyak lagi. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung melalui nomor Whatsapp berikut, 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu anda. Semoga ulasan ini bermanfaat, sekian terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s