5 ASPEK PENTING SEBELUM MEMULAI PELUNCURAN PRODUK BARU

Bagi sebagian besar perusahaan, peluncuran produk dan fitur selalu menjadi perhatian utama karena memiliki potensi untuk menarik dan mempertahankan lebih banyak pengguna. Strategi peluncuran produk bertujuan untuk mengadopsi lebih banyak pengguna dan pertumbuhan merek.  Keberhasilan peluncuran produk baru tergantung pada banyak variabel. Dengan memanfaatkan berbagai saluran dan alat pemasaran digital, anda dapat membantu memastikan pengenalan yang unggul.

Tahukah anda bahwa peluncuran produk memegang peran penting dalam kesuksesan anda? Menghasilkan kesadaran merek, membenarkan anggaran, dan membangun kredibilitas hanyalah sebagian kecil dari tantangan yang akan anda hadapi selama peluncuran produk. Memahami tantangan-tantangan ini membantu meningkatkan peluang anda untuk sukses. Berikut ini beberapa panduan yang bisa anda gunakan dalam peluncuran produk baru.

Ketahui Pasar Anda

Keberhasilan anda dengan produk apa pun tergantung pada sekelompok bisnis atau konsumen yang tertarik dengan produk anda. Jadi, sebelum bergerak maju dengan peluncuran produk anda, teliti pasar produk yang dimaksud, baik pasar saat ini atau yang ingin anda kembangkan untuk menilai dan mengevaluasi permintaan. Anda perlu mengumpulkan data tentang prospek atau orang-orang yang mungkin membeli produk anda. Setelah itu mengidentifikasi dan menganalisis pesaing anda untuk mendeteksi peluang diferensiasi. Agar bisnis anda berkembang, anda perlu menemukan cara untuk mencapai keunggulan kompetitif. Ini adalah sesuatu yang dapat anda tawarkan atau lakukan lebih baik daripada pesaing anda.

Kembangkan Rencana Pemasaran (Marketing Plan)

Rencana pemasaran anda harus mengidentifikasi orang-orang yang menginginkan atau membutuhkan produk anda dan bagaimana Anda akan meyakinkan mereka untuk membelinya. Meskipun anda dapat meningkatkan pelanggan yang ada untuk menyebarkan kesadaran, anda tetap perlu menjaga tingkat ketergantungan mereka untuk mendukung produk baru anda. Dengan kata lain, rencana pemasaran anda harus fokus pada mencari pelanggan baru yang akan membeli produk anda. Anda perlu mempresentasikan produk baru anda kepada calon pelanggan dengan cara mendorong keterlibatan.

Fokus Pengembangan

Daripada merancang produk yang memenuhi hanya kebutuhan perusahaan anda, lebih baik fokuslah pada kebutuhan pasar anda. Kebijakan seperti itu akan memastikan bahwa produk baru anda akan memenuhi permintaan aktual dan memberikan peluang keberhasilan yang lebih besar. Pada dasarnya, produk anda hampir akan menjual sendiri ketika orang dapat dengan mudah mengenali mengapa mereka membutuhkannya. Di sisi lain, jika tidak ada yang mengerti alasan peluncuran produk anda, tentu anda berisiko mengalami kegagalan.

Pengujian & Umpan Balik

Ketika anda telah mengembangkan prototipe produk baru anda, uji cara kerjanya sebelum melakukan hal lain. Tim pengembangan anda harus menjadi yang pertama meninjau prototype tersebut, tetapi anda juga harus mengekspos produk anda pada situasi dunia nyata. Untuk alasan ini, anda harus mengundang rekan industri, pelanggan, dan anggota pasar target anda dan biarkan mereka menguji prototipe. Biarkan mereka mencari tahu apakah produk anda memenuhi persyaratan mereka dan undang mereka untuk berbagi pendapat dengan anda.

Dengan meminta umpan balik eksternal, anda memperoleh wawasan berharga yang dapat membantu anda menemukan dan memperbaiki kekurangan sebelum mereka dapat melakukan kerusakan nyata. Jika ada masalah, saatnya untuk kembali ke meja gambar dan melanjutkan iterasi dan pengujian sampai anda mendapatkan hasil akhir yang memuaskan. Anda juga bisa mempertimbangkan penawaran prototipe kepada audiens media sosial anda. Sebagai imbalan dari sensasi mencoba sesuatu yang baru, mereka dapat memberi anda umpan balik yang secara substansial meningkatkan nilai yang diberikan produk anda.

Penjadwalan & Posisi

Jangan pernah terburu-buru meluncurkan produk anda. Buatlah rencana proyek yang mendukung jadwal peluncuran terperinci anda. Untuk memulainya, anda dan tim anda perlu waktu yang cukup untuk menentukan fitur yang akan disertakan produk anda. Juga, anda perlu waktu untuk mendapatkan dukungan dari para pemangku kepentingan.

Selain meluncurkan produk anda pada waktu yang tepat, posisikan produk anda dengan tepat untuk segmen pasar yang akan anda ikuti. Dengan melakukan ini, anda dapat menyiapkan pesan secara personalisasi yang akan menjangkau setiap kelompok pelanggan yang serupa.

Peluncuran produk baru perlu direncanakan sebaik mungkin. Perencanaan, pengujian, dan penargetan yang cermat dapat memastikan ROI sesuai yang anda inginkan.

Dan apabila dari pembaca membutuhkan informasi lebih detil tentang artikel diatas atau membutuhkan seorang ahli untuk melancarkan proses peluncuran produk baru anda, Mencari saluran Distribusi dalam bentuk DISTRIBUTOR. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0813-3309-9915. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s