5 FORMULA SMART DALAM PEMBUATAN KPI PERUSAHAAN

Key Performance Indicator (KPI) adalah pengukuran kinerja yang terkait dengan tujuan atau sasaran dalam sebuah perusahaan. KPI dapat dianggap dalam dua kategori, yaitu Penggerak yang mengukur aktivitas saat ini dan masa depan, dan Hasil yang mengukur output dari aktivitas masa lalu. Kedua jenis ini penting untuk pengukuran kinerja yang sukses dan dalam membuat keputusan berdasarkan informasi ketika diterapkan pada Business Intelligence. Ingat bahwa tidak semua pengukuran adalah KPI. Penting untuk menentukan pengukuran mana dalam bisnis anda yang merupakan indikator kinerja sejati. Dengan memperhatikan pengukuran-pengukuran tersebut, KPI anda akan sangat membantu mengidentifikasi bidang-bidang keberhasilan dan bidang-bidang yang perlu ditingkatkan dalam perusahaan anda. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu International Consultant (Lembaga Konsultan Bisnis yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan membagikan formula SMART yang menjadi atribut penting pembuatan KPI perusahaan.

Specific (Jelas)
Penelitian penetapan tujuan dan praktik penetapan target yang cukup besar akan menunjukkan dengan jelas bahwa target anda harus spesifik. Target untuk KPI anda akan membantu mengukur di mana anda berada dalam kaitannya dengan di mana Anda ingin berada. Ketika target anda spesifik dan terikat ke garis waktu untuk penyelesaian, selamat anda telah menghilangkan kebingungan atau ambiguitas yang mungkin akan menghampiri anda kelak. Orang-orang yang terlibat akan tahu persis ke mana mereka akan melangkah.

Measurable (Terukur)
Mungkin terlihat jelas, tetapi KPI harus mudah diukur. KPI yang efektif akan menghindari tujuan-tujuan umum. Sebaliknya, KPI yang efektif harus didasarkan pada tujuan yang solid dan terfokus yang dapat menghasilkan ukuran kualitatif dan kuantitatif. Cara yang baik untuk mengukur KPI adalah dengan solusi business intelligence (BI). BI mengumpulkan semua data dari berbagai sistem anda dan memberi anda satu sumber kebenaran, sehingga mudah untuk dianalisis. Solusi BI yang baik akan memungkinkan anda mengajukan pertanyaan tentang data anda untuk membuat keputusan penting berdasarkan fakta dan bukan firasat. Anda tidak hanya akan ditempatkan dengan lebih baik untuk secara akurat dan efektif mengukur KPI nda, namun juga akan memiliki wawasan yang lebih terperinci tentang kinerja bisnis anda, yang mengarah pada perkiraan dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Achievable (Dapat Dicapai)
Target harus mendorong tim anda dan menghadirkan tantangan atau rentang dibandingkan dengan kinerja saat ini. Berhati-hatilah untuk merentangkannya terlalu jauh, karena jika target dianggap tidak realistis dan terlalu sulit untuk diraih, tim anda tidak akan berusaha untuk mencapainya. Anda juga tidak ingin membuat target terlalu mudah karena itu tidak akan dianggap serius oleh tim Anda dan mereka tidak akan terlibat dengan KPI. Tujuan dari setiap KPI adalah menjadi mekanisme untuk belajar dan memberikan peningkatan kinerja yang berkelanjutan, sehingga menetapkan target yang tepat sangat penting untuk memfasilitasi hasil itu.

Relevant (Relevan)
Sama pentingnya bagi KPI yang diharuskan agar jelas atau spesifik, dan itu juga harus relevan dengan tim tertentu dalam suatu organisasi. KPI ini dapat membantu manajer penjualan lebih memahami di mana peluang cross-sell tambahan berada dalam basis pelanggan yang ada. Relevansi memastikan pembuat keputusan yang tepat untuk mengukur KPI tertentu dan meningkatkan kemungkinan hasil yang sukses.

Time (Tepat waktu)
KPI harus didasarkan pada data yang tersedia dalam skala waktu yang wajar. Skala waktu ini akan tergantung pada penggunaan data. Beberapa data dikumpulkan setiap minggu atau bahkan setiap hari, karena dibutuhkan dalam manajemen operasi layanan, sedangkan yang lain tersedia setahun sekali untuk tujuan yang lebih strategis dan jangka panjang.

Demikian artikel ini, terimakasih, dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel di atas, atau Transformasi bisnis dari konvensional ke Modern dan merapikan manajemen perusahaan. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap mendampingi anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s