PERBEDAAN BISNIS OFFLINE DAN ONLINE, TENTUKAN BISNIS YANG MENGUNTUNGKAN BAGI ANDA

Di era sekarang dimana teknologi semakin berkembang di setiap bidang, tidak terkecuali dalam bidang bisnis. Jika dulu transaksi bisnis atau jual beli hanya bisa dilakukan secara offline, dimana transaksi terjadi secara langsung dan saling adanya tatap muka penjual dan pembeli. Namun di era sekarang, transaksi bisa dilakukan meski tidak ada tatap muka antar penjual dan pembeli. Penjual dan pembeli masing-masing hanya berbekal smartphone dalam operasi bisnisnya. Penjual memasang gambar produknya di dunia maya dan pembeli menemukan lapak penjual di dunia maya. Dan jika pembeli merasa senang dengan model gambar di lapak penjual, pembeli akan mentransfer sejumlah uang pada penjual dan penjual akan mengirimkan barang ke alamat pembeli. Inilah yang disebut bisnis online, dimana dapat terjadi transaksi jual beli meski tanpa ada pertemuan dan bahkan tidak perlu meninggalkan rumah. Apa pun jenis bisnis anda, jika anda merasa sukses dalam bisnis anda maka pasti akan ada rasa puas dan menguntungkan bagi anda dan pelanggan anda. Entah bisnis apa yang aka nada pilih, bisnis offline atau bisnis online, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami tim GroEdu International Consultant (Lembaga Konsultan Manajemen usaha Surabaya) akan sedikit membagikan pengetahuan tentang beberapa perbedaan dan persamaan antara bisnis online dan offline, sehingga anda dapat memutuskan akan menjalankan jenis bisnis yang mana, offline atau online.

Beberapa Bisnis Tidak Berfungsi Sebagai Bisnis Online
Tidak semua bisnis bisa dilakukan secara online. Segala jenis bisnis yang mengharuskan anda untuk secara fisik hadir di lokasi geografis tertentu pada waktu tertentu secara berkala tidak cocok untuk dioperasikan sebagai bisnis online murni. Di sisi lain, hampir tidak ada bisnis online yang tidak bisa dilakukan secara offline. Keuntungan dari online adalah anda dapat sangat memperluas pasar anda, menjangkau miliaran global pelanggan.

Beberapa Bisnis Online Dapat Bekerja Jauh Lebih Baik
Jika bisnis anda adalah penjualan barang tiket misal tiket pesawat terbang, kapal, kereta api, dan lainnya. Maka berbisnis secara online akan memperbanyak penjualan anda daripada anda hanya mengandalkan orang yang berjalan masuk melalui pintu kantor anda. Mengiklankan produk anda secara online berarti anda dapat menjangkau pasar dengan lebih mudah dan efektif.

Bisnis Offline Biasanya Beroperasi Pada Jam Kerja
Dengan beberapa pengecualian seperti warung tegal yang berjualan selama 24 jam, dunia bisnis offline cenderung berdagang hanya pada hari-hari tertentu pada waktu tertentu. Pelanggan potensial yang menginginkan apa pun dari bisnis anda di luar masa-masa itu harus bersabar dan menunggu bisnis anda buka, atau mereka harus membuat pilihan untuk berbelanja online.

Orang-Orang Jauh Lebih Percaya Dengan Bisnis Offline
Ketika pelanggan membeli dari bisnis offline, mereka biasanya tidak perlu khawatir tentang penipuan, dan mereka memiliki peluang yang sangat bagus untuk memeriksa barang dagangan secara menyeluruh sebelum membayarnya. Dalam dunia bisnis offline, anda biasanya tidak perlu khawatir kehilangan penjualan karena pelanggan tidak mempercayai anda, dan anda biasanya tidak perlu melakukan apa pun untuk meyakinkan mereka bahwa mereka harus mempercayai anda. Karena barang bagus yang anda jual dapat langsung dilihat oleh para pembeli.

Bisnis Offline Membutuhkan Investasi Awal Yang Besar
Beroperasi dari lokasi fisik yang tetap (rumah toko) atau mobile (mobil toko), sebagian besar bisnis offline harus membayar biaya tinggi untuk bangunan, utilitas, dan bahkan parkir. Bisnis offline, jika menjual barang, harus memelihara persediaan fisik, dan menyimpannya dengan baik.

Bisnis Online Lebih Murah Untuk Dibangun Dan Dioperasikan
Karena bisnis online murni adalah lokasi yang independen, tidak ada biaya untuk tempat, utilitas, atau parkir. Mereka tidak perlu memelihara persediaan fisik. Secara umum, bisnis online jauh lebih murah dalam hal biaya input, yang berarti ada potensi ROI (Return Of Investment) yang lebih tinggi dalam jangka panjang.

Bisnis Online Biasanya Perlu Khawatir Tentang Aspek Keamanan
Keamanan adalah aspek yang sangat penting dalam menjalankan bisnis online, tetapi kerusakan fisik pada bisnis anda tidak mungkin terjadi tanpa lokasi fisik. Ancaman utama anda adalah diretas, dan ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk melindungi diri dari hal itu, dan anda tentu tidak perlu mengasuransikan sebanyak mungkin hal yang dilakukan oleh bisnis offline.

Demikian artikel yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat dan terimakasih. Apabila anda menginginkan informasi lebih tentang artikel diatas, konsultasi bisnis anda, pendampingan memulai bisnis startup, atau bantuan pembuatan business plan. Anda bisa hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung hubungi kami dengan nomor whatsapp 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s