KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BISNIS USAHA STARTUP

Dalam memulai sebuah bisnis usaha sudah jauh lebih mudah. Kemajuan teknologi saat ini dan regulasi atau kebijakan pemerintah penyebabnya. Pamor usaha rintisan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengusaha.
Tetapi banyak orang yang masih takut untuk terjun ke bisnis startup. Dan lebih memilih bekerja dengan produk fisik yang bisa terlihat oleh mata. Contoh bisnis stratup adalah seperti Tokopedia, Bukalapak dan Go-jek.
Banyak orang yang bermimpi untuk bekerja atau membuka bisnis startup. Sebelum anda terjun kedalam bisnis stratup ada baiknya anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari bisnis startup yang perlu anda ketahui.
Kelebihan Bisnis startup
• Bisnis startup mempunyai pasar yang lebih luas

Bisnis startup sangat memanfaatkan teknologi internet. Yang akan membuat bisnis anda tidak akan terbatas oleh jarak. Seluruh orang didunia bisa melihat apa yang anda jual. Sangat berbeda jika anda membuka usaha konvensional yang berada pada satu tempat saja. Tentu mangsa pasar nya akan menjadi lebih sedikir. Dan letak greografisnya yang tidak bisa mencakup semua wilayah.

• Prestasi anda langsung kelihatan

Kelebihan bisnis strartup adalah prestasi anda yang akan langsung kelihatan jika. Hal ini akan menjadi sesuatu yang menguntungkan. Menguntungkan jika anda berprestasi, bisnis usaha anda akan sukses cepat. Oleh sebab itu berada di bisnis stratup perusahaan atau bisnis usaha akan berlomba-lomba untuk menunjukkan kelebihan dan prestasi tersebut.

• Mempertahankan modal dengan kartu kredit

Salah satu kelebihan penggunaan kartu kredit untuk startup adalah mampu mempertahankan ekuitas atau modal perusahaan lebih stabil. Dengan penggunaan kartu kredit, otomatis biaya masuk dan keluar sesuai dengan penggunaan kartu kredit. Setelah kartu kredit sudah mencapai cetak transaksi maka Anda bisa langsung menganalisa berbagai pemasukan dan pengeluaran.

• Ilmu startup bisa anda temukan dimana saja

Ilmu startup kamu bisa pelajari di mana saja, bisa diakses dengan mudah akibat perkembangan teknologi. Seiring semakin banyaknya perusahaan rintisan yang sukses di seluruh dunia, banyak juga para pengusaha sukses membagikan pengalaman dan ilmunya dalam membangun sebuah bisnis usaha ini. Anda bisa mencarinya di sosial media dan google dengan mudah.

Kekurangan bisnis startup

• Tekanan untuk selalu bekerja
Kebanyakan perusahaan start-up tidak punya waktu libur. Kinerjanya selalu dipantau 24 jam dalam sehari, sehingga kebanyakan karyawannya dituntut untuk selalu bekerja di manapun dan kapanpun dibutuhkan. Bukan hanya bekerja di tim, kadang seorang pegawai baru juga dituntut untuk mampu bekerja dengan orang-orang yang lebih senior darinya. Kamu juga harus siap sedia untuk dihubungi baik melalui telepon, pesan atau email mengenai pekerjaan di waktu yang tak diduga-duga seperti akhir pekan atau tengah malam. Hal ini jelas berbeda jika bekerja di perusahaan berkembang di mana pekerjaan sudah memiliki jadwalnya masing-masing.

• Waktu kerja fleksibel

Dibanding perusahaan besar yang saklek terhadap jam kerja, masuk pukul 08.00 atau 09.00, pulang jam 17.00, bekerja di startup lebih fleksibel. Walaupun soal jam kerja ini masing-masing tergantung kebijakan perusahaan. Ada startup yang menerapkan sistem jam kerja, ada juga yang tidak.
Tidak di sini maksudnya adalah tidak terikat waktu. Misalnya di aturan perusahaan hanya memberlakukan jam kerja kantor 8 jam. Bebas datang jam berapa saja, asal hitungan bekerja selama 8 jam.

• Tantangan
Semakin berkembang suatu startup maka dibutuhkan disiplin tinggi. Pemimpin startup harus menunjukan jiwa leadership. Banyak pemimpin startup yang masih muda harus berkelut dengan hiring yang sangat cepat. Banyak sekali tantangan dalam bisnis stratup. Jadi jika anda mau terjun ke bisnis ini sebaiknya anda pikirkan dua kali.
bekerja di perusahaan rintisan atau startup dapat menjadi pilihanmu saat ini. Berkembang, mendapatkan sesuatu pengalaman baru tidak melulu harus berkarier di perusahaan besar. Justru di startup, kamu bisa menggali hal-hal baru, menerima tantangan yang diberikan atasan, walaupun pasti ada risiko yang membayangi. Itu lah dia kelebihan dan kekurangan bisnis usaha stratup yang sedang berkembang saat ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah mengunjungi artikel kami. Apabila pembaca membutuhkan desain sistem manajemen perusahaan start up dan perangkat software dan training pemasaran, silahkan hubungi kami di 081-252982900. Tim kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s