TRANSFORMASI BISNIS KELUARGA KE PROFESIONAL SULITKAH?

Transformasi bisnis keluarga ke profesional memang tidaklah mudah apalagi jika pemilik tidak mau turun tahta. Ingin semua bidang pekerjaan dikerjakannya, serta tidak menyerahkan kepada generasi berikutnya. Sindrom seperti ini dialami banyak bisnis keluarga di Indonesia, yang pada akhirnya perusahaan mati dengan sendirinya mengikuti sang pemilik. Ada yang smart seperti pemilik merek Bangau ( kecap Bangau) atau Sari wangi yang dibeli oleh Unilever. Dua perusahaan itu dijual karena generasi penerus tidak ada yang meneruskan usaha tersebut. Unilever kemudian membesarkannya seperti sekarang ini. Ada lagi dengan kecap merek sate di Probolinggo yang dibeli oleh Indofood, tetapi tidak berkembang bahkan dibuat mati.

Tujuan untuk penerusan usaha tidak akan berhenti di tangan pembeli atau sang generasi penerus. Perpindahan dari bisnis keluarga kepada bisnis profesional sangat tergantung dari tujuan dari bisnis keluarga, ada yang ingin dilanjutkan hingga exis ada pula yang kemudian dibuat tumbang. Khususnya bisnis keluarga yang skala menengah, banyak yang mengalami kesulitan transformasi. Sebab-sebab utama bisa dari pendiri, kedua sebab dari generasi penerus yang tidak tau caranya bagaimana mengembangkan. Sering kali juga keliru melakukan pengembangan menggunakan pihak ke tiga yang salah. Bercerita tentang para coach, mereka hanya memotivasi dan menggali visi dan misi para generasi penerus, tetapi apa sebenarnya yang akan dilakukan?

Bisnis keluarga sebenarnya banyak mengalami hal yang terkait dengan manajemen.  Manajemen yang masih konvensional dan belum modern. Masih belum percaya pada orang-orang secara profesional, semua dikerjakan sendiri karena takut ditipu, dikorupsi dan diselewengkan oleh pegawainya hal ini merupakan fenomena umum bisnis keluarga yang mengalami transformasi kepada manajemen yang lebih baik. Lalu apa yang mesti dilakukan? Tentunya pemilik harus ikhlas dan percaya bahwa penyerahan pekerjaan atau delegasi wewenang itu sangat penting. Apabila masih kuatir, maka pihak ketiga bisa membantu dalam menyelesaikan hal ini, carilah konsultan sistem manajemen yang handal dan memahami transformasi bisnis keluarga ke profesional. Hubungi kami di 081-252982900 atau email groedu@gmail.com. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s