BEBERAPA PENYEBAB DISTRIBUTOR BANGKRUT

Distributor berperan penting dalam penyaluran produk barang dagangan dari pabrik ke pengecer. Ketika pabrik menghasilkan produk, produk tersebut kemudian ditransfer ke distributor. Lalu kemudian dari distributor barang disalurkan ke pengecer.
Maka dari itu menjadi distributor akan menguntungkan anda jika anda mampu menjalankannya dengan baik, sebab peluang yang dimiliki oleh profesi ini sangat besar.
Namun tidak sedikit pelaku usaha distributor yang kolaps alias bangkrut. Beberapa penyebab usaha distributor terhambat dan penyelesaian masalahnya kita uraikan di bawah ini.

PIUTANG PENJUALAN
Pertama masalah piutang. Piutang merupakan masalah utama dalam usaha distributor, sebab sebagian besar usaha distributor ialah lebih banyak di penjualan kredit. Masalahnya yakni jika piutang konsumen yang ditagih dapat dibayar sebelum jatuh tempo, maka uang yang harusnya diterima tidak diterima/ diperoleh. Akan tetapi jika piutang yang ditagihkan kasnya dapat diterima besarnya sesuai sebelum tanggal jatuh tempo, maka hal ini baik bagi perusahaan.
Oleh karena itu piutang sangat penting bagi arus kas perusahaan. Sehingga perlu dan dibutuhkan staf yang mampu mengendalikan dan mengelola piutang dengan baik.

PERSEDIAAN
Yang kedua yakni persediaan. Perusahaan akan mengalami kerugian tatkala telat dalam membeli barang fast moving. Kerugian ini membuat penjualan anda terhambat dan omset anda pun akan terlambat diperoleh. Yang anda harus lakukan ialah anda perlu seseorang yang memiliki kemampuan dalam pengelolaan persediaan. Seseorang yang mampu mengontrol dengan baik dan profesional persediaan yang berada di berbagai gudang.
Untuk mengelola agar stok opname tidak memakan waktu terlalu lama maka perusahaan dapat menggunakan salah satu tool terbaik dalam pengelolaan persediaan. Alat yang umum digunakan yakni yang bernama scanner PDT (Portable Data Transmission). Alat ini mampu membantu karyawan gudang dalam melakukan pemeriksaan persediaan.
Secara umum pemeriksaan persediaan dilakukan oleh beberapa orang namun jika perusahaan menggunakan alat ini untuk melakukan operasional maka perusahaan cukup membutuhkan hanya 1 orang saja. Sehingga akan lebih hemat dengan menggunakan 1 orang yang mampu mengoperasionalkan alat pemindaian cerdas ini.
Alat pemindaian ini sudah canggih, dimana alat ini memiliki fitur dan terintegrasi dengan software accounting. Memudahkan dalam pengelolaan persediaan.

Pengendalian
Sebagian besar pengusaha tidak bisa mengelola dan memperhatikan usahanya. Kewenangan mutlak yang mereka miliki masih belum cukup mampu. Selain itu banyak juga pengusaha yang tidak fokus pada usahanya atau usaha yang dilakukan merupakan usaha sampingan dari profesi utama pelaku usaha tersebut.
Hal yang perlu diperhatikan oleh pengusaha yakni banyak yang terlalu mempercayakan pagawainya dalam beraktifitas dan menjalankan usahanya. Kurangnya perhatian membuat karyawannya kurang diperhatikan. Padahal iklim bisnis selalu berkembang dari waktu ke waktu. Dengan demikian, potensi-potensi untuk mengembangkan usaha akan terlewat begitu saja. Akibatnya perkembangan usaha akan stagnan dan terlebih akan mengalami kemunduran.

Manajerial
Manajemen perusahaan memiliki peranan penting dalam pengeloaan sumber daya perusahaan. manajemen dikatakan efektif apabila dalam pengelolaannya manajemen mencapai target yang telah ditentukan. Selain itu manajemen dikatakan efisien manakala manajemen mampu mempergunakan sumber dayanya seminimal mungkin dan sedikit mungkin.
Maka demikian apabila manajemen tidak melaksanakan fungsinya secara efisien dan efektif maka dapat dikatakan bahwa tujuan-tujuan yang telah ditetapkan tidak tercapai. Dampak dari ketidak efektifan dan ketidaefisienan yakni pemborosan sumber daya perusahaan.

Inovatif
Jangan pernah melewatkan peluang bisnis apapun. Produk yang terus berkembang akan memiliki nilai jual lebih tinggi dan menarik pangsa pasar lebih besar. Pesan dari kami untuk pembaca yakni agar pembaca tetap berinovasi dan berlaku efektif melalui fleksibilitas pasar. Artinya bahwa pelaku usaha saat ini perlu menanamkan rasa untuk melayani masyarakat / konsumen luas. Distribusikannlah barang / jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Terima kasih telah berkunjung ke website kami, itulah sedikit penjelasan mengenai penyebab penyebab bisnis distributor kolaps. Apabila pembaca membutuhkan konsultasi manajemen,  transformasi dari bisnis keluarga ke bisnis modern, training pengelolaan piutang penjualan dan membutuhkan pembenahan Standar Operational Procedure (SOP) perusahaan Distributor serta memerlukan Accounting Software penjualan, inventory dan pembelian, pembaca dapat menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s