MENGENAL KONSEP UTAMA PADA ANALISA BISNIS

Pada Kesempatan kali ini Konsultan Manajemen Groedu International consultant akan berbagi Informasi mengenai konsep utama dari analisa bisnis Berikut dibawah ini penjelasannya.
The Business Analysis Core Concept Model™ (BACCM™) merupakan kerangka kerja analisa bisnis. Meliputi keseluruhan bisnis dan hal apapun terkait dengan analisa bisnis termasuk penilaian, industri, metodologi atau level pada organisasi. BACCM terdiri dari enam konsep dasar yakni perubahan (Change), Kebutuhan (Need), Solusi (Solution), Pemilik (Stakeholder), Nilai (Value), dan keadaan (Context).
Setiap konteks menjadi ide dasar dalam praktik analisa bisnis, dan semuanya sama pentingnya dalam kebutuhan analisa. Setiap konsep dijelaskan oleh kelima konsep lainnya, dan membentuk satu kesatuan konsep. Sehingga tidak akan mungkin memahami satu konsep tanpa memahami konsep lainnya.
Fungsi BACCM ialah :
– Menggambarkan profesi dan bidang / area kerja analis bisnis
– Mengkomunikasikan analisa dengan menggunakan istilah-istilah umum
– Menilai kembali hubungan antara konsep satu dengan konsep lainnya
– Menjalankan analisa bisnis dengan mengevaluasi secara menyeluruh hubungan diantara keenam konsep bisnis
– Melakukan evaluasi pengaruh dari sebuah konsep dan hubungannya pada kinerja untuk menentukan dasar dan prinsip serta langkah kedepan

Analis bisnis dapat memanfaatkan konsep-konsep inti untuk mempertimbangkan kualitas dan kelengkapan kerja melalui penerapan pada lingkungan pekerjaan. Melalui serangkaian rencana kerja atau teknik tertentu, analis bisnis diharapkan mampu memberikan jawaban yang tepat berkaitan dengan :
– Perubahan apa saja yang sedang dilakukan ?
– Kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi ?
– Solusi apa saja yang mampu menciptakan perubahan ?
– Siapa saja yang berkepentingan ?
– Nilai apa saja yang diinginkan oleh pemilik ?
– Konteks dan solusi apa saja yang tersedia ?

Seandainya terdapat perubahan, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap keseluruhan konsep dan hubungannya dengan nilai-nilai yang diberikan
Berikut dibawah ini penjelasan mengenai BACCM (klik di sini)

Terima kasih telah berkunjung ke website kami, itulah sedikit penjelasan mengenai konsep pada analisa bisnis. Apabila pembaca ingin memahami lebih dalam, membutuhkan konsultasi manajemen, membutuhkan pembenahan Standar Operational Procedure (SOP) perusahaan ritel, manufacturing, distributor dan butuh Accounting Software pembaca dapat menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s