MANAJEMEN TALENTA SEBAGAI KUNCI SUKSES KEBERLANGSUNGAN PERUSAHAAN

Dalam pidato penyambutan kemenangannya pada hari Minggu tanggal 14 Juli 2019 yang lalu Presiden Jokowi, yang akan melanjutkan periode pemerintahannya sampai dengan tahun 2024, menyebutkan bahwa pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia akan menjadi prioritas pembangunan selanjutnya setelah infrastruktur, mulai dari kualitas kesehatan keluarga sampai pada kualitas pendidikannya akan lebih diperhatikan, yaitu secara intensif peningkatan untuk pendidikan vokasi atau kejuruan sehingga dapat menghasilkan tenaga kerja yang langsung siap kerja. Bahkan sampai pada rencana untuk membangun sebuah lembaga khusus untuk menangani manajemen talenta agar SDM Indonesia dapat bersaing secara maksimal dengan profesional dan tenaga ahli dari negara lain.

Mengapa hal ini sampai perlu ditekankan oleh Presiden Jokowi ? Karena SDM tetap merupakan salah satu aset perusahaan yang bernilai tinggi, yah walaupun Anda mungkin berpendapat bahwa dengan adanya beberapa teknologi baru akan mampu menggantikan peran SDM di perusahaan Anda. Beberapa hal yang masih belum bisa digantikan oleh peran teknologi adalah kemampuan untuk diajak bekerja sama untuk memberikan ide-ide tentang inovasi dan kreatifitas yang membuat perusahaan Anda tetap berjalan, melaju, dan meninggalkan para kompetitor. Oleh karena itu perusahaan perlu melakukan manajemen talenta dari staf yang dimilikinya dengan baik agar dapat dikelola dengan baik dan berkembang sesuai visi dan misi yang dimiliki perusahaan.

Keuntungan Manajemen Talenta dan Bakat Karyawan
Dengan melakukan manajemen talenta dan bakat karyawan, maka tim HRD perusahaan akan mendapatkan beberapa keuntungan antara lain penempatan orang yang tepat dengan kualifikasi pekerjaan, pencarian dan rekrutmen karyawan yang lebih baik, mempertahankan staf yang bertalenta tinggi agar tidak mudah dibajak oleh kompetitor, kemudahan dalam mengembangkan karir karyawan agar menjadi lebih fokus, meningkatkan tingkat kepuasan dan performa staf karyawan, dan lain sebagainya.

Pergeseran Peran SDM Perusahaan di Era Revolusi Industri 4.0
Dunia profesi dan pekerjaan kini sedang mengalami perubahan drastis seiring dengan berkembangnya teknologi baru di era Revolusi Industri 4.0 ini, seperti Artificial Intelligence (AI), otomatisasi robot, IoT (Internet of Things), 3D printing, dsb. yang menyebabkan terjadinya pergeseran peran SDM manusia pada beberapa pekerjaan yang ada di perusahaan.
Maka dengan adanya manajemen talenta maka tim HRD perusahaan akan lebih akurat jika sampai melakukan rotasi atau perubahan terhadap job description dari karyawan agar sesuai dengan kebutuhan perubahan yang ada di dalam perusahaan.
Memetakan Talenta dan Kompetensi Karyawan
Di dalam manajemen talenta, selanjutnya sangat penting untuk dapat memetakan talenta dan kompetensi dari staf yang dimiliki, tidak hanya untuk menempatkan pada pekerjaan yang tepat kepada para staf tersebut namun juga untuk menganalisa potensi dan kemampuan staf secara lebih menyeluruh, termasuk untuk melihat prospek ke depan apakah staf tersebut dapat memiliki kemampuan untuk menjadi salah seorang pemimpin di perusahaan atau tidak. Hal ini dapat dilakukan melalui analisis big data dari profil, karakteristik, dan perilaku yang dikaitkan dengan performa staf melalui sistem informasi manajemen kepagawaian yang dimiliki oleh perusahaan.

Hubungi kami untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai pembuatan desain manajemen talenta karyawan di perusahaan Anda melalui nomer WA 081252982900 atau email ke groedu@gmail.com !

#talentmanagement #humanresourcesmanagement #manajementalenta #revolusiindustri4 #konsultanHRD #konsultanHRM #konsultanmanajemenSDM #konsultanperusahaan #konsultanbisnis #konsultanmanajemen #manajemenautopilot #groedu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s