TUJUAN DAN PENGERTIAN DARI PERFORMANCE MANAGEMENT (MANAJEMEN KINERJA) BERDASARKAN PENDAPAT DARI PARA AHLI?

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan manajemen kinerja (performance management)? Pengertian sebenarnya dari manajemen kinerja merupakan suatu kegiatan manajerial yang bertujuan untuk memastikan bahwa sasaran dari internal organisasi perusahaan telah tercapai secara konsisten dengan berbagai macam cara yang sudah dilakukan dan dipandang cukup efektif dan efisien. Namun ada juga yang mendefinisikan bahwa Manajemen Kinerja/Kerja (MK) sebagai satu bentuk aktivitas untuk memastikan agar semua tujuan-tujuan organisasi perusahaan dapat tercapai secara lebih konsisten melalui proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan juga berupa penilaian kinerja dari perangkat organisasi tersebut.

Performance management sebenarnya tidak hanya berhubungan langsung dengan kinerja dari para karyawan secara personal saja, namun juga sudah terkait dengan berbagai urusan kinerja dari sebuah organisasi perusahaan secara lebih menyeluruh. Dengan kata lain, MK (Manajemen Kinerja) berhubungan erat dengan proses dan hasil kerja berdasarkan dari tujuan yang lebih strategis dari suatu organisasi perusahaan, yaitu berupa kepuasan dari konsumen dan rkontribusinya bagi operasional organisasi perusahaan.

Performance Management (Manajemen Kinerja) Berdasarkan Pendapat Dari Para Ahli

Agar Anda bisa lebih memahami tentang apa yang dimaksud dengan performance management ini, maka sebaiknya kita merujuk terlebih dahulu kepada pendapat dari beberapa para ahli berikut ini ini:

1. Bacal.

Menurut Bacal (1999), pengertian dari manajemen kinerja merupakan komunikasi yang terus-menerus berkesinambungan dan hanya akan dapat dilakukan dalam hal kemitraan diantara seorang karyawan dan atasan langsungnya saja. Proses semacam ini meliputi kegiatan-kegiatan untuk membangun harapan yang jauh lebih jelas serta berupa pemahaman yang lebih medasar tentang pekerjaan-pekerjaan yang nantinya akan dilakukan.

2. Amstrong.

Menurut pendapat Amstrong (2004), performance management adalah berupa pendekatan yang bersifat lebih strategis dan terpadu untuk menyampaikan kesuksesan yang secara terus berkelanjutan terhadap internal organisasi perusahaan dengan cara untuk memperbaiki kinerja dari para karyawan yang sudah bekerja di dalamnya serta dengan cara mengembangkan kemampuan dari setiap masing-masing tim dan kontribusi mereka secara individual.

3. Castello.

Menurut dari Castello (1994), performance management adalah sebuah dasar dan bentuk kekuatan sebagai pendorong utama yang berada di belakang dari segala keputusan internal organisasi perusahaan, usaha kerja, dan berupa alokasi sumber-sumber daya yang dibutuhkan.

4. Schwarz.

Menurut Schwarz (1999), performance management merupakan satu bentuk gaya manajemen yang berdasarkan komunikasi yang dilakukan secara terbuka diantara pihak manajerial dan karyawan menyangkut segala urusan seputar pencapaian tujuan yang mampu dalam memberikan umpan balik dari pihak manajer terhadap para karyawan dan juga sebaliknya, demikian pula dengan penilaian dari kinerja masing-masing.

5. Baird

Berdasarkan pendapat dari Baird (1986), definisi manajemen kinerja merupakan suatu proses kerja dari sekumpulan orang-orang yang berupaya untuk mencapai tujuan yang sebelumnya telah ditetapkan, dimana proses kerja seperti ini akan berlangsung secara terus-menerus dan berkelanjutan.

Tujuan Utama Dalam Performance Management (Manajemen Kinerja)

Pada dasarnya tujuan utama dari dilakukannya performance management atau manajemen kinerja ini terbagi menjadi tiga macam, yaitu:

1. Tujuan yang bersifat lebih strategik.

Tujuan yang bersifat lebih strategik ini berhubungan langsung dengan kegiatan dari setiap masing-masing karyawan dan disesuaikan dengan tujuan dari internal organisasi perusahaan. Pelaksanaan dari suatu strategi juga masih tetap membutuhkan penjelasan tentang hasil yang ingin bisa dicapai, perilaku, karakteristik dari setiap karyawan sebagaimana yang diperlukan, pengembangan pengukuran, dan juga sistem umpan balik bagi perbaikan kinerja dari para karyawannya.

2. Tujuan yang lebih bersifat administratif.

Tujuan administratif ini berhubungan langsung dengan evaluasi kinerja untuk kebutuhan sebagai satu dasar dalam hal pengambilan keputusan yang lebih bersifat administratif, pengkajian ulang, promosi jabatan, pemutusan hubungan kerja, dan lain sebagainya.

3. Untuk tujuan pengembangan yang lebih baik.

Perfomance management juga bertujuan untuk melakukan pengembangan kapasitas dari setiap masing-masing karyawan yang dirasa cukup berpotensi dalam bidang kerjanya masing-masing, memberikan pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan karyawan yang kinerjanya masih kurang baik dan masih perlu untuk dipoles ulang, serta penempatan karyawan pada posisi yang lebih tepat disesuaikan dengan skill yang dimilikinya.

Selain itu, terdapat beberapa macam tujuan lain yang lebih khusus lagi dari performance management ini, yaitu:

• Peningkatan kinerja internal organisasi perusahaan dan karyawan secara terus berkelanjutan.
• Peningkatan motivasi dan komitmen kerja dari para karyawan.
• Pengembangan kemampuan karyawan, peningkatan kepuasan kerja, serta pencapaian potensi diri yang lebih bermanfaat bagi setiap masing-masing individu karyawan dan perusahaan.
• Peningkatan orientasi kinerja kepada para karyawan.
• Pengembangan interaksi yang lebih terbuka dan konstruktif diantara setiap masing-masing pekerja dan perusahaan.
• Mempersiapkan kerangka kerja untuk kesepakatan sasaran kerja selanjutnya.
• Perhatian khusus kepada atribut dan kompetensi seperti apa yang masih diperlukan.
• Mempersiapkan kriteria-kriteria khusus seperti yang dibutuhkan untuk melaksanakan pengukuran kinerja.
• Sebagai satu dasar acuan dalam memberikan imbalan.
• Melakukan pemberdayaan karyawan.
• Mempertahankan karyawan yang cukup berkualitas.
• Mendukung inisiatif dari manajemen yang berkualitas secara lebih komprehensif.
• Mendemonstrasikan cara untuk saling menghargai diantara sesama karyawan.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang tujuan dan pengertian dari performance management (manajemen kinerja) berdasarkan pendapat dari para ahli. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian, apabila bapak ibu membutuhkan pendampingan dalam pembuatan KPI atau SOP ke-HRD-an, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak ke 081-8521172 atau 081-252982900. Tim kami siap membantu. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s