BEBERAPA JENIS KEAMANAN PENDUKUNG UNTUK MENJAGA KELANGSUNGAN HIDUP USAHA RITEL MODERN MILIK ANDA

Sudah tidak bisa disangkal lagi bahwa jenis usaha ritel modern seperti supermarket dan minimarket saat ini adalah yang paling banyak diminati oleh masyarakat dalam berbelanja. Hal seperti inilah yang kemudian menjadikan semakin banyaknya orang yang berlomba-lomba untuk membangun bidang ritel modern yang satu ini. Meskipun demkian, Anda juga harus tetap memperhatikan bukan hanya sekedar dari faktor penjualannya saja, namun juga dari faktor keamanan. Bahkan bisa dibilang, dari faktor keamanan inilah yang akan sangat menentukan lemah atau tidaknya sistem yang Anda gunakan untuk menunjang keberlangsung hidup dari usaha ritel modern milik Anda.

Namun sayangnya, untuk hal semacam ini masih banyak diantara para peritel-peritel modern yang masih tidak mengetahuinya. Bagi Anda yang masih belum terlalu mengetahuinya, tentang hal-hal apa saja yang paling berguna dan sebagai pendukung utama dari faktor keamanan bisnis ritel modern Anda, maka berikut ini adalah jenis-jenis keamanan apa saja yang harus ada dan sebagai pendukung dalam menjalankan usaha ritel modern milik Anda.

1. Kamera Keamanan CCTV.

Jenis keamanan pertama dan yang paling awal harus ada pada usaha ritel modern milik Anda adalah keberadaan CCTV. Bahkan bisa dibilang, keberadaan dari penggunaan CCTV ini sangatlah mutlak harus ada dan begitu vital akan diperlukan secara khsusus oleh setiap ritel-ritel modern saat ini. Karena dengan keberadaan dari CCTV ini, maka keamanan dari ritel modern milik Anda akan menjadi lebih terjamin. Selain itu juga dengan adanya peringatan dari adanya CCTV pada setiap sudut-sudut dan pintu-pintu ruangan ritel modern Anda bisa menjadi sebuah peringatan tersendiri.

Dengan kata lain, peringatan tersebut bisa menjadikan orang yang ingin berbuat jahat akan langsung mengurungkan niatnya karena adanya keberadaan dari CCTV tersebut. Hal itulah yang akan menjadikan setiap ritel-ritel modern sangat disarankan untuk selalu memasang tulisan atau papan peringatan dari keberadan CCTV di tempat tersebut. Karena akan sangat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan cara melakukan hal ini. Untuk penempatan CCTV sendiri juga usahkan berada pada posisi yang strategis dan sudah tersebar luas pada setiap area ritel modern Anda. Mulai dari halaman parkir, setiap sudut mati dari ritel modern Anda, hingga CCTV yang berada di gudang. Tujuannya adalah untuk menjadikan setiap sisi dan sudut dari ritel modern Anda bisa terjaga dengan baik dan selalu terpantau seperti apapun kondisinya.

2. Alarm yang selalu siaga selama 24 jam.

Sekarang ini, hanya mengandalkan CCTV juga masih kurang efektif dan juga masih terlalu riskan. Anda juga bisa melengkapinya sebagai pendukung CCTV, yaitu dengan menyediakan alarm. Alarm ini nantinya akan langsung berbunyi jika terjadi suatu gerak-gerik yang sangat mencurigakan atau jika ada orang yang tak dikenal telah memasuki ruangan. Terutamanya apabila orang tersebut ternyata bukanlah karyawan dari ritel modern milik Anda. Dengan adanya alarm yang selalu siap siaga tersebut, maka keamanan dari minimarket milik Anda akan bisa lebih terjaga dan juga mampu mencegah dari terjadinya kehilangan berbagai macam barang yang berada di minimarket tersebut. Alarm ini sendiri juga sangat disarankan dengan menggunakan sensor sebagai alat pemicu utamanya dalam mencegah dari terjadinya berbagai macam hal yang sangat tidak diinginkan oleh seorang peritel.

3. Menyediakan telepon darurat.

Jangan lupa juga untuk menyediakan telepon darurat pada bagian kasir ritel modern Anda. Telepon darurat ini akan menjadi sangat berguna dan untuk menjadikan kasir memiliki akses yang lebih cepat untuk segera meminta bantuan. Akses cepat tersebut tentunya akan sangat berguna jika terjadi sesuatu hal yang genting dan menjadikan si kasir membutuhkan pertolongan secepatnya. Dengan adanya telepon darurat tersebut juga, maka permintaan pertolongan akan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efektif.

4. Keamanan khusus bagi ritel modern Anda.

Terakhir adalah dengan keamanan khusus. Yang dimaksud dengan keamanan khusus disini adalah keamanan yang dibuat secara khusus dengan adanya inisiatif sendiri dari pihak peritel modern. Mulai dari membentuk sebuah grup pengaman khusus dengan mengandalkan karyawan sendiri, hingga meminta bantuan dari pihak keamanan lingkungan yang berada di sekitar ritel modern tersebut. Meskipun harus ada sedikit dana yang harus dikeluarkan untuk bisa melakukan hal seperti ini.

Langkah-langkah di atas adalah bagian dari manajemen ritel yang terkait dengan pengendalian kehilanngan atau lebih populernya disebut dengan prevention loss atau LP. Konsultan manajemen usaha kerap mengerjakan hal ini untuk merapikan ritel modern dari berbagai penyusutan, pencurian dan kehilangan di lokasi ritel modern. Semoga dari beberapa point-point yang sudah dijelaskan di atas tentang beberapa jenis keamanan pendukung yang harus ada untuk menjaga keberlangsungan hidup dari usaha ritel modern milik bisa bermanfaat. Agar usaha ritel modern yang sedang Anda jalankan keamanannya dapat lebih terjamin dan tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka tunggu apalagi. Segera tingkatkan keamanan usaha ritel modern milik Anda. Apabila bapak ibu ingin merapikan manajemen ritelnya dengan plano gram, program marketing, dan pelatihan customer service serta strategi peningkatan laba ritel modern, silahkan hubungi kami di groedu@gmail.com atau kontak di wa 081-252-982900. Kami siap membantu!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s