TIPS UNTUK MENDAPATKAN TAMBAHAN PENDAPATAN DENGAN CARA MEMULAI BERBISNIS JASA PERSEWAAN GUDANG

Tidak sedikit diantara orang-orang yang lebih memilih untuk menjadi sebagai penyedia jasa persewaan gudang daripada harus membangun gudangnya agar menjadi tempat produksi barang-barang baru dengan perkiraan dana investasi yang jauh lebih besar dan tentunya sangat mahal. Berbagai alasan yang seringkali dilontarkan adalah, seperti “bisnis saya kemarin di tempat itu sudah bangkrut”, “saya tidak punya produk baru yang bisa diproduksi lagi di tempat itu”, “saya sudah lelah memulai bisnis baru ditempat itu, saya ingin pindah ke gudang yang baru lagi”.

Bahkan ada juga yang beranggapan bahwa prospek terhadap bisnis penyewaan gudang di tahun 2018 ini memang sangat bagus, setidaknya diprediksikan sampai menjelang tahun-tahun berikutnya. Siapa yang tidak suka dengan adanya uang tambahan dari hasil menyewakan gudang bekas?

Gudang sebenarnya masih dapat untuk dijadikan sebagai salah satu investasi dalam jangka panjang dan tentunya cukup menguntungkan, Anda harus lebih pintar dalam mengelolanya sehingga mampu untuk menghasilkan pendapatan baru yang jauh lebih banyak.

Berikut ini merupakan beberapa tips tentang bagaimana caranya dalam memulai bisnis persewaan gudang.

1. Jadilah Sebagai Ahli Penyedia Layanan Gudang Dari Salah Satu Tipenya.

Biasanya, dalam dunia logistik, kita akan lebih mengenal tentang beberapa tipe gudang. yaitu:

• Gudang untuk penyimpanan jenis bahan-bahan baku.
• Gudang untuk penyimpanan jenis barang-barang setengah jadi.
• Gudang sebagai tempat penyimpanan bahan-bahan hasil produksi.
• Gudang untuk transit (penyimpanan sementara).
• Gudang sebagai salah satu pusat transhipment.
• Gudang cross docking.
• Gudang pusat sortir (penyortiran).

Terkadang untuk persewaan gudang yang tidak ingin menitipkan barang-barangnya jika ternyata dalam satu gudang tersebut terdapat adanya beberapa jenis barang, misalnya seperti jenis barang-barang yang mengandung zat kimia yang dicampur jadi satu dengan tempat penyimpanan bahan-bahan baku makanan/hasil tanah. Setiap masing-masing tipe gudang tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing dan juga alat dan ukuran yang berbeda-beda.

2. Menyediakan Fasilitas Penyewaan Gudang.

Menjadi penyedia jasa persewaan gudang yang bagus tentu saja harus memiliki beberapa alat dan bahan-bahan yang cukup memadai. Berikut ini merupakan beberapa alat-alat dan bahan-bahan yang memang harus disediakan oleh para pebisnis persewaan gudang, yaitu:

1. Pallet.
2. Rak dalam gudang.
3. Karton.
4. Label barang untuk pelabelan barang.
5. Tenaga kerja untuk proses bongkar muat keluar-masuk gudang.
6. Satpam yang bekerja dengan sisitem sift selama 24 jam dan CCTV pengawasan.
7. Alat pendeteksi dini untuk kebakaran.
8. Dock level.
9. Forklift.

Apakah terlalu banyak dan beberapa diantaranya termasuk mahal? Setidaknya Anda bisa mengambil beberapa langkah kecil terlebih dahulu dengan cara menyediakan fasilitas dari nomor urut 1 sampai dengan nomor 6. Kemudian, selanjutnya mulai menyediakan fasilitas lainnya apabila bisnis jasa persewaan gudang Anda sudah mulai bertumbuh menjadi semakin lebih besar dan Anda sudah memiliki cukup dana untuk menambah beberapa kebutuhan dari nomor 7 sampai dengan nomor 9.

3. Jangan Merasa Takut Tidak Mampu.

Semua bisnis persewaan gudang (bahkan untuk jenis bisnis-bisnis lainnya) yang sudah bagus dan semakin besar pastinya harus diawali terlebih dahulu dari satu langkah kecil. Singkirkan segala pikiran bahwa memulai bisnis persewaan gudang itu harus bermodalkan sampai ratusan, bahkan miliaran juta, yang terpenting adalah Anda harus tetap konsisten dan memiliki tekad yang cukup kuat untuk memulai bisnis ini.

4. Tentukan Jenis Layanan Untuk Persewaan Gudang.

Terdapat beberapa cara bagi mereka yang ingin menyewakan gudangnya sebagai tempat untuk penyimpanan, yaitu:

• Penyewaan gudang secara harian.
• Penyewaan gudang dengan tarif bulanan.
• Persewaan gudang untuk per pallet.
• Persewaan gudang per CBM.
• Sewa gudang per meter kubik.

Tentunya si penyewa akan merasa jauh lebih senang jika Anda bisa memberikan banyak sekali pilihan (opsi) untuk cara penywaan gudang.

5. Menentukan Berapa Besarnya Keuntungan yang Bisa Didapatkan.

Selanjutnya adalah tentang bagaimana cara Anda dalam menghitung RAB. Sangat penting artinya untuk bisa mengetahui harga pasaran sebenarnya dari bisnis persewaan gudang di sekitar lokasi agar Anda, agar bisa memasang tarif harga sewa gudang dengan lebih kompetitif, bahkan jika memungkinkan sedikit lebih murah daripada para kompetitor persewaan gudang lainnya.

6. Menetapkan Sistem Pembayaran yang Baik.

Sangat penting artinya bagi Anda sebagai pemilik gudang yang baru akan memulai berbisnis jasa persewaan gudang untuk memikirkan juga tentang bagaimana sistem pembayaran yang nantinya akan Anda tetapkan.

Disesuaikan dengan bagaimana kondisi yang saat ini berada di Indonesia, biasanya pemilik gudang akan menetapkan sistem pembayaran sewa gudang dengan langkah-langkah sebagai berikut:

• Sebelum gudang akan disewakan, uang jaminan harus, bahkan wajib untuk masuk terlebih dahulu ke rekening pemilik gudang.
• Terdapat perjanjian sewa menyewa gudang atau biasanya hitam diatas putih (opsional) tergantung situasinya.
• Jika barang akan dikeluarkan dari gudang, maka penyewa harus membayar terlebih dahulu dengan biaya full sewa gudangnya.
• Setelah jangka waktu penyewaan gudang sudah habis masa pemakaiannya, maka pemilik wajib untuk mengembalikan uang jaminan sewanya.

7. Temukan Perusahaan Lain yang Dapat Membantu dan Mendukung Jalannya Bisnis Persewaan Gudang Anda.

Mungkin untuk cara yang satu ini kurang terlalu diperlukan. Namun tidak ada salahnya bukan jika bisnis persewaan gudang Anda bisa menjadi semakin lebih cepat berkembang jika Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain yang memiliki banyak relasi untuk penyewaan gudang dalam bidang logistik.

8. Mulailah untuk Mencari Para Penyewa Gudang yang Hebat.

Sangat beruntung sekali jika Anda mampu untuk menemukan banyak diantara perusahaan-perusahaan besar, bahkan jika tidak memungkin cukup salah satu dari perusahaan besar saja yang akan menyewa jasa gudang dari Anda. Mereka akan dengan suka rela untuk membayarkan biaya sewa gudangnya bahkan dalam tempo tepat waktu dan akan menjalankan segala prosedur dari SOP persewaan gudang yang sudah Anda terapkan selama ini.

Nah, itulah beberapa tips tentang bagaimana agar Anda bisa membangun sendiri bisnis persewaan gudang yang diharapkan akan bisa menjadi semakin lebih baik dan lebih besar lagi dari sebelumnya. Semoga bisa bermanfaat dan apabila pembaca membutuhkan artikel tersebut lebih lanjut, serta membutuhkan bimbingan dalam pembuatan SOP logistic dan transportasi. Silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 0818521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s