FUNGSI-FUNGSI PENTING MANAJEMEN USAHA DALAMA ORGANISASI INTERNAL PERUSAHAAN

Pengelolaan manajemen sebelum Anda memutuskan untuk menjalankan sebuah usaha sangatlah penting demi keberlangsungan suatu usaha yang baik. Sebuah usaha yang baik harus memiliki strategi yang benar-benar matang, baik itu adalah untuk jangka pendek maupun yang bersifat jangka panjang.

Sepert contoh sebuah usaha peternakan sapi potong, sebelum akan menjalankan usaha tersebut, seorang pengusaha harus mampu untuk menjalankan fungsi manajemennya dengan baik. Fungsi manajemen meliputi fungsi-fungsi sebagai berikut, yaitu: perencanaan, fungsi organisasi, pengarahan dan pengendalian usaha.

1. Fungsi Perencanaan Usaha.

Perencannaan usaha yaitu tentang bagaimana perusahaan Anda harus menetapkann tujuan yang diinginkan dan kemudian menyusun rencana strategi tentang bagaimana caranya untuk dapat mencapai tujuan tersebut. Terdapat beberapa aktiviatas dalam fungsi perencanaan, yaitu: menetapkan arah tujuan dan target bisnis, menyusun strategi dalam mencapai tujuan tersebut, menentukan sumber daya yang masih dibutuhkan, dan menetapkan standar-standar kebutuhan dalam upaya agar bisa mencapai tujuan perusahaan.

Perencanaaan yang baik setidaknya harus memenuhi beberapa persyaratan berikut, memiliki tujuan yang jelas, sederhana dan tidak terlalu sulit dalam menjalankannya, memuat tentang analisis pada pekerjaan yang akan dilakukan, lebih fleksibel dan mampu berubah dalam mengikuti perkembangan yang selama ini telah terjadi, memiliki keseimbangan, tanggungjawab dan tujuan yang selaras pada setiap masing-masing bagian, serta segala sesuatu yang telah terjadi bisa dipergunakan secara lebih efektif dan bisa diberdayagunakan.

2. Pengorganisasian Usaha.

Mengusahakan untuk pengaturan sumberdaya manusia dan sumber daya fisik yang dimiliki oleh perusahaan agar bisa menjalankan rencana-rencana yang sudah diputuskan dan disusun dalam mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan. Kegiatan pengorganisasian tersebut, yaitu untuk: mengalokasikan sumber daya, menyusun dan menetapkan tugas-tugas serta dengan jalan menetepkan prosedur yang memang diperlukan, menetapkan struktur perusahaan yang menunjukan tentang adanya garis kewenangan dan tanggungjawab, dan untuk merekrut, menyeleksi dan melakukan pelatihan serta pengembangan tenaga kerja lalu menentukan tenaga kerja yang benar-benar pas dan yang paling tepat untuk setiap masing-masing jabatan.

Unsur-unsur pengorganisasian adalah sekelompok orang-orang yang telah diarahkan agar dapat bekerja sama, melakukan kegiatan yang sudah ditetapkan, kegiatan yang diarahkan untuk mencapai tujuan bersama. Manfaat dalam hal pengorganisasian yaitu, untuk pembagian tugas-tugas agar bisa sesuai dengan kondisi perusahaan, menciptakan spesialisasi saat menjalankan tugas, dan personil dalam perusahaan, mengetahui tugas apa saja yang akan dijalankan.

3. Pengarahan Tujuan Usaha.

Sebuah upaya yang dilakukan untuk menciptakan susana kerja yang lebih dinamis, sehat dan berkualitas agar kinerja menjadi lebih efektif dan efisien. Beberapa kegiatan pada fungsi pengarahan yaitu, untuk membimbing dan memberikan motivasi terhadap para pekerja agar mampu bekerja secara lebih efektif dan efesien, memberikan tugas serta penjelasan secara rutin tentang pekerjaan, dan menjalankan semua kebijakan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Misalnya dalam usaha peternakan sapi potong, harus dilakukan pengarahan, dengan adanya pengarahan yang baik maka kinerja juga akan menjadi lebih baik, tidak semena-mena yang nantinya akan menyebabkan kinerja menjadi tidak maksimal. Kinerja yang dilakukan harus sesuai dengan rencana dan tujuan agar segala sesuatunya dapat berjalan menjadi lebih efektif dan efisien, tidak sampai membuang-buang waktu yang ada agar hasil yang didapatkan bisa sesuai dengan yang diinginkan.

4. Kontrol (Pengawasan dan Pengendalian).

Merupakan salah satu bentuk upaya dalam menilai suatu kinerja yang telah berdasarkan kepada standar yang sebelumnya sudah dibuat, juga untuk melakukan perbaikan apabila memang dibutuhkan. Kegiatan pada fungsi pengendalian misalnya, untuk mengevaluasi keberhasilan dan target dengan cara mengikuti standar indikator yang sudah ditetapkan sebelumnya, melakuakan klarifikasi dan koreksi terhadap penyimpanan yang ditemukan, dan memberikan alternatif solusi yang mungkin saja mampu mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi.

Misalnya seperti manajemen usaha peternakan sapi perah yang sudah berjalan, harus ada pengawasan agar semuanya dapat berjalan pada tempatnya tidak sampai menyimpang. Karena apabila sudah berjalan tidak sesuai dengan rencana atau strategi yang telah direncanakaan sebelumnya, maka bisa dipastikan tidak akan mendapatkan hasil yang baik, dan tujuan yang sudah ada tidak akan bisa tercapai.

Kesimpulannya adalah:

Fungsi manajemen usaha terdiri dari empat macam fungsi utama, yaitu: planning (fungsi perencaanaan), organizing (fungsi pengorganisasian), direction (pengarahan), controlling (pengendalian).

• Planning adalah tentang bagaimana perusahaan harus menetapkann tujuan yang diinginkan dan kemudian menyusun rencana strategi tentang bagaimana caranya untuk mencapai tujuan tersebut.
• Organizing (fungsi pengorganisasian adalah berupa pengaturan sumberdaya manusia dan sumber daya fisik yang dimiliki agar bisa menjalankan berbagai rencana-rencana yang sudah diputuskan dalam upaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan.
• Directing atau fungsi pengarahan adalah upaya yang dilakukan untuk menciptakan susana kerja yang dinamis, sehat agar kinerja dapat menjadi lebih efektif dan efisien.
• Fungsi pengendalian merupakan upaya untuk menilai suatu kinerja yang berdasarkan pada standar yang telah dibuat sebelumya, serta untuk melakukan berbagai perbaikan-perbaikan apabila memang dibutuhkan.

Demikianlah artikel tentang Fungsi-Fungsi Penting Dari Manajemen Usaha dan apa saja pengertian dan manfaat dari masing-masing fungsi tersebut. Semoga bisa menambah wawasan Anda sekalian tentang manajemen usaha. Apabila pembaca membutuhkan perapian manajemen, pembuatan SOP system manajemen, membutuhkan software accounting, software HRM dan training penjualan silahkan hubungi 0818521172 atau 081-252-982900. Tim kami siap membantu!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s