MANFAAT PENERAPAN MANAJEMEN LOGISTIK BAGI PENGELOLAAN PERSEDIAAN PERUSAHAAN

Dengan adanya pelaksanaan dari manajemen logistik yang konsisten dan tetap berkelanjutan, maka akan banyak sekali memberikan manfaat bagi perusahaan dalam sembilan bidang yang berbeda-beda. Sembilan bidang tersebut adalah sebagai berikut:

1. Persediaan.
2. Transportasi.
3. Fasilitas.
4. Layanan.
5. Manajemen dan Administrasi.
6. Inbound Transportasi.
7. Outbound Transportasi.
8. Kemampuan Pemecahan Masalah.
9. Pemberian Informasi yang Lengkap Kepada Para Pelanggan.

1. Bidang Persediaan.

Melalui penerapan manajemen logistik, sudah pasti persediaan yang sudah kita miliki akan tetap terjaga dengan baik. Dengan cara seperti itu kebutuhan dari perusahaan akan selalu bisa tetap terpenuhi, sehingga perusahaan akan mampu beroperasi dengan lancar dan baik tanpa adanya kendala yang berarti seputar persediaan.

2. Bidang Transportasi.

Salah satu fungsi penting dari manajemen logistik ini adalah sebagai alat utama dalam usaha untuk penyaluran barang. Untuk itu, perusahaan harus memiliki layanan transportasi tersendiri. Transportasi yang dimiliki seperti ini akan sangat membantu dalam proses mobilitas perusahaan.

3. Bidang Fasilitas.

Selain transportasi agar manajemen logistik dapat berjalan dengan lebih optimal, maka perusahaan harus memiliki fasilitas yang cukup memadai dan sesuai dengan kebutuhan. Dengan manajemen logistik seperti ini, maka perusahaan akan memiliki fasilitas yang cukup mendukung kelancaran dari manajemen logistik.

4. Bidang Layanan.

Dalam manajemen logistik, juga sudah termasuk pelayanan seperti Costumer Service dan berbagai hal yang juga mencakup pelayanan terhadap para pelanggan.

5. BidangManajemen dan Administrasi

Tentu saja dengan cara menerapkan manajemen logistik, bagian manajemen dan administrasi akan sangat terbantu. Selain karena persediaan sudah tertata dengan sangat baik, dari sisi pelayanan dan pencatatan informasipun juga semakin lebih teratur.

6. Bidang Inbound Transportasi.

Inbound transportasi ini lebih mengacu kepada pergerakan barang dan bahan baku dari para pemasok kepada perusahaan. Dengan menerapkan manajemen logistik, maka perusahaan akan mendapatkan pemasok yang terbaik dan sesuai dengan keinginan perusahaan.

7. Bidang Outbound Transportasi.

Jika inbound sudah mampu bergerak kepada perusahaan kita, maka outbound transportasi berarti akan bergerak kepada pelanggan. Artinya adalah proses penyaluran barang dari perusahaan kepada para pelanggan. Nah manajemen logistik ini akan menjamin bahwa pelayanan dan pengiriman akan dapat terlaksanan dengan sangat baik, sehingga kepercayaan dari para pelanggan akan tetap terjaga dengan baik dan transaksi dapat berjalan sebagaimana mestinya.

8. Kemampuan Pemecahan Masalah (Problem Solving).

Dengan jalan memanfaatkan manajemen logistik, maka perusahaan akan mampu menghadapi berbagai permasalahan yang tidak biasanya terjadi. Permasalahan seperti keinginan para pelanggan yang terlalu sulit untuk dipenuhi dan banyak lagi yang lainnya.

9. Pemberian Informasi Kepada Pelanggan.

Pelanggan juga memiliki hak untuk mengetahui tentang rincian pengiriman kepada mereka. Nah dalam manajemen logistik telah tersedia sarana infomasi yang bisa diberitahukan oleh perusahaan kepada para pelanggan terkait dengan permasalahan pengiriman. Sehingga perusahaan akan mampu terhindar dari berbagai permasalahan pengiriman dengan para pelanggan.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang manfaat penerapan manajemen logistik bagi perusahaan. Saat ini ketika bisnis online sedang booming peran logistic sangat penting, khususnya bisnis yang terkait dengan jasa antaran barang, keefektipan dan keefisienan kinerja logistic sangat diperlukan pada saat ini. Oleh sebab itu agar perusahaan dalam pengelolaan manajemen logistiknya masih konvensional dapat ditingkatkan ke manajemen yang lebih professional. Semoga artikel diatas bisa memberikan informasi baru mengenai manajemen modern yang terintegrasi antara manajemen system dan informasi teknologi. Apabila pembaca membutuhkan bantuan dalam pembuatan SOP logistic, software mengenai logistic, serta desain manajemen logistic silahkan hubungi groedu@gmail.com atau ke 081-252-982900 atau 0818521172, tim konsultan kami siap membantu. ( Frans M. Royan, SE,MM)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s