KONSEP-KONSEP DASAR DALAM PROSES MANAJEMEN PEMASARAN YANG HARUS DIKETAHUI PARA PENGUSAHA

Proses pemasaran pada dasarnya merupakan suatu proses tentang perpindahan barang maupun jasa dari seorang produsen kepada para konsumen. Pemasaran produk merupakan bentuk dari proses sosial manajerial yang mana seorang individu atau kelompok akan memperoleh kebutuhan dan keinginan mereka dengan jalan menciptakan, menawarkan serta bertukar sesuatu yang bernilai antara satu dengan yang lainnya.

Konsep Dasar yang Disebut Dengan Manajemen Pemasaran

Begitu pentingnya proses pemasaran dalam berbagai kegiatan bisnis sudah semakin meningkat selama bertahun-tahun. Namun, untuk sekarang ini produsen harus lebih memperhatikan tentang berbagai kebutuhan dan dari tuntutan pada konsumen. Oleh karena itu, sangat penting artinya bagi Anda para produsen untuk mengetahui tentang beberapa konsep dasar dari manajemen pemasaran agar dapat mengetahui seputar barang-barang apa saja yang nanti akan diproduksi dan berapa tentang seberapa banyak jumlah yang nanti akan diproduksinya.

1. Konsep Produksi Barang.

Konsep seperti ini adalah untuk mengatur tentang bagaimana caranya agar para konsumen bisa menyukai produk yang sudah banyak tersedia di pasaran dengan harga yang relatif lebih murah. Konsep seperti ini memang lebih berorientasi kepada proses produksi dengan cara mengerahkan segenap daya dan upaya untuk bisa mencapai tingkat efisiensi produksi yang lebih tinggi serta proses distribusi untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Tugas dari manajemen disini adalah untuk memproduksi barang sebanyak mungkin, karena para konsumen dianggap masih bisa menerima produk yang tersedia tersebut secara luas dengan daya beli yang besar dari mereka.

2. Konsep Pengemasan Produk.

Yang harus Anda ingat sebagai seorang produsen, bahwa seorang konsumen harus mengetahui tentang kualitas produk. Konsumen akan sangat menyukai produk yang menawarkan sebuah mutu yang bagus, performansi dan ciri-ciri yang terbaik diantara yang lainnya. Tugas dari manajemen disini adalah untuk membuat produk yang lebih berkualitas, karena semua konsumen dianggap sangat menyukai produk-produk yang lebih berkualitas tinggi, baik itu adalah dalam hal penampilan fisiknya (kemasan produk) maupun ciri-ciri terbaik lainnya.

3. Konsep Strategi Penjualan.

Menjual produk merupakan salah satu pekerjaan yang sulit bahkan bisa dibilang terlampau sulit untuk dilakukan dalam hal bisnis (namun bukan berarti tidak bisa untuk dilakukan). Anda sebagai seorang produsen mungkin sangat mampu dalam menghasilkan produk, mengetahui pasar atau segmen pasar dan juga untuk beriklan. Namun, untuk bisa membuat konsumen membeli dan membayar produk yang Anda jual adalah sebuah tugas yang cukup berat. Oleh karena itu, jiwa dari bisnis sesungguhnya adalah terletak pada promosi penjualan yang kuat. Saat konsumen sudah melihat produk Anda, maka apakah konsumen selanjutnya akan langsung berpikir untuk membelinya atau tidak? Karena hal itulah harus segera diterapkan penjualan dengan metode variasi berpromosi yang berbeda-beda untuk dapat menaikkan omset penjualan agar dapat segera memperoleh keuntungan.

4. Konsep Tentang Strategi Pemasaran.

Dalam konsep yang satu ini Anda harus selalu mengingat bahwa konsumen adalah seorang raja. Strategi yang harus diterapkan adalah Anda harus fokus sepenuhnya agar para konsumen merasa menjadi penting dan juga teristimewakan. Produk harus dipasarkan dengan cara sedemikian rupa sehingga para konsumen akan merasa bahwa produk tersebut telah dibuat secara khusus untuk mereka. Dengan cara seperti itu maka Anda akan memperoleh loyalitas terbaik dari para pelanggan dan merekapun akan memiliki kepuasan tersendiri untuk bisa mendapatkan produk yang sangat baik dari Anda.

5. Konsep Pemasaran Dalam Hal Kemasyarakatan.

Agar dapat membuat produk yang akan Anda jual memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan produk-produk lainnya dan berada pada sisi yang lebih aman, maka Anda harus lebih fokus dan yakin bahwa produk Anda akan memiliki tempat yang khusus bagi para konsumen. Kesejahteraan masyarakat akan masuk ke dalam daftar salah satu tujuan dari proses produksi. Selanjutnya akan diikuti dengan adanya kepuasan dari para konsumen dan keuntungan perusahaan. Hal seperti itu merupakan urutan yang harus bisa dijaga dan dipelihara serta selalu diperhatikan melalui strategi pemasaran bisnis.

Demikianlah beberapa informasi tentang konsep-konsep dasar dari manajemen pemasaran yang saat ini sudah banyak diterapkan oleh hampir semua para pelaku bisnis. Semoga bisa bermanfaat dan terimakasih. ( Dari berbagai sumber)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s