BEBERAPA TAHAPAN DALAM PENYUSUNAN FEASIBLE STUDY ATAU STUDI KELAYAKAN BISNIS

Masih banyak user atau investor yang membutuhkan Feasible study tetapi masih belum mengetahui dengan benar tujuan dibuatnya Feasible study. Menurut mereka untuk membuatnya cukup dikompilasi dari bahan-bahan yang sudah ada, meskipun dalam kenyataannya tidak demikian. Pembuatan Feasible study kadang juga dibutuhkan riset yang mendalam. Menghitung dengan cermat, dan juga tak lepas dari ide cemerlang dalam membuatnya. Di bawah ini akan dipaparkan bagaimana proses pembuatan Feasible study yang benar dan mantap sehingga Feasible study akan sangat bermanfaat bagi usernya.

1. Penemuan Ide-Ide Baru.

Agar dapat menghasilkan ide yang dapat menghasilkan produk yang laku untuk dijual serta menguntungkan, diperlukan adanya sebuah penelitian yang sudah terorganisir dengan baik serta adanya dukungan sumber daya yang sangat memadai.

Apabila terdapat ide yang lebih dari satu, maka dapat dipilih yang terbaik dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini, yaitu:

1. Ide proyek yang sesuai dengan realitas.
2. Pengambilan keputusan yang mampu melibatkan diri dalam hal-hal yang sifatnya lebih teknis.
3. Keyakinan akan kemampuan proyek menghasilkan laba besar.

2. Tahapan-Tahaapan Penelitian.

Setelah ide proyek sudah terpilih, langkah selanjutnya adalah penelitian yang lebih mendalam dengan metode ilmiah sebagai berikut:

1. Mengumpulkan data.
2. Mengolah data.
3. Menganalisis dan mempresentasikan hasil dari pengolahan data.
4. Menyimpulkan hasil.
5. Membuat laporan hasil.

3. Tahapan Evaluasi.

Evaluasi adalah untuk membandingkan sesuatu dengan satu atau lebih tentang standar atau kriteria yang lebih bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Terdapat tiga macam evaluasi yaitu : mengevaluasi usaha proyek yang nanti akan didirikan, mengevaluasi proyek yang nanti akan dibangun dan yang ketiga adalah, mengevaluasi bisnis yang sudah dioperasionalkan secara rutin.
Dalam evaluasi bisnis yang nanti akan dibandingkan adalah seluruh ongkos yang nanti akan disebabkan oleh adanya usulan bisnis serta berbagai manfaat atau benefit yang nanti akan diperkirakan diperoleh.

4. Tahapan dalam Pengurutan Usulan Proyek yang Layak untuk Digunakan.

Apabila terdapat lebih dari satu usulan untuk perencanaan bisnis yang dianggap sangat layak, maka sangat perlu untuk dilakukan pemilihan rencana bisnis yang memiliki skor tertinggi apabila dibandingkan dengan usulan lain yang berdasarkan kepada kriteria penilaian yang telah ditentukan sebelumnya.

5. Tahap Rencana Pelaksanaan Proyek.

Setelah rencana bisnis sudah benar-benar dipilih maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah perencanaan kerja pelaksanaan untuk pembangunan proyek. Mulai dari penentuan jenis pekerjaan, jumlah serta kualifikasi tenaga perencananya, ketersediaan dana serta sumber-sumber daya lain serta kesiapan dari tim manajemen.

6. Tahap Pelaksanaan Proyek.

Dalam realisasi untuk pembangunan proyek diperlukan adanya sebuah manajemen proyek. Setelah proyek selesai dikerjakan tahapan selanjutnya adalah untuk melaksanakan operasional bisnis secara rutin. Agar selalu dapat bekerja secara efektif serta lebih efisien dalam rangka untuk meningkatkan laba perusahaan, dalam internal operasional diperlukan adanya kajian-kajian khusus untuk dapat mengevaluasi bisnis dari mulai fungsi keuangan, pemasaran, produksi serta operasionalnya.

7. Hasil dari Studi Kelayakan Bisnis.

Hasil dari studi kelayakan bisnis dapat berupa dokumentasi lengkap dalam bentuk yang tertulis dan harus diperlihatkan tentang bagaimana rencana bisnis agar dapat memiliki nilai-nilai yang positif terhadap berbagai aspek-aspek yang telah diteliti, sehingga akan dinyatakan sebagai sebuah proyek bisnis yang benar-benar layak untuk dijalankan.

Semoga artikel diatas memberikan banyak manfaat bagi pembaca. Apabila pembaca membutuhkan bantuan dalam pembuatan Feasible study, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak ke 0818521172 atau 081-252982900. Kami siap membantu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s