UNSUR-UNSUR MANAJEMEN TERPENTING SEBAGAI PENGGERAK UTAMA DARI FUNGSI MANAJEMEN

Unsur-unsur Manajemen dalam penerapannya pada perusahaan akan saling berkaitan erat satu sama lainnya. Masing-masing dari unsure-unsur tersebut tidak dapat terpisahkan. Tanpa adanya salah satu maka penerapan dari fungsi manajemen dalam perusahaan tidak akan bisa berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya.

Unsur-unsur dari Manajemen yang paling utama dalam fungsi Manajemen adalah sebagai :

1. Human Resources Element (Unsur Sumber Daya Manusia).

Unsur manajemen yang paling vital pertama adalah sumber daya manusia. Manusia yang akan membuat perencanaan dan mereka pulalah yang akan melakukan proses dalam mencapai tujuan tersebut. Tanpa adanya sumber daya manusia maka tidak akan ada proses kerja, karena pada prinsip dasarnya adalah mereka sebenarnya merupakan makhluk pekerja.

2. Money Element (Unsur Uang).

Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas operasional sehari-harinya tidak akan bisa terlepas dari yang namanya biaya yang akan diukur dengan satuan sejumlah uang.

Dengan ketersediaan uang atau dana yang cukup memadai maka pihak manajemen perusahaan akan merasa lebih leluasa dalam melakukan sejumlah efisiensi dalam mencapai tujuan akhir dari perseroan yaitu untuk memperoleh laba yang maksimal.

Pembelian bahan material atau bahan baku nilainya akan jauh lebih murah apabila dilakukan dengan pembayaran secara tunai begitu pula dengan jumlah atau quantity, semakin banyak jumlah quantity yang dipesan maka secara otomatis akan mendapatkan sejumlah harga discount khusus dari pihak vendornya.

3. Materials Element (Unsur Bahan Baku).

Ketersediaan bahan baku atau material sangat vital dalam proses produksi. Tanpa adanya bahan baku, maka perusahaan manufaktur tidak mampu mengolah dan memproses sesuatu sampai menjadi produk akhir yang siap untuk dijual.

Dibutuhkan adanya tenaga ahli dalam mengolah bahan baku untuk dapat menjadi barang jadi atau setengah jadi. Sumber Daya Manusia dan bahan baku memang sangat berkaitan erat antara satu sama lain dan tidak bisa terpisahkan.

4. Machines Element (Unsur Peralatan Mesin).

Agar dapat mengolah bahan baku untuk menjadi barang jadi yang benar-benar siap dijual, maka dibutuhkan adanya seperangkat mesin dan peralatan kerja. Dengan adanya mesin yang cukup memadai maka waktu yang akan dibutuhkan dalam proses produksi menjadi semakin cepat dan lebih efisien.

Selain harus efisien, tingkat kesalahan manusia atau human error pun masih dapat untuk diminimalisir, namun dibutuhkan adanya sumber daya yang handal dan bahan baku yang berkualitas dalam memperoleh hasil produksi yang maksimal.

5. Methods Element (Unsur Metode).

Dalam menerapkan manajemen untuk pengelolaan sejumlah unsur-unsur diatas maka dibutuhkan adanya suatu metode atau standard opartional prosedure yang benar-benar baku.

Setiap divisi atau departemen pada internal perusahaan harus memiliki fungsi-fungsi pokok tugas atau job desk tersendiri dan masing masing divisi atau departemen tersebut harus saling berkaitan satu sama lain dalam menjalankan aktifitas operasional perusahaan.

6. Market Element (Unsur Pasar).

Konsumen atau pasar merupakan elemen yang begitu penting bagi keberlangsungan hidup perusahaan, tanpa adanya permintaan maka proses produksi tidak akan bisa berjalan dan segala aktifitas perusahaan akan berhenti total yang menyebabkan perusahaan tersebut menjadi bangkrut.

Agar dapat menguasai segmentasi pasar, maka pihak manajemen harus memiliki strategi pemasaran yang benar-benar handal dan dapat bersaing dengan para kompetitor market yang sejenis baik itu adalah dari sisi harga, kualitas maupun kuantitas dari produk.

Unsur-unsur manajemen diatas adalah saling berkaitan erat satu sama lainnya, dan masing-masing elemen sangat penting dalam rangka penerapan fungsi manajemen yang baik dan efisien dalam mencapai hasil yang masimal dan efisiensiensi operasional dalam aktifitas internal perusahaan. Semoga artikel diatas bermanfaat. Terima kasih. email: groedu@gmail.com.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s