BUKU SALES & DISTRIBUSI, YANG TAK LEKANG OLEH ZAMAN

Pada saat ini datangnya produk dari luar Negeri sudah tidak terbendung lagi, khususnya di Era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) yang tengah berlangsung saat ini sehingga munculah usaha-usaha baru bidang distribusi, yang tak lain untuk mendistribusikan produk-produk dari perusahaan masyarakat Ekonomi Asia (MEA) tersebut serta lainnya. Serta tidak bisa dihindari lagi implementasi ilmu distribusi dalam praktek bisnis mau tidak mau akan senantiasa digunakan. Namun sayangnya tidak banyak literature yang mendukung keadaan praktek sesungguhnya, sehingga banyak menimbulkan kesulitan para pemilik bisnis maupun praktisi yang mengoperasikan usaha bidang distribusi. Selain itu di universitas, khususnya di Fakultas Ekonomi tidak pernah diajarkan Ilmu Distribusi produk ini secara spesifik dan mendalam. Dan selama penulis mengajar di Universitas yang ada adalah ilmu Supplay chain Management, sementara itu ilmu distribusi adalah bagian dari supplay chain management yang tidak pernah dibahas secara detail di buku-buku yang ditulis oleh penulis local, maupun luar Negeri.

Beberapa pecahan tulisan berkaitan dengan supplay chain manajemen, penulis temukan ditulis oleh Dave Kahle dari Amerika dengan topic Sales Territory Management, itupun ruang lingkup bahasan mengenai manajemen wilayah penjualan yang merupakan sebagian kecil dari ilmu distribusi yang terangkum dalam ilmu Distributorship Management, yang pernah Penulis tulis dan diterbitkan oleh penerbit Gramedia lima tahun silam. Sedangkan isi dari Distributorship management, selain pengelolaan wilayah, di dalamnya ada pengelolaan Piuatang penjualan yang terangkum dalam Account Receivable management, ilmu logistic yang terangkum dalam warehouse management dan delivery service, ilmu penggajian dan kompensasi adalah bagian dari HRM ( Human Resource Management) yang membahas detail mengenai spsifik remunerasi untuk tim penjualan berikut sekema insentifnya. Serta pembahasan lain-lain yang berkaitan dengan operational Distributor dalam proses bisnis sehari-hari.

Keilmuan Distributorship management secara realita sudah berkembang jauh ke depan dan belum diajarkan di bangku kuliah pada umumnya, mungkin ada hanya di beberapa Universitas atau academy yang dimiliki oleh perusahaan dengan skala besar seperti Telkom, University Telkom di Bandung, pelajaran manajemen distribusi ini diberikan namun belum lengkap seperti yang penulis ketahui. Meskipun dalam praktek bisnis manajemen distribusi ini sudah dipraktekan oleh berbagai perusahaan dengan kategori Fast Moving Consumer Good (FMCG), Building Material, perusahaan kartu selluler, serta perusahaan lain yang sehari-hari memperaktekan distribusi Intensive, yakni dengan jumlah pelanggan ratusan bahkan ribuan dengan sales people dan armada pengiriman yang berjumlah cukup besar. Namun masih perlu dikembangkan di Indonesia yang pada saat ini yang tentunya sedang berkembang, dan membutuhkan ilmu yang secara realita dan relevan digunakan dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Buku Manajemen Distribusi tulisan bapak Mikael Hang Suryanto, SE, MM adalah buku yang melengkapi buku penulis dengan judul “ Distributorship management” dan buku “Sun Tzu  Creating distribution Strategy” yang keduanya adalah buku yang penulis dedikasikan untuk para praktisi Distribusi pada awalnya, namun untuk selanjutnya demi perkembangan ilmu Distribusi di Indonesia, penggeseran pembaca bisa ke para akademisi dan mahasiswa yang sedang mempelajari ilmu Distribusi atau para mahasiswa yang sedang akan mengadakan penelitian di bidang distribusi secara mendalam. Untuk kedua buku tersebut memang sudah lama terbit, namun apabila pembaca ingin melangkapi koleksi selain buku manajemen distribusi yang ditulis bapak Mikael Hang Suryanto, SE, MM, pembaca bisa klik link http://konsultanmanajemenoutopilot.com/e-books/distributorship-management/ untuk mendapatkan versi e-booksnya.

Penulis menyambut sangat baik buku yang ditulis oleh bapak Mikael Hang Suryanto, SE, MM yang tentu saja bisa dipakai oleh perguruan tinggi dalam mengembangkan kurikulum pengajaran di universitas, khususnya yang berkaitan dengan Marketing dan supplay chain management, begitu pula dengan para praktisi yang sehari-hari bergelut di bidang distribusi, buku ini sangat dianjurkan karena berisi berbagai hal yang berkaitan dengan Operation Distributor system, sehingga banyak hal-hal dengan rinci dapat dihitung dengan rasio-rasio yang ke depan akan menjadi standard dalam pola praktek distribusi sehari-hari. Seperti menghitung kunjungan sales force ke para saluran, misalnya saluran tradisional dan ritel modern (Minimarket, Supermarket, Hypermarket) terhadap realita order, sehingga produktifitas sales people bisa dihitung dengan baik. Dengan memberikan standard yang tepat dikegiatan yang dilakukan oleh sales people diharapkan penjualan perusahaan distributor akan meningkat dari waktu ke waktu. Pembahasan menarik lainnya di buku ini seperti hal-hal yang berkaitan dengan :

  1. Pasar
  2. Perusahaan
  3. Toko
  4. Konsumen
  5. Keuangan
  6. Produktivitas

Di dalam buku ini dibahas dalam perhitungan dan analisa keuangan yang berkaitan dengan poin-poin satu sampai dengan enam. Jadi bisa dibayangkan, pembaca akan secara detail bisa memperoleh  pengetahuan menghitung sehingga praktek dilapangan tidak sekedar melakukan operasional, tetapi bisa menelusuri setiap langkah dalam bidang distribusi bisa diketahui pola-pola yang sistematis dengan standard-standard yang telah dibuat dengan panduan analisa yang tepat. Meskipun di buku ini perhitungan dipandu dengan cara manual, tetapi saya yakin ke depan akan ditemukan software yang cukup baik untuk membantu dalam penghitungan berbagai analisa yang telah dilakukan oleh bapak Mikael Hang Suryanto, SE, MM.

Seperti yang saya ketahui dalam praktek bisnis Distributorship sehari-hari, pemilik bisnis sebaiknya menerapkan pola kerja berhati-hati dalam mengelola distributor, sebab seperti yang diketahui margin Distributor sudah dalam takaran, sehingga pemilik bisnis Distributor wajib menghitung semua beban atau hal-hal yang berkaitan dengan operasional cost, dan meningkatkan pendapatan (baca: penjualan) dari waktu ke waktu. Banyak Distributor tidak berlanjut, atau bangkrut karena salah urus, tidak memiliki management yang baik, serta kurang memperhatikan hitung-hitungan dengan cermat. Jadi sangatlah tepat jika buku ini berisi berbagai hitung-hitungan yang bisa memandu pembaca dalam mengelola distributor yang dimiliki. Begitu pula dengan para Principal yang saat ini berdaya guna dan berhasil dalam pemasarannya yang bermitra dengan para distributor dapat mengajarkan berbagai perhitungan yang tepat, mulai cost operasional, rasio program promosi serta lainnya. Nah, buku inilah yang akan sangat membantu pembaca semuanya dalam menerapkan keilmuan distribusi yang sangat jarang, bahkan langkah ditulis oleh penulis local.

Hal-hal lain yang menarik menganai buku ini adalah buku ini ditulis oleh seorang praktisi sales dan distribusi yang berkecimpung dalam Industri yang padat dalam penggunaan ilmu Distribusi antara lain PT. SNS ( Garuda Food Group), PT. Sinar Mas dan lain-lain, sekaligus seorang akademisi, sehingga lengkaplah latar belakang penulis yang sangat mendukung dalam penulisan buku ilmiah popular ini. Akhir kata semoga buku ini menjadi buku yang menarik dan menjadi acuan banyak perguruan tinggi, serta para praktisi dalam praktek sehari-hari di lapangan. Semoga buku ini sukses dan menjadi buku referensi para praktisi, akademisi, dan mahasiswa sukses.

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s