PERLUKAH PERUSAHAAN MELAKUKAN PENGEMBANGAN ORGANISASI BERKESINAMBUNGAN?

Pada bagian ini seringkali tertinggal, dengan kemajuan teknologi yang begitu cepat dan kelengkapan bisnis yang cepat perlu adaptasi sumber daya manusia dalam mengejar ketinggalan. Mesin, teknologi dan perubahan pasar begitu dinamis menuntut organisasi berkembang menjadi organisasi pembelajar dan adaftif. Apabila perusahaan mengabaikan hal ini, banyak hal akan terjadi, antara lain adalah kemunduran bisnis secara lambat laun.

Apakah perusahaan Anda ingin memperoleh keuntungan melalui efisiensi tinggi dan peningkatan produktivitas dengan pengembangan organisasi? Salah satu cara untuk mencapai hasil ini, dan segudang manfaat lainnya, adalah melalui organization development (pengembangan organisasi). Organization development ( OD ) adalah upaya terencana perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan guna mencapai tujuan strategisnya.

Organization development merupakan salah satu bidang pengembangan dari Manajemen SDM /  HR Management System. Dimana organization development fokus membantu perusahaan dalam mencapai peningkatkan kinerja yang berkelanjutan melalui SDM-nya. Secara umum, tujuan dari organization development adalah memampukan perusahaan dalam melakukan pemecahan masalah, memberikan respon yang lebih baik dan mampu beradaptasi terhadap perubahan industri dan pasar serta perubahan teknologi.

Berikut adalah keuntungan utama yang didapatkan perusahaan ketika melakukan organization development ( OD ):

  • Perbaikan yang Berkelanjutan (Continuous Improvement)

Perusahaan yang terlibat dalam pengembangan organisasi berkomitmen untuk senantiasa memperbaiki bisnisnya. Proses OD menciptakan suatu siklus perbaikan yang berkelanjutan dimana setiap strategi direncanakan, diimplementasikan, dievaluasi, diperbaiki dan dimonitor penerapannya. Pendekatan Organization Development proaktif mencakup perubahan yang terjadi baik internal maupun eksternal dan memanfaatkan perubahan tersebut untuk pembaharuan di internal perusahaan.

  • Meningkatkan Komunikasi Internal Perusahaan

Salah satu keuntungan utama OD adalah meningkatkan komunikasi, feedback dan interaksi didalam perusahaan. Tujuan meningkatkan komunikasi adalah untuk menyelaraskan seluruh karyawan dengan tujuan perusahaan dan nilai-nilai bersama. Komunikasi yang terbuka juga akan mendorong untuk meningkatkan pemahaman akan kebutuhan perubahan didalam organisasi. Komunikasi dilakukan secara terbuka disemua tingkatan organisasi dan feedback yang relevan secara berulang dibagikan untuk dilakukan perbaikan dan atau pembaharuan.

  • Pengembangan Karyawan

Organizational development yang fokus pada peningkatan komunikasi di internal perusahaan dapat secara langsung mempengaruhi karyawan untuk dapat memberikan perubahan seperti yang diinginkan dalam menyikapi perubahan industri dan pasar. Hal ini didukung dengan adanya sistem pengembangan karyawan. Perusahaan secara berkala akan melakukan pengembangan karyawan untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang. Pengembangan karyawan dapat dicapai melalui program pembelajaran, training, peningkatan keterampilan / kompetensi dan perbaikan proses kerja / business process.

  • Peningkatan Produk dan Layanan

Keuntungan lainnya yang tidak kalah penting dari dilakukannya OD adalah adanya inovasi, yang mengarah ke produk dan layanan tambahan. Inovasi dapat dicapai melalui pengembangan karyawan, yang berfokus pada peningkatan hasil kerja yang memuaskan dan peningkatan motivasi dan semangat kerja. Dalam hal ini, keterlibatan karyawan merupakan faktor utama dalam peningkatan kreatifitas dan inovasi produk dan layanan. Selain itu, organizational development juga dapat meningkatkan inovasi produk melalui analisis kompetitif, riset pasar (market research) dan melalui perkiraan ekspektasi dan preferensi konsumen.

  • Peningkatan Keuntungan

Organizational development mempengaruhi bottom line perusahaan dalam berbagai cara. Melalui peningkatan inovasi dan produktivitas serta terjadi efisiensi, keuntungan perusahaan tentunya akan meningkat. Biaya – biaya juga akan berkurang dengan meminimalkan turn over dan mengurangi tingkat ketidakhadiran karyawan. Karena OD selaras dengan tujuan dan fokus pada pengembangan, mutu produk/jasa dan peningkatan kepuasaan karyawaan. Pergeseran budaya ke arah perbaikan yang berkelanjutan membuat perusahaan memiliki keunggulan tersendiri dalam persaingan industri dan pasar.

Apabila bapak/ibu membutuhkan informasi lanjutan mengenai pengembangan organisasi beserta bimbingan, silahkan kontak 0818521172 atau email ke groedu@gmail.com ( Dr Berbagai Sumber)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s