TIPS MEMAKSIMALKAN JASA KONSULTAN MANAJEMEN

Dalam bidang bisnis sebaiknya kita jangan terlalu pede dengan kemajuan yang sedang kita capai. Merasa puas terhadap keadaan bisnis adalah tanda kita sedang dalam kondisi gejala mati suri. Pada bisnis yang bertumbuh akan selalu mengalami banyak kerumitan yang satu per satu harus diperbaiki. Apabila kita merasa bahwa bisnis kita sedang tidak dalam masalah maka berhati-hatilah. Ketidak puasan dalam mengelola bisnis bukan berarti kita selalu kurang dan tidak bersyukur, tetapi adanya “perasaan banyak yang kurang” di bisnis kita itu pertanda bahwa bisnis kita sedang dalam dinamika yang tinggi.

Seperti yang diketahui manajemen perusahaan selalu berubah dan bertumbuh. Dengan adanya UMR yang naik akan mempengarui rasio-rasio dalam perhitungan operasional cost perusahaan. Serta mempengarui indicator lainnya. Oleh sebab itu “perbaikan-perbaikan” terus menerus dalam menajemen perusahaan wajib dilakukan. Apabila kita sebagai pemilik bisnis merasa tidak perlu dan tidak perduli, maka lambat laun usaha yang kita kelola sedang menuju jurang kehancuran.

Seperti yang diketahui kita sebagai pebisnis tidak bisa melihat diri kita dengan baik apabila tidak dibantu dengan cermin. Banyak hal-hal yang kadang diluar perhatian kita bahwa perusahaan sedang dalam kekacauan. Misalnya, kita kurang memperhatikan hal-hal kecil yang berkaitan dengan pekerja, misalnya kurang perhatikan kesehatan pekerja, sarana dan prasarana beribadah, istirahat, makan dan lainnya menyebabkan perusahaan akan terganggu. Ada satu contoh perusahaan yang kurang memperhatikan hal ini selama bertahun-tahun, dan pada ujung-ujungnya lokasi usaha tidak bisa dipakai untuk produksi karena karyawan pada akhirnya menuntut akan ketidak puasannya pada manajemen. Jadi banyak pemilik bisnis sering mengabaikan hal-hal kecil yang berada diluar perhitugannya.

Bagaimana seorang pemilik bisnis bisa bercermin? Salah satunya adalah memakai jasa pihak ketiga sebagai cermin, atau pihak luar yang akan melihat perusahaan kita seperti apa. Kehadiran seorang konsultan manajemen yang kita sewa bukan berarti kita berhadapan dengan malaikat, atau seorang yang memiliki kepandaian yang luar biasa. Justru kehadiran seorang konsultan akan sangat membantu pebisnis dalam mengatur, memberikan  ide, menganalisa dan mengindentifikasi setiap ketidaknormalan dalam perusahaan. Seorang konsultan memiliki jam terbang yang sangat tinggi dan terbiasa melihat bebagai hal kejadian, problem dan ketidak normalan dalam perusahaan di berbagai industri sehingga pengalaman seorang konsultan akan membantu pemilik bisnis untuk memperkaya, melengkapi dan mensinergikan yang sudah ada dengan apa yang diketahui “ terlebih dahulu” oleh konsultan. Jadi jangan sia-siakan seorang konsultan jika pembaca saat ini sedang menyewa seorang konsultan dalam memperbaiki dan merapikan manajemen perusahaan. Beberapa tips yang harus dilakukan agar proses konsultasi berhasil dengan baik antara lain :

  • Ikuti intruksi konsultan sebab dari intruksi itu kita sebagai pemilik bisnis dibimbing untuk melihat dan membuktikan bahwa apa yang kita lakukan sebelumnya sebaiknya dihindari, diminimalkan dan bahkan dihilangkan.
  • Pertimbangkan dan berlakulah bijaksana, banyak hal yang kadang berada diluar anggapan kita sementara itu yang dinasehatkan oleh seorang konsultan dapat menimbulkan tambahan biaya (misalnya) tetapi dengan tambahan biaya itu bisa mengurangi biaya-biaya lain yang ditimbulkan dalam jangka yang panjang.
  • Bersinergilah dengan konsultan, dengan cara bersinergi sebenarnya kita sedang membangun kekuatan yang luar biasa, yaitu memadukan pengetahuan kita sebagai pebisnis dengan pengetahuan dan keahlian konsultan yang telah banyak menangani perusahaan lain. Pengalaman menangani perusahaan lain bisa memperkaya apa yang tidak ada di perusahaan.
  • Praktekan apa yang sudah dibuat oleh konsultan sebab dengan mempraktekan apa yang sudah dibuat dan diajarkan konsultan berarti kita telah mengikuti intruksi yang dibuat oleh konsultan. Jangan merasa bahwa kita sebagai pebisnis telah dipintari oleh konsultan, tetapi dengan mempraktekan berarti kita telah memperkaya proses bisnis, atau pengefisienan dalam aktivitas bisnis.

Oleh sebab itu undanglah konsultan bisnis yang telah memandu banyak klien dengan karakteristik industry yang beragam. Semoga artikel ini memberikan inspirasi dan manfaat bagi pembaca. Apabila membutuhkan informasi yang lebih dalam mengenai konsultasi bisnis atau membutuhkan bimbingan dalam merapikan manajemen, pembuatan SOP, instalasi teknologi informasi dan pembuatan KPI perusahaan, serta lainnya, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau telphon ke 0818521172 ( Frans M. Royan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s