CARA SUKSES GRAND OPENING SUPERMARKET

IMG_7484Jika membuka supermatket harapan terbesar adalah agar toko yang sedang kita bangun akan ramai dikunjungi oleh orang. Kenapa seperti itu? Seperti yang kita ketahui, sebuah supermarket tanpa penjualan tentu saja sangat mustahil. Adanya penjualan perusahaan bisa membayar gaji karyawan, dan bisa kita bayangkan untuk supermarket tiga lantai dengan luasan per lantai 300 meter persegi, maka dibutuhkan kurang lebih 40 sampai 50 karyawan. Budget untuk pengeluaran remunerasi kurang lebih bisa mencapai hampir 175 jutaan. Jadi kalau supermarket tidak bisa meningkatkan penjualannya dari waktu ke waktu maka perusahaan pasti terancam tidak berlanjut untuk jangka panjang.

Oleh sebab itu dipikiran para pebisnis seringkali menginginkan setiap open toko langsung pengunjung meledak dan penjualan meningkat. Itu memang harapan bagi pebisnis ritel, tanpa adanya penjualan sekali lagi perusahaan tidak bisa membayar beban. Serta tuntutan yang luar biasa adalah di penjualan.  Namun ada yang santai saja, tidak perlu banyak pembeli di awal buka tidak masalah, namun sudah diperhitungkan dengan cermat, setelah dilakukan pembukaan toko secara berkala diharapkan akan terjadi peningkatan penjualan.

Nah, ada beberapa cara yang mesti dilakukan agar tidak terjebak oleh ketidaksuksesan ketika sedang membuka supermarket. Jadi, apabila konsepnya adalah secara berkala maka lakukan soft opening terlebih dahulu agar operasional toko menjadi matang. Seperti yang kita maklumi perusahaan baru buka tentunya masing-masing yang mengoperasikan pastilah masih belum lancar. Soft opening adalah cara mereka belajar untuk mengoperasikan toko. Selanjutnya apabila sudah siap maka segera lakukan grand opening. Nah, ketika grand opening banyak yang harus dipersiapkan agar supermarket yang kita buka bisa dikunjungi banyak orang.

Lakukan program diskon untuk produk tertentu, begitu pula dengan program lainnya seperti program pemberian voucher, poin atau kartu membership, serta banyak program lainnya.

Buatlah event agar pengunjung memiliki kesempatan berbelanja meski tujuan awalnya untuk mengikuti event yang sedang diselenggrakan. Misalnya event masak-memasak dengan mengundang juru masak terkenal jika produk berkaitan dengan peralatan rumah tangga.

Undanglah para customer yang tersebar melalui beberapa media yang bisa digunakan dengan cara efektif, misalnya lewat face books komunitas, Koran local yang cukup diminati oleh pembaca yang sesuai dengan sasaran dari supermarket kita. Begitu pula dengan undangan yang bisa dilakukan lewat Koran local  dan media penghubung  lainnya.

Banyak cara grand opening yang sukses, namun tetap perlu dipertimbangkan kesiapan orang-orang yang mengoperasikan perusahaan, termasuk store manajer dan segenap jajaran karyawan toko. Termasuk bagian kasir, sebab bagian ini adalah bagian yang sangat penting sebagai pusat transaksi. Semoga artikel ini bermanfaat, apabila menginginkan informasi yang lebih detail, silahkan hubungi 0818521172 atau email ke groedu@gmail.com kami siap membantu. ( Frans M. Royan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s