CARA EFEKTIF MENGHADAPI PERSAINGAN YANG KOMPETITIF DI INDUSTRI SEMEN

DSC_0085Di Indonesia rata-rata serapan pasar semen masih dibawah 80 juta ton pertahun, diambil data dari ASI (Assosiasi Semen Indonesia), Khususnya tahun ini setelah melambatnya perekonomian  di Indonesia, dari 9 produsen semen terbesar di Indonesia masih ada yang kekurangan di kapasitas produksi, sehingga akan dibangun sentra-sentra produksi semen baik yang bagian paking dan grinding. Sedangkan yang masih kelebihan kapasitas produksi harus berjuang keras agar pangsa pasar semen ini bisa direbut sedemikian rupa. Dari 9 produsen semen terbesar salah satunya adalah PT. Cemindo Gemilang yang awal mula produk semennya didatangkan dari Vietnam, dan sudah 4 tahun didistribusikan  di Indonesia. Sambutan konsumen Indonesia cukup bagus terhadap semen dengan merek “merah putih” tersebut, dan pada tahun 2016 pabrik yang berproduksi di Indonesia telah siap. Oleh sebab itu untuk merebut pasar, perusahaan sangat perduli dengan distribusi produk yang merata.

Nah, upaya jajaran manajemen adalah mengoptimalkan Tim marketing dan penjualan agar produk Semen merah putih ini tersebar di Indonesia. Salah satu upaya perusahaan adalah membekali Tim marketing dan penjualan dengan pengetahuan distribusi. Oleh karena selama ini distribusi produk semen dilakukan dengan bermitra dengan para Distributor yang ada di Indonesia , maka perlu perbekalan soal ilmu Distribusi  pada jajaran Tim marketing dan penjualan.

Pada bulan April tanggal 28-29 tahun 2016, tim manajemen telah menyelenggarakan pelatihan dengan tajuk ” Distributorship Management” yang difasilitatori oleh seorang praktisi sales dan distribusi Frans M. Royan, SE,MM dari lembaga Groedu International Consultant. Pelatihan selama 2 hari ini memiliki tujuan agar para segenap jajaran Tim pemasaran dan penjualan mengetahui betul bagaimana bekerja sama dengan para distributor, mengelola distributor dan membantu distributor dalam memperbaiki manajemennya. Seperti yang diketahui aktivitas pendistribusian semen membutuhkan biaya operasional yang cukup tinggi, sehingga apabila para distributor tidak dikelola dengan baik mereka akan tidak enjoy dengan bisnis semen yang keuntungannya sangat tipis. Oleh sebab itu dalam pelatihan ” Distributorship management” para tim marketing dan penjualan diajarkan mengenai sales territory management, pada pelatihan ini peserta diberikan bekal yang cukup rinci bagaimana memetakan wilayah distributor agar antara aktivitas sales people dan bagian delivery terjadi sinkronisasi, sehingga biaya operasional pengiriman bisa ditekan dan dihemat.

Pelatihan ini cukup menarik dan bermanfaat bagi jajaran Tim pemasaran dan penjualan PT. Cemindo Gemilang, sebab di tengah sulitnya memasarkan semen, mereka mendapatkan tips dan strategi yang jitu bagaimana mendistribusikan produk semen dengan benar, khususnya di lapangan. Banyak hal ternyata selama ini telah dilewatkan sehingga hal-hal yang dulunya kurang mendapatkan perhatian bisa diperbaiki segera.  Sukses selalu PT. Cemindo Gemilang. ( Frans M. Royan, SE,MM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s