PERLUKAH ILMU PENJUALAN DI MASA KRISIS SEPERTI INI?

Seperti yang kita ketahui, bulan Januari 2016 dan Februari 2016 kondisi ekonomi tidak beranjak baik. Hal ini tentu berdampak pada bisnis yang semakin lesu. Pemasaran produk terkait pembangunan seperti material bangunan juga turun drastis, dan tidak menutup kemungkinan bisnis lain juga begitu. Lalu pertanyaannya? Masih perlukah ilmu penjualan disaat yang sulit seperti ini? Tentu saja jawabnya ya atau tidak. Bagi yang tidak melanjutkan usaha dan menutup usaha, tidak perlu lagi ilmu penjualan. Tetapi bagi bisnis yang ingin dipertahankan, tentunya ilmu penjualan sangat dibutuhkan. Kenapa begitu? Hidup mati usaha ternyata dari penjualan.

Nah, sekarang kalau kita sudah menyadari, sebaiknya mulai mencari trainer berpengalaman dibidang penjualan yang praktis dan bisa dipraktekan jika memang membutuhkan. Ilmu penjualan yang bisa dipelajari adalah bagaimana melakukan closing cepat, handling penolakan customer, pengetahuan wilayah penjualan, karakterisktik pelanggan dan bagaimana mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Training atau pelatihan sangat perlu me-refresh sales people yang ada di perusahaan. Namun, kendala yang sering terjadi ketika perusahaan sepi, maka budget training langsung dihapus dari anggaran perusahaan. Celakanya salesman-salesman perusahaan dibiarkan mengganggur bahkan keluar karena tidak ada gunanya. Supaya hal ini tidak terjadi, berilah training kepada mereka. Tidak harus mencari trainer, tetapi bisa dilakukan sendiri supaya hemat, jika memang ingin dihemat.

Mempertahankan sales people memang tidak mudah dan mendapatkannya pada saat ini juga tidak mudah, oleh sebab itu milikilah keyakinan yang cukup baik bahwa sales people kita akan menjadi lebih baik dan omzet penjualan kita naik apabila program-program pelatihan  dijalankan dengan baik dan benar. Ujung tombak usaha terletak pada sales peolpe. Serta peliharalah mereka sebagai mana mestinya. baik dalam kondisi sepi dan ramai penjualan.

Semoga artikel ini menjadi manfaat dalam perbaikan sales people, dan menginspirasi pembaca. Apabila membutuhkan informasi dan bimbingan mengenai bagaimana membangun sales people dan meningkatkan penjualan produk dapat hubungi groedu@gmail.com atau telphon 08818521172. ( Frans M. Royan, SE,MM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s