TRAINING SALESMANSHIP

Mengapa perusahaan membutuhkan pelatihan ini? Pada saat perusahaan penjualan cukup baik, salesman perusahaan dapat menjual dengan baik. Tetapi pada saat kondisi ekonomi melemah, tiba-tiba penjualan di perusahaan turun drastis. PASTI pimpinan penjualan pertama kali yang dipikirkan adalah kalau tidak masalah harga, masalah produk juga masalah salesman yang tidak dapat menjual produk . Apakah salesman memerlukan training salesmanship kalau sudah kondisinya seperti ini? Tentu saja tidak hanya ketika produk dapat dijual dengan mudah, ketika produk semakin sulit dijualpun pelatihan salesmanship ini terus dilakukan dan tidak putus nyambung, oleh sebab itu diperlukan wawasan yang cukup baik dalam melatih sales force di bidang salesmanship.

Pada umumnya perusahaan mengira training salesmanship ini hanya meliputi pengetahuan product knowledge saja sebab persepsi selama ini selalu dikatakan bahwa salesman yang cukup pintar menjual biasanya hafal dan piawai dalam menyampaikan product knowledge, padahal tidak, dan banyak hal harus banyak pula diketahui oleh salesman kita seperti mengetahui bahasa tubuh konsumen, teknik closing, teknik mengelola penolakan sampai merawat customer agar pelanggan tetap setia. Jadi masih perlu diperhatikan oleh perusahaan walau penjualan masih dalam kondisi baik mengenai pelatihan  salesmanship ini, bukan sebaliknya panik ketika penjualan turun dan menjadikan kambing hitam salesman tidak bisa menjual, dan MEMECAT mereka semua dan menggantikan dengan salesman yang baru.

Perlu diingat tidak gampang pada saat ini mengganti salesman-salesman kita, kalau memutuskan mengganti wajib berpikir-pikir terlebih dahulu jika tidak berpikir dengan baik malah hasilnya nol. Mengganti salesman sama artinya menggerakan bisnis mulai dari nol, oleh sebab itu sebaiknya keluar budget untuk training salesmanship dari pada memecat dan mengganti yang baru. Ada dua pekerjaan untuk salesman baru kita jika kita memecat salesman kita, satu memberikan training product knowledge dan dua training salesmanship itu sendiri. Jadi sangat berat dan beresiko jika mengganti salesman. Sebaiknya lakukan training salesmanship dan memvariasinya supaya pengetahuan salesmanship sales force kita semakin bertambah baik dan penjualan lancar.

Semoga artikel ini dapat berguna untuk Para HRD atau pimpinan penjualan di perusahaan. Apabila pembaca membutuhkan training salesmanship, sebaiknya email ke groedu@gmail.com atau kontak ke 0818521172 untuk mendapatkan training salesmanship yang layak. (Frans M. Royan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s