CARA EFEKTIF MENDAPATKAN SOFTWARE UNTUK USAHA RITEL

Sebelum membuka usaha ritel memang sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu, apa saja yang  mesti harus dilakukan. Persiapan-persiapan itu antara lain Gedung, rak dan infrastruktur lainnya di gedung usaha ritel yang akan kita buka. Namun setelah infrastruktur sudah dipersiapkan tak kalah pentingnya menyiapkan perangkat lunak yang dibutuhkan oleh ritel modern kita. Banyak orang bilang kalau buka ritel kita membutuhkan software POS atau istilah keren nya point of sales. Perangkat lunak ini memiliki kinerja untuk mempermudah penjualan di kasir. Oleh sebab itu pos hanya digunakan untuk penjualan secara tunai dikasir yang langsung memotong stok.

Software Pos memiliki fitur beragam, tapi umumnya dipakai hanya untuk penjualan tunai. Jika di perusahaan ritel membutuhkan laporan keuangan, mulai neraca dan rugi laba, maka dibutuhkan software back end dalam bentuk software akunting. Software akunting yang ada di pasaran tidak semuanya bisa nyambung dengan software pos, oleh sebab itu agar software berkinerja cukup baik, maka sebaiknya carilah software akunting yang kompatibel dengan software pos.

Software pos memang cukup membantu dalam transaksi dikasir, oleh sebab itu penggunaannya sebaiknya juga ditinjau dari trafik yang ada di perusahaan sebab tidak semua software pos bisa dipakai secara maksimal jika trafik di kasir tidak terlalu padat. Untuk produk kebutuhan sehari-hari sepereti Alfamart dan Indomart, tentu saja ada software posnya untuk mengejar antrian di kasir. Tetapi jika trafik tidak terlalu tinggi, maka sebaiknya tidak menggunakan software pos tidak masalah. Software akunting ada yang bisa langsung dipakai dengan cara search nama barang, kode dan lain-lain, maka transaksi di kasir sudah bisa dilakukan.

Atau kalau misalnya selain menjual ritel juga menjual grosir, maka selain software Pos juga digunakan software akunting. Software akunting bisa transaksi kredit dan tunai. Sedangkan yang pos hanya bisa tunai saja. Sebagai kesimpulan agar bisa mendapatkan software yang maksimal untuk kinerja ritel antara lain :

  • Perhatikan trafik /jumlah pengunjung perhari. Semakin banyak antrian maka semakin harus cepat melayani. Software pos sangat tepat untuk digunakan dalam usaha ritel.
  • Apabila transaksi selain tunai dan kredit, maka dua software itu bisa digunakan. Apalagi ritel modern memiliki banyak cabang. Perlu transaksi yang terpusat. Seperti proses pembayaran supplier atau pembeliannya.

Semoga artikel di atas bisa memberikan inspirasi pada pembaca, dan apabila perlu bimbingan dan memerlukan software dapat hubungi 0818521172 atau email ke groedu@gmail.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s