CARA PRAKTIS MEMASARKAN PRODUK BARU AGAR BERHASIL

Memasarkan produk baru memang tidak gampang. Riset terakhir angkanya sangat mengejutkan, rata-rata produk gagal di pasar setelah dipasarkan angkanya sekitar 98%. Oleh sebab itu sebaiknya memang memiliki perencanaan yang sangat baik sebelum memasarkan produk baru tersebut supaya produk bisa berhasil di pasar. Lalu apa langkah-langkah penting yang harus dipersiapkan ketika memasarkan produk baru:

  1. Cek target market dari produk tersebut, siapa konsumen produk tersebut sebab dengan mengetahui konsumen dari produk tersebut kita bisa mempelajari prilaku konsumennya.
  2. Cek kapasitas produksi dari perusahaan, seberapa maksimal mesin kita bisa menghasilkan produk, sebab produksi yang tidak bisa memenuhi permintaan juga membuat kerugian untuk pemenuhan produk kepada konsumen, oleh sebab itu setelah mengetahui kapasitas produksi, maka sebaiknya tentukan wilayah yang akan kita jangkau dalam memasarkan produk.  Wilayah terlalu luas bisa menyebabkan kerugian pada pemasaran produk kita, apalagi jika penjualan dilakukan secara kredit ke para pedagangnya. Umumnya pedagang tidak mau bayar jika tidak dikasih barang. Ini perlu dipertimbangkan jika produk anda adalah produk consumer yang menjangkau pasar tradisional.
  3. Bangun saluran distribusi yang efektif, saluran distribusi yang efektif berarti kita mesti memiliki kerja sama dengan penyalur besar sekelas distributor atau agen. Nah merekalah yang akan menyalurkan produk dari pabrik ke konsumennya. Lalu buatlah manajemen principal yang efektif sehingga pemasaran produk bisa dikelola dengan baik.
  4. Bangun sales force yang efektif.  Harus diketahui kalau kita sebagai produsen maka membangun sales force yang efektif bisa meminimal biaya di sisi SDM. Begitu pula kalau sedang merancang distributornya sendiri, buat planning rancangan sales force melalui sales territory management yang efektif pula.

Sebelum poin satu  sampai empat, tentunya perlu memikirkan brand yang cukup kuat agar brand tersebut menjadi penunjang dalam pengembangan pemasaran produk kita. Nah, semoga artikel singkat ini memberikan inspirasi dan berguna bagi pembaca. Apabila pembaca memiliki produk baru dan sulit memasarkannya,  silahkan email ke :  groedu@gmail.com atau silahkan telphon ke 0818521172. (Frans M. Royan)

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s