BELAJAR SUKSES ALIBABA.COM DALAM MEMBANGUN PERUSAHAAN BERBASIS E-COMMERCE

Semangat inovasi dan semangat belajar terus menerus adalah inti pokok kesuksesan Alibaba.com situs e-commerce terbesar di China. Bagaimana Jack Ma mengawali bisnis ini?  Ia berawal sebagai seorang guru bahasa Inggris yang mengetahui internet pertama kali dari seorang rekan. Ia pada waktu itu dikenalkan dengan internet dan mencoba dengan kata kunci “Bir” tetapi yang muncul di internet adalah bir buatan Amerika, serta negara lain tetapi bir dari China tidak ada di internet. Dari hal inilah ia kemudian mengawali situs perdananya dengan nama China Page semacam Yellow page. Ia sempat menawarkan kerja sama dengan Pemerintah dengan tujuan agar pemerintah bisa membantu para pengusaha di China untuk promosikan produk-produknya di internet, selain pemerintah lembaga yang mengurusi Olah raga Olimpiade waktu itu juga ditawari dengan tujuan agar informasi mengenai Olimpiade bisa dibaca dari Internet namun semua itu ditolak,   dan pada akhirnya situs Jack Ma tersebut ditutup.

Seiring perkembangan e-commerse dunia, dan sejak Wall street dalam kejayaannya tahun 1999, maka mulailah Jack Ma tergugah kembali untuk membangun situsnya dengan nama Alibaba.com. Dari situs inilah karir Jack Ma terus melambung setelah menggratiskan semua produk milik China untuk diiklankan di situs ini. Dengan bantuan konsultan manajemen Porter Erisman, situs alibaba.com berkembang dengan ratusan bahkan ribuan karyawan yang turut mengoperasikan di dalamnya.

Kunci keberhasilan Jack Ma tak lain adalah Inovasi dan keterbukaan menerima orang lain sebagai pendamping dalam mengembangkan bisnisnya. Porter Erisman selama 10 tahun mendampingi Jack Ma dalam membesarkan alibaba.com dengan semangat inovasi terus menerus. Sebenarnya sama halnya dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia yang dimulai dari awal, dan bahkan diperbaiki ketika ditengah kerumitan manajemen perusahaan. Kebutuhan pendampingan seorang konsultan sangatlah penting, karena konsultan adalah pihak ketiga yang dapat melihat dengan detail dan apa yang dilihat seorang konsultan tidak diketahui oleh pemilik bisnis.  Bagaimana memilih seorang konsultan yang handal dalam mendampingi perusahaan kita? Maka carilah konsultan :

Minimal memiliki latar belakang Industri yang sama dengan usaha kita,  kalau tidak begitu carilah konsultan yang memiliki pengalaman praktis, baik sebagai profesional maupun pengalaman sebagai konsultan dalam mendampingi perusahaan sebelumnya. Dengan mendapatkan konsultan seperti ini perusahaan kita akan terselamatkan dari kondisi krisis terus menerus yang berkepanjangan.

Hindari konsultan yang berbasis akademik yang kaya teori tetapi tidak pernah praktek dan terjun didunia praktis. Kesalahan-kesalahan yang sudah banyak dilakukan oleh perusahaan BUMN kita adalah membenahi perusahaan dengan dituntun oleh seorang teoritis sehingga banyak BUMN yang masih terpuruk. Terakhir kerja sama operasi dengan menggabungkan para teoritis dengan para praktisi akan menjadikan kekuatan dalam perbaikan manajemen BUMN.

Jack Ma adalah seorang akademisi yang terus berinovasi tetapi maju dengan pesat bidang usahanya dalam e-commerce didampingi oleh konsultan yang telah berpengalaman dibidangnya. Oleh sebab itu bangunlah perusahaan kita dengan kecermatan dalam menghadapi krisis ekonomi yang berkepajangan ini dengan inovasi terus menerus. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan apabila pembaca menginginkan informasi lebih lanjut dapat melayangkan email ke groedu@gmail.com atau kontak ke 0818521172.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s