TIPS MEMILIH KONSULTAN MANAJEMEN USAHA

Sekarang ini memang banyak sekali konsultan bisnis yang bermunculan. Namun sebagai pengguna jasa sebaiknya mencocokan dengan Nacecodes ( Keahlian inti yang pernah didapat sebagai praktisi) konsultan dengan bisnis yang sedang dijalani saat ini. Konsultan yang berpengalaman akan memiliki pengetahuan detail akan industri yang pernah ditangani sebelumnya, meskipun secara general kemampuan konsultan juga perlu dipertimbangkan.

Sebaiknya tidaklah melihat gelar academik semata. Ibaratnya belajar berenang, sebenarnya yang dikatakan sudah “dapat” berenang itu adalah pemula yang sudah menceburkan dirinya di dalam air meskipun cara dan gaya berenangnya belum kelihatan baik. Berbeda dengan pemula yang belajar berenang melalui buku, belum tentu ketika diceburkan dikolam renang bisa survive seperti perenang pemula pertama yang sudah kecebur dan berusaha berenang-berenang sebisanya. Atau contoh yang paling baik adalah, silahkan dipilih sebaiknya kita ikut sebagai penumpang dengan pilot yang pernah menerbangkan pesawat dalam frekuensi tertentu. Atau kita ikut terbang bersama pilot yang merasa mampu terbang membaca dari buku. Silahkan pilih dan merenungkannya!

Nacecodes konsultan sangat dibutuhkan dan sebaiknya pengguna jasa mengetahui hal itu agar pemilihan terhadap konsultan yang membantu perjalanan usaha kita bisa sangat maksimal dalam membantu perkembangan dan pertumbuhan perusahaan. Berikut yang lebih detail :

  1. Sesuaikan anggaran yang kita miliki dengan tarif konsultan yang akan membantu kita. Sangat bijaksana tidak menawar jasa konsultan seperti menawar produk, sebab jasa konsultan sangat unlimited, dan juga tidak terlihat dalam jangka pendek. Selain itu konsultan telah menanamkan banyak investasi selama hidupnya, terutama di waktu dan pendidikan, meski pula investasi dipengalaman selama bekerja jarang diperhitungkan. Dengan menyampaikan anggaran, konsultan pasti akan membantu dalam metode deliver pengetahuan, bimbingan, pengarahan dan advice lainnya dengan metode yang sangat efektif disesuaikan dengan budget. Misalnya lewat email, bbm, vidio conference, Team Viewer, serta metode konsultasi lainnya. Budget yang cukup besar dan yang membuat pengguna jasa tidak mampu adalah metode yang diinginkan berkonsultasi dengan cara tatap muka (fice to fice), apalagi jarak kantor konsultan dengan klien dipisahkan oleh pulau.
  2. Sangat bijaksana apabila ruang lingkup pekerjaan untuk konsultan didiskusikan sehingga konsultan memahami kebutuhan pengguna jasa, dan dalam hal ini tentunya akan sangat membantu pengguna jasa  di dalam menetapkan anggaran.
  3. Apabila belum mengenal dengan baik konsultan yang akan kita mintai nasihat, sebaiknya mencari refrensi mengenai jasa konsultan tersebut. Tak jarang para konsultan menerbitkan buku, memiliki website, atau memiliki virtual office yang bisa dikunjungi. Dengan mendapatkan refrensi mengenai konsultan, pengguna jasa akan mengetahui gambaran profesionalitas konsultan yang akan membantu kita sebagai pengguna jasa.
  4. Mintalah konsultan untuk mempresentasikan metode atau cara kerja selama membantu kita sebagai pengguna jasa, serta lakukan usulan jika memang ada yang ingin di-sinergikan metode pekerjaan konsultan dalam membantu kita.
  5. Apabila dibutuhkan dan memang merupakan prasyarat sebagai pemberi jasa  yang harus berlegalitas, misalnya berkaitan dengan pajak jasa, serta lainnya, memang sebaiknya mencari konsultan yang memiliki legalitas lebih disarankan.
  6. Perhatikan pula korelasi antara harga dan service yang diberikan konsultan. Sebaiknya bijaksana tidak mencari harga murah saja tetapi tidak memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan tanggung jawab, profesionalitas konsultan, dan layanan yang diberikan. Sebab harga yang diberikan tentunya terkait pula dengan layanan maksimal yang diberikan oleh konsultan. Meskipun demikian tetap bernegosiasi masalah harga dan menunjukan ruang lingkup bisa membantu konsultan dalam memberikan harga.
  7. Tanyakan kepada konsultan apakah ada layanan purna jual sehingga setelah pekerjaan konsultan selesai, pihak pengguna jasa akan memperolah manfaat berkaitan dengan apa yang dilakukan konsultan, misalnya free audit beberapa kali untuk melakukan cek atas apa yang sudah dilakukan oleh konsultan.

Apabila terdapat kesulitan dan ingin mendapatkan informasi lanjutan mengenai hal ini, silahkan bapak/ibu menghubungi kami di 0818521172, atau email ke groedu@gmail.com.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s