CARA MENINGKATKAN PEMASUKAN BISNIS RITEL DAN E-COMMERCE DENGAN OPTIMALISASI SEKTOR LOGISTIK

Agar mampu bersaing dan sukses dalam industry ritel atau e-commerce banyak poin yang perlu Anda perhatikan salah satunya adalah pengiriman produk ke pelanggan. Anda perlu memastikan bahwa logistik Anda bisa dioptimalkan untuk memastikan pengiriman yang cepat, akurat, dan hemat biaya untuk membuat pelanggan Anda senang. Untuk mengoptimalkan logistik Anda, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Baca juga artikel : lima alasan mengapa anda perlu menerapkan manajemen logistik terbalik

1. Menggunakan Teknologi

Langkah pertama adalah menerapkan teknologi atau bermitra dengan perusahaan yang memiliki solusi efektif yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Memiliki teknologi yang bisa dioptimalkan untuk menjangkau semua titik sentuh operasi Anda adalah kunci untuk memiliki operasi logistik yang efisien yang berjalan secara efisien untuk membuat pelanggan Anda senang.

2. Penuhi Permintaan Pengiriman di Hari Yang Sama

Menurut penelitian yang dilakukan oleh McKinsey, 53% orang bersedia membayar lebih untuk pengiriman hari yang sama.

Dengan mengingat fakta tersebut, kasus untuk menyediakan pengiriman pada hari yang sama menjadi jelas.

Secara keseluruhan, Anda memiliki waktu sekitar 3-4 jam untuk mengirimkan pesanan pelanggan Anda untuk memastikan pengiriman yang sama dan tidak ada ruang untuk penundaan atau kesalahan.

Anda harus memiliki manajemen rantai pasokan yang efisien dan optimal dengan perangkat lunak perencanaan rute yang efisien untuk mengatur jalur pengiriman yang optimal. Sangat penting untuk bekerja dengan perusahaan yang bisa memastikan ada konektivitas tanpa batas dari semua aspek manajemen rantai pasokan Anda.

3. Raih Keunggulan di Pasar Kompetitif

Cara terbaik untuk mendapatkan keunggulan di pasar e-commerce yang kompetitif adalah dengan menawarkan harga terendah, yang mencakup pengiriman gratis. Namun, Anda tetap perlu menghasilkan uang, jadi ini semua dimulai dengan mengurangi pengeluaran Anda dan merampingkan proses logistik agar lebih efisien.

Bekerja sama dengan perusahaan logistik yang memiliki teknologi berbasis aplikasi akan membantu Anda memaksimalkan waktu, meminimalkan pengeluaran, dan menghasilkan pengiriman yang cepat sampai ke pelanggan Anda. Ini akan membantu Anda tetap kompetitif dan membangun loyalitas pelanggan.

4. Kembangkan Sistem Rantai Pasokan yang Hemat Biaya

Lihatlah manajemen rantai pasokan Anda yang ada dan lihat di mana Anda dapat mengoptimalkan atau mengotomatisasi untuk tidak hanya membuat rantai pasokan Anda lebih efisien, tetapi juga membuatnya lebih hemat biaya, sehingga Anda dapat memperoleh keunggulan kompetitif di pasar.

Baca juga : 6 tips digitalisasi bisnis berkembang di era pandemi covid

Dengan merampingkan strategi penyimpanan Anda, meningkatkan hubungan pemasok, menganalisis permintaan pelanggan, mengoptimalkan rute, dan banyak lagi, Anda dapat membantu meningkatkan laba Anda bahkan selama waktu yang lebih lambat ketika penurunan pendapatan mungkin terjadi secara musiman.

Lihatlah program logistik Anda yang ada dan ketahui di mana kekurangannya. Jika Anda memerlukan bantuan, Anda dapat menghubungi konsultan manajemen rantai pasokan, seperti kami untuk membantu mengidentifikasi kebutuhan Anda dan menerapkan program logistik yang dioptimalkan.

Demikian,semoga artikel ini bermanfaat,dan jika Anda membutuhkan informasi lebih periahal inventory dan logistic management., kami siap membantu Anda. Silahkan untuk hubungi klik DI SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s