5 CARA TERBUKTI BERHASIL MENINGKATKAN PENJUALAN E-COMMERCE

Pada tahun 2021, statistik untuk belanja online luar biasa.

Ruang e-commerce semakin berkembang dari hari ke hari dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Sebagai seorang pebisnis, pasti Anda tidak mau ketinggalan moment ini.

Karenanya Anda perlu mengembangkan strategi pemasaran e-commerce dan meningkatkan konversi untuk menumbuhkan penjualan online. Baik menggunakan pemasaran media sosial, pemasaran inbound, pemasaran konten, pemasaran influencer, atau optimasi SEO.

Dalam artikel ini, kita akan melihat enam cara agar Anda dapat meningkatkan penjualan e-commerce di tahun 2022 dan seterusnya.

Baca juga artikel : Apa itu search engine marketing & bagaimana cara kerjanya?

1) Berpenampilan Menarik

Pastinya pelanggan yang ingin membeli dari Anda adalah mereka merasa percaya dengan merek Anda. Kepercayaan ini dibangun dari waktu ke waktu.

Tampilan dan nuansa situs web Anda adalah pembangun kepercayaan yang besar. Situs yang menarik secara visual yang memiliki nuansa aspirasional adalah penting. Gambar dan teks Anda harus memberi kesan bahwa membeli produk Anda akan membuat hidup orang tersebut lebih baik.

Ketika datang ke produk, berikan beberapa gambar yang memamerkan produk atau layanan Anda. Dengan cara ini, konsumen dapat merasakan seperti apa produk itu di tangan mereka. Namun, ingat bahwa terlalu banyak foto atau navigasi yang buruk juga dapat membuat orang tidak mau membeli dari Anda.

Jika Anda memiliki banyak gambar, instal tayangan slide yang menyajikan setiap gambar satu per satu. Ini penting, terutama untuk seluler.

2) Jadikan Situs Anda Dapat Dicari

Meskipun mungkin jelas bagi Anda bagaimana Anda dapat menemukan segala sesuatu di situs Anda, itu tidak berarti itu mudah bagi orang lain. Mengoptimalkan SEO bukan hanya tentang mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik di situs Anda, tetapi juga meningkatkan tingkat konversi setelah mereka berkunjung.

Idealnya, situs Anda harus memiliki fungsi pencarian untuk membuat pencarian item tertentu dapat dicari. Semakin mudah untuk menavigasi dan menemukan informasi, semakin lama orang akan tinggal di situs.

3) Pastikan Checkout Mudah

Tidak ada yang menyukai antrean panjang dan proses checkout yang lamban. Bahkan, beberapa pelanggan mungkin meninggalkan keranjang online mereka jika membayar terlalu lama. Lakukan pembayaran dengan cepat dan mudah untuk memaksimalkan kebahagiaan pelanggan dan meningkatkan penjualan di masa mendatang.

Untuk pelanggan yang kembali, tawarkan opsi checkout sekali klik yang menyimpan nomor kartu kredit dalam database yang aman—tidak ada yang lebih mudah daripada membeli dengan satu klik sederhana. Lihatlah situs-situs seperti Amazon untuk kemudahan pembelian bagi pelanggan baru dan yang sudah ada.

Baca juga artikel : Solusi memaksimalkan email marketing untuk bisnis digital

4) Berhati-hatilah dengan Biaya Pengiriman

Beberapa pelanggan akan kecewa dengan biaya pengiriman tersembunyi hingga akhir transaksi. Mereka mungkin tidak menyadari berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengirimkan barang tersebut ke rumah mereka, dan ini dapat menjadi pemecah masalah bagi mereka.

Inilah sebabnya mengapa situs seperti Amazon dan eBay akan berbagi biaya pengiriman di muka. Ini memberi setiap orang indikasi yang jelas tentang berapa biayanya dan membantu mereka membeli dengan lancar.

5) Cantumkan Kebijakan Pengembalian Anda

Mirip dengan biaya pengiriman, Anda harus menjelaskan dengan jelas kebijakan pengembalian dan penukaran Anda. Dari waktu ke waktu, pelanggan akan berubah pikiran tentang suatu produk, jadi Anda harus memberi tahu mereka apa yang diharapkan di muka.

Sangat sering, proses pengembalian yang lancar akan membantu pelanggan untuk lebih mempercayai Anda dan ingin membeli lagi di masa mendatang.

6) Melayani Pelanggan Anda

Jika Anda ingin memastikan pelanggan kembali, pastikan untuk memenuhi pertanyaan dan kebutuhan mereka. Semakin banyak Anda menyajikan informasi yang tepat kepada calon pelanggan Anda, semakin besar peluang Anda untuk berkembang. Lacak perilaku pelanggan Anda dan bentuk pengalaman toko online Anda sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Tambahkan peluang upsell dan reselling yang serupa dengan retailer konvensional.

Baca juga artikel : 7 tips menyiapkan gudang e-commerce

Ini berarti memiliki FAQ dan deskripsi yang jelas dari setiap produk serta testimonial pelanggan jika memungkinkan.

Pikirkan perjalanan pelanggan sebanyak mungkin dan lihat di mana Anda dapat membantu mereka mendapatkan pengalaman yang lebih baik. Baik dengan mengurangi langkah-langkah pembelian, kualitas informasi yang lebih baik, atau proses pengiriman dan pengembalian yang lancar.

Semua peningkatan bertahap di area ini menambah pengalaman membeli yang lebih baik dan lebih banyak penjualan untuk pelanggan Anda.

Untuk meningkatkan brand anda dan membutuhkan konten-konten kreatif terkait dengan peningkatan merek anda, silahkan klik di SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s