5 MANFAAT MEMBANGUN DATABASE PELANGGAN

Pikirkan database pelanggan sebagai daftar kontak yang interaktif dan cerdas. Basis data Anda yang menyimpan informasi berharga tentang pelanggan Anda, seperti email, demografi, dan riwayat pembelian. Basis data memberikan visibilitas atas pelanggan yang membeli produk atau layanan Anda, sambil mendorong akuisisi, retensi, dan pengembangan basis pelanggan Anda. Adanya database ini, Anda akan dipermudah dalam membuat keputusan penjualan yang lebih tepat, karena pelanggan masa depan yang paling mungkin adalah mereka yang telah membeli dari Anda di masa lalu.

Mengapa harus membangun database pelanggan?

Seiring dengan meningkatnya frekuensi penjualan online, memaksimalkan lalu lintas online akan sangat penting untuk mendorong bisnis Anda maju. Dengan berfokus pada membangun basis data pelanggan, Anda akan mendapatkan wawasan berharga tentang pelanggan Anda untuk kemudian dimanfaatkan dalam keputusan penjualan. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa salah satu produk Anda sangat populer di kalangan kelompok usia 18-29 tahun. Anda kemudian dapat melihat untuk mempromosikan produk dengan tautan untuk membelinya di media sosial tempat konsumen yang lebih muda lebih cenderung mengunjunginya. Wawasan basis data akan memberi Anda rencana yang lebih jelas untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan kinerja bisnis Anda.

e-books tersedia

Database pelanggan juga memberikan kesempatan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan Anda. Anda dapat memberi tahu mereka tentang pembaruan produk, layanan baru, dan mengomunikasikan strategi Anda agar mereka tetap mendapat informasi. Ini juga menawarkan kesempatan untuk menunjukkan sisi manusiawi Anda, berinteraksi dengan pelanggan Anda dan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli. Komunikasi yang efektif dan jujur mengarah pada loyalitas dan afinitas merek — berhati-hatilah untuk tidak mengirim spam ke pelanggan Anda.

Mengetahui basis pelanggan Anda adalah komponen penting dari bisnis yang sukses. Database pelanggan adalah kumpulan informasi tentang semua pelanggan yang telah melakukan pembelian dari bisnis Anda. Ini adalah alat yang paling kuat yang Anda inginkan. Berikut adalah 5 manfaat teratas menggunakan basis data pelanggan Anda untuk upaya pemasaran Anda.

1. Membangun Afinitas Merek

Pelanggan saat ini ingin membeli dari bisnis yang mereka kenal dan sukai. Saat dipersenjatai dengan basis data pelanggan, Anda memiliki kemampuan untuk membangun afinitas merek dengan mengirimkan email pemasaran kepada orang-orang yang telah memilih untuk menerimanya. Menjangkau pelanggan dengan membagikan produk baru, penawaran khusus, atau berita perusahaan dapat membantu mereka merasa terhubung dengan bisnis Anda dan memelihara hubungan kepercayaan.

2. Mengembangkan Loyalitas Pelanggan

Basis data pelanggan memungkinkan bisnis Anda mengidentifikasi pelanggan yang paling setia dan menguntungkan. Anda dapat menargetkan dan memberikan perlakuan karpet merah kepada audiens yang tersegmentasi ini. Cara efektif untuk menjangkau pelanggan ini adalah melalui pemasaran email yang mempertimbangkan preferensi pelanggan. Ini melibatkan pelanggan, membangun loyalitas merek lebih lanjut, dan dapat menginspirasi mereka untuk membagikan merek Anda kepada teman dan keluarga. Belum lagi, mengirimkan diskon dan penawaran khusus kepada mereka adalah cara yang bagus untuk mendorong pembelian baru.

3. Memberikan Layanan Pelanggan yang Lebih Baik

Pelanggan yang bahagia sama dengan bisnis yang baik. Pemasaran basis data memungkinkan Anda mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan Anda. Memiliki informasi seperti perilaku pembelian, umpan balik dan ulasan pasca pembelian memungkinkan bisnis untuk mengambil pendekatan yang berpusat pada konsumen terhadap layanan pelanggan. Tetap up to date dengan keinginan basis pelanggan Anda memungkinkan wawasan yang diperlukan untuk mempersonalisasi komunikasi sehingga Anda dapat melayani mereka dengan lebih baik.

4. Menjadi Saluran Langsung ke Pelanggan

Salah satu manfaat utama dari database pelanggan adalah kumpulan pelanggan aktual yang telah membeli dari Anda di masa lalu. Manfaat utama dari memanfaatkan nama-nama ini adalah karena mereka adalah pelanggan terverifikasi, mereka sudah tertarik dengan produk atau layanan Anda. Keinginan untuk membeli dari bisnis Anda lebih tinggi daripada jika Anda mencari pelanggan baru.

5. Mempermudah Peluncuran Produk Baru

Meluncurkan produk baru ke segmen kecil audiens Anda adalah cara yang bagus untuk menguji air sebelum meluncurkannya dalam skala yang lebih luas. Anda dapat menargetkan audiens berdasarkan informasi dari database pelanggan Anda. Memilih sekelompok pelanggan Anda yang paling tepercaya dapat memungkinkan bisnis mengumpulkan umpan balik konstruktif yang dapat membantu meningkatkan versi produk yang lebih baru. Menjaga denyut nadi pada apa yang pelanggan pikirkan dan inginkan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan produk yang Anda tawarkan dan bagaimana Anda menawarkannya.

Semoga atikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila membutuhkan informasi lebih lanjut tentang artikel di atas dan membutuhkan pelatihan cara menghimpun data base dan tentang topik-topik penjualan. Silahkan anda klik DISINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s