CARA MEMBUAT PROGRAM INSENTIF PENJUALAN YANG BERFUNGSI SEBAGAI MOTIVASI TIM PENJUALAN

Kompensasi penjualan adalah tentang keseimbangan. Anda memerlukan insentif untuk memotivasi perwakilan dan mendorong perilaku penjualan yang tepat, tetapi Anda juga perlu merancangnya dengan cara yang pada akhirnya memungkinkan Anda mencapai target pendapatan dan pertumbuhan serta mendorong profitabilitas. Dan membuat perencanaan Anda dengan benar menjadi semakin penting sejak pandemi.
Gartner melaporkan bahwa hanya enam persen pemimpin yang yakin dengan kemampuan tim mereka untuk memenuhi atau melampaui sasaran pendapatan di masa mendatang. Ini menantang karena ada banyak bagian yang bersatu untuk membentuk rencana kompensasi insentif penjualan Anda, tetapi dengan alat dan proses yang tepat, Anda dapat memiliki keyakinan dan kendali yang lebih besar terhadap perencanaan kompensasi Anda.
Tidak ada program insentif penjualan satu ukuran untuk semua – inilah alasan mengapa ada begitu banyak sistem dan pendekatan yang berbeda. Tetapi ada program insentif penjualan yang tepat untuk organisasi Anda. Anda hanya perlu mencari tahu tentang itu.
Ketika Anda melihat hal-hal yang tepat ketika merancang rencana kompensasi insentif penjualan yang sukses, Anda lebih mungkin untuk menghargai perilaku penjualan yang tepat — dan yang lebih penting, tim penjualan Anda akan lebih mungkin mencapai kinerja penjualan yang Anda inginkan.
Apakah program insentif Anda saat ini tidak berfungsi atau Anda sedang mempertimbangkan untuk memotivasi tenaga penjualan Anda, berikut adalah lima tip untuk membantu Anda membuat program insentif penjualan yang efektif:

  1. Ketahui apa yang memotivasi karyawan Anda
    Memahami faktor-faktor yang memotivasi karyawan Anda adalah elemen kunci dalam meningkatkan kinerja. Pastikan program insentif Anda menghargai perilaku yang diinginkan dengan insentif yang paling diinginkan karyawan. Ingatlah bahwa Anda mungkin perlu menawarkan beberapa insentif untuk memotivasi setiap karyawan.
  2. Tetapkan kuota yang masuk akal
    Salah satu hal utama yang ingin diketahui perwakilan penjualan adalah kuota mereka. Menetapkan kuota yang masuk akal, yang tidak terlalu sulit atau mudah dicapai, akan membantu mereka tetap fokus dan termotivasi. Kuota terbaik memang menantang, tetapi juga dapat dicapai.
  3. Pilih metrik kompensasi yang tepat
    Metrik yang Anda pilih untuk menentukan kompensasi akan memengaruhi efektivitas program insentif Anda. Anda tahu apa yang paling penting bagi perusahaan Anda, jadi pilihlah metrik yang akan memiliki dampak terbesar pada laba Anda.
  4. Buat semuanya tetap sederhana
    Cobalah untuk tidak membuat program insentif yang terlalu rumit dengan berbagai formula dan faktor. Banyak program insentif gagal karena kerumitan pelaporan atau bagaimana imbalan dimenangkan.
  5. Berpikir di luar uang
    Ini tidak selalu tentang uang, meskipun banyak rencana insentif penjualan. Sebaliknya, fokuslah pada insentif yang mendorong perilaku yang diinginkan. Jika perlu Anda bisa melibatkan perwakilan Anda dan cari tahu apa yang penting bagi mereka selain kompensasi uang.

Lanskap penjualan telah berubah selama bertahun-tahun dan skema insentif penjualan telah berubah dengannya.
Proses penjualan modern lebih kompleks daripada sebelumnya, dan perwakilan perlu diberi insentif dengan cara baru untuk membuat mereka tetap termotivasi. Yang terpenting, tim penjualan Anda perlu merasa dihargai dan diberi kompensasi yang adil. Sistem komisi atau penghargaan harus terasa seperti bonus yang memang layak.
Insentif penjualan harus mendorong self-drive dan disiplin serta kerja tim dan kolaborasi. Program insentif Anda harus transparan dan dilaksanakan dengan cara yang membangkitkan semangat.
Sejajarkan program insentif penjualan Anda dengan tujuan perusahaan dan struktur organisasi Anda. Selalu ingat tujuan skema Anda: untuk memotivasi dan menghargai perwakilan Anda karena mencapai tujuan individu dan tim, yang mendorong kesuksesan bisnis dan mempromosikan kebanggaan tim.
Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut tentang topik diatas atau membutuhkan bimbingan dalam membuat insentif, training penjualan, penyusunan KPI sales force, serta lainnya silahkan hubungi kami di link ini: KLIK DI SINI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s