6 LANGKAH DISTRIBUTOR UNTUK MEMBANGUN DI ECOMMERCE YANG SUKSES

Saat ini, kenyataannya adalah lebih sedikit orang yang ingin menelepon ke distributor tetapi lebih memilih kenyamanan berbelanja online seperti yang mereka lakukan untuk barang-barang konsumen di marketplace. Jika Anda tahu apa yang Anda inginkan, mengapa Anda tidak ingin dapat dengan mudah masuk dan memesan ulang atau dengan cepat menemukan item dan membelinya secara online dibandingkan menelepon seseorang dan melalui proses manual yang memakan waktu lebih lama?

B2B eCommerce jauh lebih kompleks sehingga pergeseran ini terjadi lebih lambat tetapi akan terjadi. Saya memperkirakan pada tahun mendtang Anda akan melihat perubahan yang sama terjadi di ritel di mana perusahaan yang tidak sepenuhnya menyukai eCommerce akan tertinggal.

Saya pikir sebagian besar perusahaan menyadari pentingnya tetapi tidak tahu harus mulai dari mana atau bagaimana menjalankannya. Sebagai seseorang yang telah bekerja dengan banyak distributor, berikut adalah tips saya untuk sukses dalam distribusi eCommerce yang akan membantu Anda melakukannya dengan benar.

1. Pilih Platform yang Tepat

Saya melihat begitu banyak distributor di platform yang belum pernah saya dengar atau hanya tidak menyelesaikannya. Ada banyak platform yang bisa Anda bangun dan jalankan dengan biaya rendah, tetapi tidak banyak dari mereka yang akan meningkat seiring pertumbuhan Anda. Anda memerlukan platform yang dapat Anda skalakan dan kembangkan dengan yang tidak perlu diganti dalam beberapa tahun. Ini biasanya berarti platform memiliki fungsionalitas inti yang kuat tetapi juga dapat diperluas dan ditingkatkan dengan mudah.

2. Integrasikan Ketat Dengan ERP Anda

Distributor sangat meremehkan betapa kompleksnya integrasi ERP untuk eCommerce. Sayangnya, hampir tidak ada platform eCommerce arus utama yang baik yang disediakan oleh sistem ERP sehingga kemungkinan Anda harus berintegrasi. Dan yang perlu Anda pertimbangkan untuk integrase adalah:

  • Pelanggan
  • Pesanan
  • Pembaruan Pengiriman
  • Inventaris
  • Harga
  • Produk
  • Pengiriman

Semua area ini dapat memiliki kompleksitas yang sangat besar dalam hal integrasi, jadi cobalah dan selami bagaimana titik data ini akan bolak-balik di antara kedua sistem. Jangan meremehkan ini dan sadari bahwa sebagian besar produk integrasi tidak akan disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Anda mungkin harus hidup dengan apa yang mereka tawarkan atau mengeluarkan lebih banyak uang untuk integrasi kustom yang mahal.

3. Harga Pelanggan

Pelanggan mengharapkan harga yang bagus untuk distribusi jika tidak, mereka hanya akan membeli di marketplace. Ini biasanya berarti sebagian besar distributor memiliki aturan penetapan harga yang sangat kompleks dalam sistem ERP mereka yang mungkin benar-benar unik untuk setiap pelanggan. Mengintegrasikan harga ini ke dalam sistem eCommerce Anda sangat penting untuk menawarkan harga yang kompetitif di situs web Anda. Jika harga tidak akurat atau kompetitif, pelanggan Anda tidak akan menggunakan situs web, sehingga tidak berguna bagi pelanggan Anda.

4. Optimalkan Pengiriman & Pemenuhan

Pengiriman sering menjadi salah satu kendala terbesar dalam distribusi karena pelanggan memesan pengiriman besar yang tidak mudah untuk memperkirakan biaya pengiriman. Memastikan bahwa biaya pengiriman dioptimalkan di situs web Anda sangat penting bagi pelanggan yang check out. Tidak ada yang ingin membayar lebih untuk pengiriman, jadi pastikan harga Anda akurat dan menunjukkan biaya yang wajar. Terakhir, Anda mungkin memiliki banyak gudang. Mungkin Anda perlu memikirkan pengoptimalan gudang dalam proses pemenuhan dan bagaimana pesanan dikirim berdasarkan tujuan mereka. Ini dapat dilakukan melalui integrasi ERP atau aspek lain dari proyek yang memastikan produk yang dikirim keluar dioptimalkan berdasarkan gudang dan tujuan.

5. Dapatkan Data Produk yang Kuat

Banyak situs distributor memiliki gambaran dasar, SKU, harga, dan beberapa detail dasar. Pelanggan mengharapkan data produk yang kuat sehingga mereka dapat menyortir dan memfilter ke produk yang mereka inginkan serta melihat semua data tentang produk sebelum mereka membuat keputusan pembelian. Setelah Anda memiliki data produk, saya sangat menyarankan untuk memastikan halaman produk Anda dirancang untuk merangkum semua data yang kaya ini. Anda mungkin juga harus berkreasi dengan jenis dan inventaris produk yang kompleks. Memastikan ketersediaan data produk akurat dan juga memiliki semua opsi yang diinginkan pelanggan adalah kuncinya.

6. Memaksimalkan Penelusuran Produk

Penelusuran sangat penting untuk memungkinkan pelanggan menemukan data produk Anda dengan mudah. Tidak lagi cukup menggunakan pencarian eCommerce default. Anda juga perlu mengonfigurasi sesuatu seperti pencarian Elastis atau menggunakan pihak ketiga lain. Memastikan fitur pencarian diatur sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk Anda adalah kunci keberhasilan, dan menemukan alat yang tepat untuk pekerjaan itu adalah dasar untuk melakukannya dengan benar. Dari sana Anda dapat terus mengonfigurasi dan meningkatkan alat pencarian tersebut.

Melakukan penjualan Omni channel tidak menutup kemungkinan akan dilakukan oleh Distributor, oleh sebab itu e-commerce sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu apabila pembaca membutuhkan pendampingan dalam dalam penangan secara online, Sales hybrid dan yang terkait digital silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendukung anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s