8 TIPS MEMPERTAHANKAN KARYAWAN DENGAN TALENTA TERBAIK

Mengganti karyawan itu mahal. Terlepas dari ukuran bisnisnya, studi industri menunjukkan total biaya kehilangan seorang karyawan dapat berkisar antara 1,5-2X gaji tahunan karyawan. Itulah mengapa Anda membutuhkan strategi retensi karyawan yang solid. Dan meskipun mungkin tidak ada solusi yang tepat untuk melawan pergantian karyawan, kami telah menyusun daftar beberapa strategi retensi karyawan yang pasti akan membantu Anda.

  1. Cari tahu mengapa orang-orang pergi
    Jika menyangkut retensi, detailnya penting. Apakah lebih dari satu karyawan berhenti karena mereka tidak diperlakukan dengan adil? Apakah mayoritas dari mereka yang pergi adalah yang berkinerja rendah? Jenis informasi ini dapat diperoleh melalui wawancara dan percakapan jujur dengan karyawan saat ini.
    Survei keterlibatan memungkinkan perusahaan untuk mengukur sentimen karyawan dan mendahului turnover dengan memperhatikan tanda-tanda peringatannya. Satu peringatan? Jika Anda ingin meminta umpan balik, Anda harus menindaklanjutinya.
  2. Ikat pekerjaan karyawan dengan inisiatif perusahaan yang lebih besar
    Dengan 93% karyawan tidak dapat mengikat pekerjaan sehari-hari mereka dengan tujuan organisasi, tidak mengherankan jika pelepasan dan pergantian karyawan sedang meningkat.
    Ketika karyawan tidak dapat melihat dampaknya pada bisnis, itu mengurangi makna, dan produktivitas, antara lain. Untuk menghubungkan kembali karyawan dengan tujuan mereka, cobalah membayangkan kembali proses penetapan tujuan Anda.
  3. Pastikan manajer memberikan umpan balik yang positif
    Bahkan manajer terbaik pun lupa mengungkapkan apa yang dilakukan bawahan langsung mereka dengan baik. Tindakan sederhana ini meningkatkan kepercayaan karyawan dan membangun kepercayaan yang dibutuhkan ketika umpan balik yang konstruktif diperlukan. Untuk meningkatkan keterlibatan yang didorong pengakuan, coba tingkatkan program pengakuan dan penghargaan Anda. Berinvestasi pada alat seperti perangkat lunak pengenalan karyawan dapat membantu menumbuhkan budaya umpan balik positif waktu nyata di mana karyawan merasa dihargai atas kemenangan besar maupun kecil.
  4. Komunikasikan visi bersama
    Orang merasa terlibat, dihargai, dan setia saat mereka tahu. Sebisa mungkin, izinkan karyawan dari semua tingkatan di perusahaan Anda untuk mengetahui kemana tujuan Anda, dan bagaimana Anda akan sampai di sana.
  5. Lakukan analisis kompensasi secara teratur
    Gaji bukanlah dalam daftar prioritas utama kandidat pekerjaan, tetapi kami berbohong jika kami mengatakan itu tidak penting. Untuk mempertahankan karyawan yang berkualitas, rencana kompensasi tidak hanya harus adil, tetapi juga kompetitif. Jika Anda belum melakukan analisis kompensasi tahunan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai.
  6. Menawarkan kesempatan belajar dan pengembangan
    Akses ke peluang pertumbuhan adalah alasan yang tumbuh paling cepat orang meninggalkan pekerjaan. Tapi jangan khawatir, jika Anda tidak dapat menawarkan promosi, banyak karyawan menganggap gerakan lateral sama berharganya dengan kenaikan. Ketika diberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan baru, karyawan yang berkualitas memanfaatkan peluang tersebut.
  7. Tetap mengikuti tren
    Ada faktor lingkungan yang berperan yang sama sekali tidak dapat kita kendalikan, dan sayangnya, faktor tersebut memengaruhi retensi kita. Untuk menjalankan strategi retensi karyawan yang sukses, penting untuk menyadari cara dunia kerja berubah, dan menyesuaikannya.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut terkait artikel diatas atau hal terkait Sumber daya manusia, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s