APA SAJA YANG PERLU DISIAPKAN UNTUK MEMENANGKAN TANTANGAN DALAM MANAJEMEN MODERN

Sumber daya setiap organisasi antara lain meliputi fisik, finansial, waktu, informasi, serta manusia.
Tidak dapat disangkal fakta bahwa manajer modern menghadapi tantangan besar dalam upaya mereka untuk mencapai tujuan organisasi.
Tantangan-tantangan ini bervariasi dan kompleks. Akibatnya, penting untuk mengidentifikasi tantangan sehingga memungkinkan manajer dan kepala eksekutif memahami seni dan sains yang mendasari praktik manajerial, terutama yang berkaitan dengan mengelola tantangan.
Lingkungan bisnis itu dinamis. Dinamika dilihat dari kaitannya dengan permintaan pasar; teknologi, produktivitas, tanggung jawab sosial, penggunaan sistem komunikasi yang modern dan efisien, penggunaan fasilitas di luar organisasi, pengelolaan sumber daya manusia, dan sebagainya.
Dalam proses pemeriksaan dan peninjauan tujuan, manajer akan mengidentifikasi faktor-faktor pembatas untuk mencapai tujuan yang ditetapkan organisasi sebagai berikut.

Manajemen Sumber Daya Manusia
Sumber daya setiap organisasi antara lain meliputi fisik, keuangan, waktu, informasi, serta manusia. Namun, di antara semua sumber daya tersebut, unsur manusia adalah yang paling penting. Ini adalah satu-satunya sumber daya yang beranimasi. Itulah alasan mengapa yang paling kritis dan tantangan dari manajer modern adalah masalah manusia. Seringkali, tantangan sumber daya manusia digambarkan sebagai hal yang memalukan dan sulit diselesaikan.
Ada banyak masalah organisasi yang bisa dikaitkan dengan manusia. Ini termasuk konflik kepribadian, yang bermanifestasi dalam pertengkaran dan pertengkaran serius, masalah emosional dan perilaku. Masalah manusia lainnya yang dapat dimanifestasikan dengan cara lain termasuk perubahan mendadak dari kooperatif dan keramahan menjadi antagonisme yang tidak dapat dijelaskan, permusuhan dan ketergantungan pada alkohol dan obat-obatan untuk mengatasi tantangan biasa dari pekerjaan dan kehidupan. Masalah-masalah ini mempengaruhi pengalaman dan efektivitas kerja seseorang dan menghabiskan sebagian besar waktu manajer.

Perkembangan teknologi
Salah satu tantangan yang dihadapi sumber daya manusia adalah perkembangan teknologi. Teknologi adalah penerapan prinsip-prinsip ilmiah untuk masalah-masalah industri sedangkan perbaikan mesin, metode, material, manajemen dan sebagainya yang dihasilkan darinya dianggap sebagai kemajuan teknologi.
Dengan demikian, tantangan teknologi muncul ketika manajer tidak dapat mengatasi beberapa inovasi teknologi yang meningkatkan cara melakukan penipisan dalam lingkungan bisnis. Terkait teknologi tetapi yang paling menantang adalah penggunaan sistem komunikasi modern. Penggunaan sistem komunikasi modern merupakan salah satu tantangan utama yang dihadapi para manajer saat ini. Meskipun sistem telekomunikasi telah membaik di beberapa negara, tampaknya masih terdapat masalah. Manajer harus menemukan cara untuk memecahkan masalah komunikasi mereka agar dapat mencapai tujuan organisasi mereka secara efisien dan efektif.

Hubungan dan Layanan Pelanggan
Pelanggan adalah inti dari keberadaan perusahaan mana pun. Orang yang dibayar untuk memberikan layanan selalu memberikan kesan bahwa mereka melakukan kebaikan kepada pembeli layanan itu dengan melayaninya. Baik itu manajer, pegawai negeri, pegawai bank, asisten toko, sikapnya sama. Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menyerap budaya tanggap sosial di antara para pemimpin dan manajer bisnis.

Merancang Lingkungan Kreatif
Masih bermasalah dan menantang bagi manajer modern untuk merancang dan memelihara lingkungan untuk kreativitas dan inovasi. Tantangan ini diinduksi secara internal dan eksternal. Dalam analisis eksternal, di beberapa negara berkembang tampaknya pemerintah tidak tertarik pada pengurangan pengangguran tetapi tidak pada penciptaan lapangan kerja. Jadi bagi para manajer modern yang bergulat dengan masalah infrastruktur yang tidak memadai, ketidakpekaan pemerintah dalam hal menciptakan lingkungan yang ramah investasi membuka tantangan lain lagi.
Secara internal, mungkin, di banyak perusahaan terdapat terlalu banyak kesesuaian, terlalu banyak kebersamaan dan terlalu sedikit tanggung jawab dan kesempatan individu. Namun, tidak akan pernah bisa dilupakan bahwa semua kegiatan kelompok dalam bentuk apapun membutuhkan kesesuaian terhadap pencapaian tujuan kelompok. Tetapi ini tidak berarti bahwa manajer yang cerdas tidak dapat merancang peran untuk inovasi dan imajinasi di tempat yang diinginkan, sambil tetap mempertahankan kesesuaian yang diperlukan untuk membuat kerja sama kelompok efektif. Ini tidak mudah tetapi mungkin / terutama bagi manajer yang memperhatikan tugas dasar mereka dalam merancang kreativitas dan kinerja.

Tanggung jawab sosial
Salah satu tantangan yang dihadapi banyak manajer saat ini adalah pemenuhan tanggung jawab sosial bisnis. Hal ini lebih mendesak daripada sebelumnya karena mengabaikan masyarakat tempat banyak perusahaan beroperasi. Tanggung jawab sosial agak menuntut bahwa bisnis menyediakan, perumahan, transportasi, fasilitas kesehatan, pembangunan sekolah, pemberian beasiswa, sumbangan daerah bencana, promosi estetika, penyediaan program yang memperkaya dan menghibur budaya di televisi dan sejenisnya. Pasokan produk berkualitas tinggi ke pasar pun tidak dapat diabaikan dalam bidang tanggung jawab sosial bisnis.

Pertahankan Fleksibilitas untuk Memenuhi Perubahan
Tantangan utama lainnya yang dihadapi manajer modern adalah menjaga fleksibilitas. Manajemen yang efektif adalah manajemen yang fleksibel. Manajer yang efektif tidak hanya harus mampu mengenali kebutuhan akan perubahan tetapi juga memiliki waktu untuk memenuhinya. mereka perlu merancang metode untuk memperoleh perubahan organisasi di berbagai bidang seperti prosedur dan kebijakan yang tidak produktif, pola organisasi yang sudah usang, dan kecenderungan manusia normal untuk menolak perubahan.

Kebijakan pemerintah
Kebijakan pemerintah yang tidak konsisten menciptakan lingkungan yang tidak stabil untuk setiap manajer. Banyak kebijakan sektoral dibuat dengan mengacu pada pengoperasian sektor tersebut. Sesekali perwakilan sektor berteriak meminta pemerintah membatalkan kebijakan tertentu. Dalam banyak kasus, ketidakkonsistenan tersebut telah menyebabkan pemogokan nasional. Ini mendistorsi perencanaan perspektif serta mengalihkan fokus peramalan manajer.

Dengan kondisi persaingan saat ini yang diatur oleh globalisasi dan pembebasan, bisnis perlu menginvestasikan lebih banyak upaya di bidang sumber daya manusia dan teknologi yang berkualitas jika mereka ingin mencapai tujuan dan sasaran mereka serta memenuhi kebutuhan publik yang juga berlipat ganda.
Semoga artikel ini memberikan manfaat pada pembaca, apabila pembaca membutuhkan pendampingan dalam merapikan manajemen di bisnis perusahaan anda, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s