APA ITU PANGSA PASAR & BAGAIMANA ANDA MENGHITUNGNYA?

Sebagai pemasar, penting untuk memahami pangsa pasar sehingga Anda tahu bagaimana peringkat perusahaan Anda terhadap pesaing dan dapat mengembangkan strategi pemasaran baru untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Apa itu Pangsa Pasar?
Pangsa pasar adalah persentase penjualan industri yang dimiliki perusahaan tertentu. Dengan kata lain, ini adalah total penjualan perusahaan dalam kaitannya dengan industri. Biasanya, ini dihitung selama periode waktu tertentu, membaginya menjadi penjualan tahunan atau kuartalan, dan dipisahkan oleh tingkat nasional dan regional. Pangsa pasar memberi perusahaan gambaran tentang pendapatannya dibandingkan dengan keseluruhan industri dan pesaingnya.

Bagaimana Menghitung Pangsa Pasar
Menghitung pangsa pasar adalah proses yang sederhana. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu total pendapatan penjualan perusahaan Anda dalam periode waktu tertentu dan kemudian mencari tahu total pendapatan penjualan pasar untuk periode waktu yang sama. Kemudian, bagi mereka untuk mengetahui persentase pangsa pasar. Jadi, (Pendapatan Perusahaan dari Periode Waktu X / Pendapatan Industri dari Periode Waktu X). Setelah Anda menghitung pangsa pasar Anda, Anda dapat mulai menyusun strategi bagaimana meningkatkan pendapatan Anda secara keseluruhan. Di bawah ini adalah beberapa strategi yang dapat digunakan perusahaan Anda untuk memperluas pangsa pasar Anda:

  1. Menurunkan harga.
    Cara terbaik untuk bersaing dalam industri Anda adalah dengan menawarkan harga rendah. Ini adalah buah gantung rendah dari memperluas pangsa pasar Anda karena konsumen biasanya mencari produk dengan biaya lebih rendah. Namun, penting juga untuk diperhatikan bahwa opsi “murah” bukanlah langkah yang tepat untuk setiap merek.
  2. Inovasi produk dan fitur baru.
    Perusahaan yang berinovasi dan menghadirkan teknologi baru, sering kali meningkatkan pangsa pasar mereka. Setelah perusahaan tersebut mendapatkan pelanggan baru, mereka dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan membangun hubungan dengan konsumen mereka.
  3. Menarik demografi baru.
    Tim pemasaran Anda harus memasarkan kampanye peluncuran produk dan fitur baru yang Anda perkenalkan. Selain itu, tim pemasaran perlu mencari cara untuk menjangkau bagian pasar yang lebih besar. Itu mungkin berarti menjalankan promosi, diskon, atau penjualan untuk menarik pelanggan baru.
  4. Buat pelanggan Anda senang.
    Salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan pangsa pasar Anda adalah dengan bekerja pada hubungan pelanggan Anda, sehingga Anda dapat mempertahankan pelanggan saat ini. Menariknya, salah satu strategi pemasaran teratas adalah menyenangkan pelanggan saat ini, sehingga Anda dapat menarik pelanggan baru.
  5. Kesadaran merek.
    Kesadaran branding dan pemasaran nasional memainkan peran besar dalam menangkap pangsa pasar. Penting untuk mencantumkan nama Anda agar pelanggan tahu siapa Anda. Menjadi nama rumah tangga dan merek yang disukai dalam suatu industri akan membantu meningkatkan pangsa pasar Anda. Umumnya, perusahaan besar memiliki pangsa pasar tertinggi karena mereka dapat menyediakan produk dan layanan dengan lebih efisien dan efektif. Tapi, mengapa ini begitu penting? Di bawah ini, mari kita cari tahu apa dampak pangsa pasar terhadap perusahaan Anda.

Mengapa Pangsa Pasar Penting?
Menghitung pangsa pasar memungkinkan perusahaan mengetahui seberapa kompetitif mereka dalam industri mereka. Selain itu, semakin banyak pangsa pasar yang dimiliki perusahaan, biasanya semakin inovatif, menarik, dan dapat dipasarkan. Pangsa pasar lebih penting dalam industri yang didasarkan pada pendapatan diskresioner. Di industri yang terus berkembang, pangsa pasar tidak selalu berdampak besar. Namun, penting untuk diingat bahwa perusahaan dapat memiliki terlalu banyak pangsa pasar, juga dikenal sebagai monopoli.
Misalnya, dengan industri yang berkembang yang memiliki pangsa pasar yang terus bertambah, perusahaan masih dapat meningkatkan penjualannya meskipun mereka kehilangan pangsa pasar.
Di sisi lain, dengan industri pendapatan bebas, seperti perjalanan atau barang non-esensial seperti hiburan dan rekreasi, ekonomi dapat berdampak besar pada pangsa pasar. Penjualan dan margin dapat bervariasi tergantung pada waktu tahun, yang berarti persaingan selalu tinggi.
Persaingan yang tinggi seringkali mengarah pada strategi yang berisiko. Misalnya, perusahaan mungkin bersedia kehilangan uang sementara untuk memaksa pesaing keluar dari industri dan mendapatkan lebih banyak pangsa pasar. Begitu mereka memiliki lebih banyak pangsa pasar, mereka dapat menaikkan harga.
Namun, seperti yang saya sebutkan di atas, mungkin saja memiliki terlalu banyak pangsa pasar. Undang-undang antitrust pemerintah mencegah bisnis menjadi terlalu besar. Apakah perusahaan Anda baru saja memulai atau sudah mapan, penting untuk memahami pangsa pasar dan bagaimana hal itu memengaruhi taktik pemasaran Anda.
Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca. Apabila pembaca membutuhkan pembangunan Tim pemasaran, baik yang offline maupun online, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s