BAGAIMANA CARA REKRUT TIM DIGITAL MARKETING YANG EFEKTIF

Pada era digital ini, perusahaan mau tidak mau harus cepat beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang baru, apalagi seperti sekarang ini. Pada saat semua orang bekerja dari rumah (WFH), maka mau tidak mau mesti mengikuti perkembangan bisnis dengan memanfaatkan hal-hal yang terkait digital, agar perusahaan berkesinambungan. Ada 3 cara dalam membangun Tim Digital marketing anatara lain dengan menggunakan free lancer, atau menggunakan Digital agency dan menggunakan internal Digital marketing. Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa dijalankan oleh pebisnis untuk membangun tim digital marketingnya.

Dengarkan/tonton juga : pod cast Rekrut Tim Marketing Digital yang efektif

Sekarang konsumen telah memiliki banyak pilihan dalam membeli produk yang dibutuhkan. Nah, ini mesti kita ketahui agar perusahaan yang sudah dibangun mulai dari nol, atau bahkan yang sudah berdiri puluhan tahun oleh generasi sebelumnya, bisa tetap survive dan keberadaannya masih diketahui oleh konsumen.
Ada dua cara dalam memasarkan produk perusahaan, pertama bisa menggunakan cara offline yaitu cara Lama, seperti menggunakan tenaga Salesman, SPG atau penjual freelancer lainnya.
Namun kini, dengan berkembangan digital, dan adanya perubahan perilaku konsumen dalam membeli barang, yang mulai bergeser secara on line, maka dibutuhkan tenaga marketing yang bisa menjalankan dengan metode Digitalisasi.
Hanya persoalannya, bagaimana cara kita bisa memasarkan produk perusahaan secara on line, tentunya dibutuhkan pengetahuan dan skill yang cukup baik.
Ada tiga cara dalam membangun Tim Digital perusahaan anda, pertama adalah dengan bekerja sama dengan Freelancer. Apabila kondisi di perusahaan anda :
1. Memiliki anggaran yang terbatas
2. Merek produk anda baru saja di-launching
3. Anda hanya menginginkan peran Digital marketing untuk media tertentu, misalnya hanya Face Books dan Istagram
4. Anda memiliki proyek skala kecil, dan Anda tidak bisa mengelolanya sendiri.

Cara Kedua dalam membagun Tim Digital marketing, bisa menggunakan Agency profesional, yang tentunya apabila perusahaan di anda
1. Memiliki tim marketing internal, tetapi tidak memiliki pengalaman social media marketing tertentu.
2. Anda siap untuk berinvestasi untuk menumbuhkan brand digital yang kuat.
3. Anda mengharapkan ROI pada setiap platform, dan Anda perlu mengukurnya dengan cepat serta tepat.

Cara Ketiga dalam membangun Tim Digital marketing “menggunakan Tim sendiri” Dimana anda mempekerjakan karyawan internal. Karyawan Internal memang jauh lebih aman bagi perusahaan anda dibanding pilihan 2 sebelumnya.
Serta Karyawan internal dapat menjadi pilihan yang baik untuk Anda jika:
1. Brand Anda special dan sulit untuk ditiru
2. Industri Anda mulai me-lambat dan membutuhkan banyak pengetahuan serta perhatian.
3. Bisnis Owner perusahaan mengingingkan team khusus
4. Marketing Dianggap kompetensi utama perusahaan Anda
5. Anda ingin membangun aset dalam perusahaan

Beberapa tips dan langkah-langkah dalam membangun tim Digital marketing.
Tentukan anggaran terlebih dahulu untuk kebutuhan SDM
Cek terlebih dahulu kondisi perusahaan anda, apakah anggaran sama jika membayar kepada seorang freelancer? Jika iya maka tetapkan anggaran untuk mendapatkan seorang Digital marketing yang anggarannya sama dengan freelancer. Artinya anda akan melakukan rekrut seorang Digital marketing yang bisa berbagai hal atau multi tasking. Seperti bisa mendesain, membuat konten, bisa melakukan editing video dan sekaligus sebagai pelaku yang mengup-load semua hal terkait konten. Jika anda mendapatkan SDM yang seperti ini, anda tentunya pasti beruntung. Karena tidak mudah mendapatkan seorang yang berperan sebagai digital marketing yang multi tasking.

Tentukan Media-media yang digunakan dalam kegiatan Digital marketing anda
Apakah anda bermain di banyak media digital atau bermain di media terbatas, misalnya hanya menggunakan : website, Istagram, Face books dan You tube. Semakin banyak Media yang digunakan semakin banyak tenaga kerja yang akan direkrut.

Buat Strutur Organisasi & Job description Tim Digital Marketing
Tujuannya agar Tim Marketing ada yang mengelola. Mininal seorang leader atau supervisor Digital marketing. Buat Job des masing-masing karyawan terkait Digital marketing agar pekerjaan masing-masing jelas. Siapkan laporan-laporan yang dibutuhkan untuk Tim marketing, mulai laporan terkait perencanaan, terkait implementasi dan yang terkait dengan output yang sudah dilakukan Tim Digital marketing.

Rencanakan rekrut Tim Digital marketing sesuai anggaran dan jumlah karyawan yang disepakati.
Apabila anda menghendaki karyawan adalah spesialis, maka anda akan rekrut Tim Digital markting yang Khusus sebagai desainer, sebagai penulis konten, sebagai editor video dan audio, serta sebagai uploader. Sedangkan jika anda menginginkan Tim Digital anda generalis, maka anda bisa mencari karyawan bisa berbagai keahlian. Misalnya bisa desain dan juga bisa edit video maupun upload. Atau bisa desain dan bisa juga menulis konten. Mencari Tim Digital Marketing yang Generalis memang tidak mudah, selain itu semakin generalis kemampuan mereka, tentunya ada kelemahannya.
Untuk memaduhkannya pilih mereka yang generalis, setelah itu mengevaluasinya. Jika ada yang bagus di desain, maka tetapkan ia sebagai desainer, atau bagus diediting video dan audio, maka pilihlah sebagai spesialis diediting video dan audio. Jadi pilih karyawan sehemat mungkin, jika memungkinkan dibuat Fungsi Rangkap.

Dukung Tim Digital Marketing agar kegiatan Digital marketing membawa hasil
Hal ini penting untuk tidak dilewatkan, sebab seringkali anda sibuk dengan perencanaan dan kegiatan Digital marketing, tetapi lupa akan output sebenarnya. Maka siapkan sales support di perusahaan untuk menjadi bagian yang menerima dan memprospek customer-customer yang telah menghubungi perusahaan untuk melakukan transaksi penjualan.
Hubungkan sales support ke admin penjualan agar order-oder yang ada, akibat program promosi yang dilakukan Digital Marketing ditindaklanjuti. Serta Menjadi TRANSAKSI PENJUALAN.
Demikian artikel mengenai bagaimana merekrut Tim Digital marketing yang mumpuni agar perusahaan berhasil dalam penjualannya. Apabila pembaca membutuhkan bantuan dalam membangun Tim digital, mulai konsep dan merekrut tenaga penjualannya, silahkan hubungi kami di whats up : http://wa.me/6281252982900. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s