AKTIVITAS FRAUDING YANG UMUM TERJADI DALAM BISNIS

Penipuan atau kecurangan merupakan satu faktor dalam bisnis yang sangat merugikan. Hal ini sangat rentan terjadi pada bisnis skala kecil yang masih belum memiliki berbagai sumber daya pendukung. Sebagai permulaan, mereka sering kekurangan sumber daya untuk melaksanakan pemeriksaan dan keseimbangan internal untuk sistem akuntansi mereka. Sebagai pemilik usaha kecil yang mulai terlihat membuahkan hasil positif harus menjaga tingkat pengawasan penting yang tinggi atas urusan keuangan mereka. Mereka harus melengkapi diri mereka untuk mengidentifikasi dan bertindak berdasarkan lima praktik penipuan atau kecurangan.

Kecurangan Dalam Gaji
Penipuan penggajian terjadi di 27 persen dari semua bisnis dan dua kali lebih sering di bisnis kecil (kurang dari 100 karyawan) daripada yang lebih besar. Pemilik harus mendapatkan pengetahuan tentang sistem penggajian dan menegakkan akuntabilitas di antara para pemegang buku dalam laporan bulanan mereka. Karena kompleksitas penggajian meningkat secara signifikan seiring pertumbuhan perusahaan, terutama jika terdapat waktu lembur, pemilik harus mempertahankan pengawasan yang konsisten.

Pencurian Uang Tunai
Uang tunai memiliki kerentanan yang tinggi untuk menghilang dalam bisnis kecil. Baik melalui skimming (ketika seorang karyawan mengambil uang tunai yang belum dilaporkan ke dalam sistem akuntansi), pencurian (ketika seorang karyawan mengambil uang tunai yang telah dilaporkan) atau pencairan penipuan (ketika seorang karyawan mengeluarkan dana yang belum diotorisasi oleh pemilik), pencurian uang tunai menciptakan dampak kumulatif negatif pada garis bawah. Dari awal mendirikan bisnis, pemilik membutuhkan proses pemantauan kas yang efisien, baik untuk proses keuangan yang efektif dan juga untuk menjaga pengawasan penting uang tunai dalam bisnis.

Perbankan Online
Baik itu M-Banking atau Internet Banking, meningkatnya popularitas perbankan online juga meningkatkan kemungkinan bahwa dana dapat ditransfer ke rekening yang salah. Pemilik harus menjadwalkan pertemuan rutin dengan tim akun untuk memantau semua uang yang ditransfer. Cybercrime tidak pernah lebih canggih, dan pemilik usaha kecil perlu mempersenjatai diri mereka dengan informasi terbaru tentang ancaman untuk menanggapi sesuai dengan lembaga keuangan terkait mereka.

Faktur Palsu
Pemilik bisnis harus memiliki pengawasan dasar atas setiap vendor dalam bisnisnya karena faktur palsu adalah metode penipuan yang semakin populer. Sering menyerang ketika karyawan menciptakan pemasok palsu atau ketika ia membayar pemasok yang sah dan mengalihkan uang tunai ke akun alternatif.

Faktur Email
Penipuan ini sering melibatkan pelaku yang bertindak sebagai pemasok yang sah dan menyarankan perubahan pada pengaturan pembayaran yang ada. Penipuan mungkin tidak terdeteksi sampai terlambat – ketika bisnis disiagakan oleh keluhan dari pemasok bahwa pembayaran tidak diterima. Check-in akun reguler dapat membantu melindungi pemilik bisnis yang menjadi korban penipuan jenis ini.

Sebagai pemilik bisnis, anda perlu berhati-hati dan selalu menyiapkan berbagai strategi agar terhindar dari aktivitas fraud. Anda bisa memulainya dengan identifikasi staf saat open recruitment. Ketahui latar belakangnya, kesehariannya, lihat postingan media sosialnya, dan berikan beberapa soal yang bisa meyakinkan anda bahwa mereka adalah orang yang tepat untuk mengisi kekosongan posisi dalam bisnis anda. Apabila dari pembaca masih membutuhkan beberapa informasi lebih terkait frauding dalam bisnis. Atau membutuhkan audit atau penataan manajemen agar bisa meminimalisir Fraud, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900/0813-3309-9915. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s