MANAJEMEN KEUANGAN

Pada kesempatan ini kami Groedu International consultant untuk kota Surabaya, Jakarta, Malang, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Palangkaraya, Pangkalan bun, Makassar, Pelembang dan Medan sedang mengulas artikel mengenai “manajemen keuangan”
Pengertian Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan merupakan semua aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan bagaimana cara memperoleh pendanaan modal kerja, menggunakan atau mengalokasikan dana, dan mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama perusahaan.

Tujuan Manajemen Keuangan
Tujuan utama Manajemen Keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai yang dimiliki perusahaan atau memberikan nilai tambah terhadap asset yang dimiliki oleh pemegang saham.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan
Ruang Lingkup Manajemen Keuangan terdiri dari:
Keputusan Pendanaan, meliputi kebijakan manajemen dalam pencarian dana perusahaan, misalnya kebijakan menerbitkan sejumlah obligasi dan kebijakan hutang jangka pendek dan panjang perusahaan yang bersumber dari internal maupun eksternal perusahaan.
Keputusan Investasi, Kebijakan penanaman modal perusahaan kepada aktiva tetap atau Fixed Assets seperti gedung, tanah, dan peralatan atau mesin, maupun aktiva finansial berupa surat-surat berharga misalnya saham dan obligasi atau aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
Keputusan Pengelolaan Aset, Kebijakan pengelolaan aset yang dimiliki secara efisien untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut.


5 Fungsi Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan memiliki peran yang sangat penting dalam suatu perusahaan atau bisnis usaha. Berikut 5 fungsi manajemen keuangan :

1. Perencanaan Keuangan
Perencanaan keuangan dalam perusahaan meliputi perencanaan arus kas dan rugi laba. Perencanaan keuangan sangat penting dilakukan agar dapat mengetahui hal apa saja yang harus dipersiapkan oleh perusahaan agar terhindar dari kerugian.
2. Perencanaan Anggaran
Perencanaan anggaran meliputi perencanaan mendapatkan uang dari sumber tertentu dan penggunaan atau pengalokasian dana tersebut. Pengalokasian dana perlu dilakukan secara optimal.
Manajer keuangan dapat memangkas kegiatan-kegiatan yang tidak menguntungkan perusahaan, dan dana tersebut dapat dialokasikan untuk kegiatan yang dapat memaksimalkan keuntungan perusahaan.
Dengan begitu, maka anggaran perusahaan dapat lebih efisien dan memaksimalkan dana yang dimiliki.
Selain itu, dengan perencanaan anggaran yang tepat, perusahaan tersebut dapat memperkirakan keuntungan ataupun kerugian yang akan dihadapi.
3. Pengendalian Keuangan
Setelah mengimplementasikan perencanaan keuangan yang telah dibuat, maka perlu dilakukan evaluasi untuk mengontrol keuangan.
Dengan melakukan pengontrolan, maka perusahaan dapat mengetahui hal-hal keliru yang terjadi pada penggunaan anggaran.
Jika ada beberapa hal yang kurang sesuai dengan rencana awal maka perusahaan dapat menggunakan data tersebut untuk dijadikan acuan dalam melaksanakan kegiatan selanjutnya.
Misalnya, dengan melakukan perbaikan. Sehingga, perusahaan dapat kembali berjalan sesuai dengan rencana yang telah dibuat.
4. Pemeriksaan Keuangan
Pemeriksaan keuangan adalah salah satu fungsi yang penting dalam manajemen keuangan.
Pemeriksaan keuangan berguna untuk mengetahui apakah penggunaan keuangan dalam perusahaan tersebut sudah sesuai dengan kaidah standar akuntansi keuangan. Pemeriksaan keuangan juga berguna untuk memastikan agar tidak terjadi penyimpangan.
5. Pelaporan keuangan
Manajer keuangan perlu melakukan upaya pelaporan anggaran secara tepat dan benar. Setiap tahunnya manajer akan menyediakan laporan informasi tentang keuangan perusahaan. Manajer keuangan sangat dibutuhkan untuk masalah keuangan sebuah perusahaan.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca. Apabila pembaca membutuhkan bantuan mengenai sistem manajemen untuk perusahaan, laporan keuangan dan mengetahui rugi laba dan neraca, serta bagaimana menumbuhkan profit perusahaan silahkan hubungi 081-252982900. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s