PERBEDAAN LAPORAN PENDAPATAN ANTARA PERUSAHAAN JASA DAN MANUFAKTUR

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu International Consultant (Lembaga Konsultan bisnis yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya). Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “Perbedaan Laporan Pendapatan Antara Perusahaan Jasa Dan Manufaktur”.
Laporan pendapatan atau juga disebut Laporan Laba Rugi merupakan bagian penting dari sebagian besar bisnis. laporan ini memungkinkan manajer untuk melihat dengan tepat bagaimana uang mengalir dalam perusahaan. Tidak ada format laporan pendapatan universal yang mencakup semua bisnis. Namun, bisnis di perusahaan yang berbeda, seperti jasa dan manufaktur, akan memiliki perbedaan pula dalam laporan pendapatannya.


Laporan pendapatan sebuah bisnis akan berdasarkan pada bidang dimana bisnis itu bergerak. Bisnis perusahaan jasa tidak dapat menggunakan templat laporan pendapatan yang sama dengan bisnis perusahaan manufaktur karena adanya perbedaan yang signifikan dalam cara operasi bisnis dan cara menghasilkan uang. Karena laporan pendapatan mencerminkan jumlah total uang yang diperoleh oleh perusahaan dan berapa biaya yang digunakan untuk mendapatkan uang itu. Perusahaan yang memiliki lebih banyak pengeluaran atau lebih banyak jenis pengeluaran harus memberikan lebih banyak informasi dalam laporan mereka daripada mereka yang hanya memiliki pengeluaran umum.
Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa biasanya memiliki biaya overhead yang rendah sebagai hasil dari menjaga sedikit jika ada persediaan dan memiliki jumlah karyawan yang relatif sedikit. Ini menghasilkan persentase lebih besar dari pendapatan yang dikonversi menjadi laba dibandingkan dengan jenis bisnis lain, meskipun tergantung pada layanan. Laporan pendapatan yang dihasilkan oleh penyedia jasa hanya berfokus pada jumlah pendapatan yang dibawa dan jenis-jenis pengeluaran yang dihadapi.
Perusahaan manufaktur biasanya memiliki jumlah pendapatan yang lebih tinggi daripada jenis bisnis lain. Karena peralatan manufaktur, bahan baku, dan jumlah karyawan yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan manufaktur juga lebih tinggi. Laporan pendapatan untuk perusahaan manufaktur biasanya lebih kuat daripada perusahaan lainnya, dikarenakan produsen menghadapi kisaran pengeluaran yang lebih luas daripada perusahaan yang tidak memerlukan peralatan, pemeliharaan, layanan pengiriman, atau tenaga kerja yang ekstensif.
Demikian artikel dari kami dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan bimbingan akuntansi perusahaan, software akuntansi, atau bimbingan ISO, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 081-252-982900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s