5 MASALAH DAN SOLUSI DALAM PRAKTIK DIGITAL MARKETING

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu International Consultant Lembaga Konsultan Bisnis Surabaya. Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “5 Masalah dan Solusi Dalam Praktik Digital Marketing”.
Di era ini dengan teknologi yang semakin berkembang, semakin pula menciptakan banyak peluang untuk mengembangkan bisnis. Kondisi seperti ini mendorong para pebisnis untuk memunculkan ide atau strategi luar biasa dalam mempromosikan bisnis mereka. Seperti strategi yang akan kita bahas kali ini yaitu Strategi Pemasaran Digital. Dunia digital merupakan asset terbesar bagi para pebisnis. Ini dikarenakan dengan adanya dunia digital, pemasaran bisnis tidak akan lagi terhalang oleh jarak dan waktu. Dimanapun dan kapanpun, jika terdapat dunia digital maka disitu pula bisa berlangsung sebuah pemasaran produk bahkan tidak sedikit yang sampai terjadi transaksi jual beli. Meski inovasi ini terlihat sangat menggiurkan untuk mengembangkan bisnis, tetap saja para pelaku bisnis akan banyak menghadapi masalah dalam pelaksanaannya. Bahkan masalah ini akan menjadi sangat serius bagi para pebisnis yang masih belum melek teknologi alias gaptek. Berikut ini 5 masalah yang sering dijumpai para pelaku digital marketing.

Bingung Harus Memulai Darimana
Salah satu masalah utama bagi pelaku bisnis secara umum adalah bingung untuk memulai. Ini merupakan tantangan bagi pebisnis yang tidak memiliki pengetahuan digital dalam memasuki ruang digital. Kebingungan ini sudah umum terjadi karena dalam era ini sudah sangat banyak platform yang bisa digunakan untuk digital marketing. Dan bisa jadi dunia digital masih merupakan hal baru bagi sebagian orang yang terlahir lebih dulu sebelum era digital lahir. Namun bukan berarti tidak ada solusi untuk ini.
Cobalah untuk melangkah ke dunia digital. Setiap orang akan memiliki titik awal yang berbeda. Meski terasa bingung, ini akan menjadi awal yang baik bagi anda jika ingin mempelajarinya. Berikut adalah beberapa ide yang dapat membantu anda memasuki dunia digital.
1) Menjadi konsumen digital. Pikirkan tentang hal ini dari sudut pandang konsumen. Bagaimana anda saat melakukan bisnis secara digital dengan perusahaan lain? Apakah anda melakukan pembayaran dengan uang digital? Apakah anda menggunakan media sosial untuk berselancar tentang sebuah produk? Apakah anda menerima pengingat pesan digital? Ambil saja semua proses tentang bagaimana anda menjadi konsumen digital dan terapkan apa yang anda pelajari untuk bisnis Anda.
2) Tanyakan kepada pelanggan anda apa yang akan bermanfaat bagi mereka, jika bisnis anda akan mulai memasuki dunia digital.
3) Coba saja dulu. Masalah terbesar adalah bahwa semua orang berusaha mencari tahu digital tanpa benar-benar melakukannya. Terlalu terbiasa dengan bisnis konvensional, sehingga kurang percaya diri untuk memulai bisnis secara digital. Ini seperti berbicara tentang belajar berenang, tapi takut tenggelam sehingga tidak berani melangkahkan kaki ke air. Padahal untuk belajar berenang tidak harus dimulai dengan air yang dalam. Setelah Anda merasakan dunia digital, putuskan titik awal dan terus belajar. Semakin banyak anda melakukannya, semakin anda akan sadar dan sebagian besar segalanya akan mulai masuk akal.

Bingung Strategi Pemasaran Yang Akan Digunakan
Sebagian besar pelaku bisnis sering dilumpuhkan oleh pilihan yang mereka miliki sendiri. Seperti Haruskah memulai posting konten di media sosial? Facebook? Instagram? Video? Blog? Sepertinya iklan you tube juga ide bagus? Semuanya terdengar bagus sehingga mereka tidak tahu strategi mana yang akan mereka gunakan dan yang harus mereka hindari. Kebingungan ini sering berawal dari fakta bahwa banyak pembicara atau video yang memberitahu anda untuk mencoba strategi yang berbeda. Ketika pemasaran digital menjadi lebih kompleks dan matang, ada banyak cara untuk memanfaatkan digital dan anda akan banyak mendengar pendapat yang berbeda karena begitu banyak orang berbeda juga yang sukses di berbagai bidang. Namun, percaya atau tidak, tetapi sebenarnya agak sederhana untuk mengetahui strategi mana yang perlu digunakan.
Anda harus menyadari bahwa setiap strategi memiliki strategi masing-masing. Anda tidak perlu melakukan setiap strategi, hanya gunakan strategi yang membantu anda mencapai tujuan anda. Mengetahui cara kerja setiap strategi akan membantu anda memahami mereka dan dapat menentukan mana strategi yang anda butuhkan dan mana yang tidak. Anda tidak harus melakukan semuanya sekaligus, cukup temukan beberapa strategi yang dapat membantu anda mencapai tujuan dan cobalah untuk memulai. Setelah anda memiliki pengalaman digital yang kuat, Anda akan mulai menemukan semakin banyak strategi yang bisa anda gunakan. Jadi tidak perlu bingung lagi.

Bingung Strategi Mana Yang Harus Digunakan Terlebih Dulu
Ini adalah masalah lain. Setelah anda tidak bingung strategi apa saja yang harus anda gunakan, akhirnya anda memutuskan menggunakan lima strategi. Sekarang anda bingung strategi mana yang harus anda praktikkan terlebih dahulu?
Beberapa pelaku bisnis bersemangat dan siap untuk memulai perjalanan digital mereka namun akhirnya ditutup pada tahap ini. Mereka tahu mereka membutuhkan digital, mereka bahkan telah membuat daftar apa yang ingin mereka capai dengan digital, tetapi sekarang mereka melihat daftar strategi yang luar biasa dan tidak tahu harus mulai dari mana. Sebenarnya ada sejumlah cara berbeda untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa anda terapkan.
1) Praktikkan strategi apa yang paling anda kuasai. Kebanyakan para pelaku bisnis sudah mulai memposting di media sosial karena ini adalah platform yang sangat mudah digunakan. Jika ada sesuatu yang dapat anda mulai dengan segera dan strategi lain masih perlu penelitian, maka mulailah dengan sesuatu yang anda kuasai.
2) Lakukan yang terbaik untuk klien anda. Apa yang akan menciptakan terbaik untuk klien anda? Ini adalah area lain yang dapat memiliki dampak signifikan pada bisnis anda. Pasalnya anda akan memulai proses digital yang sangat digemari oleh klien anda.

Bingung Konten Yang Harus Diposting
Ini adalah penghalang besar lainnya bagi pelaku bisnis yang telah membuat keputusan untuk memulai perjalanan digital mereka. Mereka mulai masuk ke media sosial, membuat sebuah blog, dan kemudian tidak ada yang dilakukan. Mereka dengan cepat menyadari bahwa meskipun mereka ingin aktif dengan pemasaran digital, mereka tidak tahu harus memposting konten apa. Karena pemasaran digital benar-benar tentang berkomunikasi secara digital dengan konsumen, sehingga mengetahui konten yang sesuai merupakan hal yang penting.
Tapi percaya atau tidak anda memiliki banyak hal yang dapat dijadikan konten pemasaran. Dan solusi yang dapat anda praktikkan adalah berhenti berpikir keras tentang konten apa yang perlu anda posting. Mulailah memposting hal-hal tentang bagaimana anda membantu klien dengan produk anda. Anda harus mengetahui jawaban dari segala pertanyaan yang dapat membantu klie anda. Mulai memposting apa pun yang akan membantu klien anda dan melihat anda sebagai agen ideal mereka.

Tidak Bisa Konsisten
Sebagian besar para pelaku bisnis yang bari memulai terjun ke dunia digital, mereka akan aktif memposting konten di blog dan beberapa platform media sosial yang mereka buat. Mereka memposting selama beberapa minggu dan akhirnya berhenti. Dan sepertinya setiap kali mereka mencoba kembali, ada sesuatu terjadi yang menyebabkan mereka berhenti lagi. Memang benar adanya jika dalam menjalankan bisnis dan berusaha tetap konsisten dengan pemasaran bisa menjadi tantangan. Berikut solusi yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.
• Hal pertama yang pertama. Anda perlu melakukan sebuah perencanaan. Buat rencana pemasaran digital yang sederhana tentang apa dan kapan anda akan melakukan praktik pemasaran digital. Persiapkan jadwal untuk beberapa hari sesuai dengan aktivitas anda. Memiliki sebuah rencana digital marketing dan sekaligus tahu apa yang perlu anda lakukan minggu akan membuat anda lebih mudah untuk tetap konsisten.
• Hal kedua yang harus anda lakukan adalah menempatkan perencanaan anda dilokasi yang mudah anda lihat. Misal memasukkannya dalam sebuah kalender. Jika anda sudah biasa menempelkan segala aktivitas anda pada kalender, hal ini akan semakin mudah bagi anda untuk menentukan waktu yang pas bagi anda untuk melakukan digital marketing yang mana tidak akan mengganggu aktivitas yang anda biasa lakukan.
• Hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah memiliki juara digital. Anda membutuhkan seseorang yang akan membuat semua orang bertanggung jawab dan siapa yang akan terus mendorong anda atau tim anda untuk tetap konsisten melakukan digital marketing. Tidak masalah siapa, tetapi anda membutuhkan pasti membutuhkannya. Sama seperti pola makan atau kebiasaan baru yang ingin anda lakukan, anda harus teratur dan memiliki kekuatan yang mendorong anda maju dan menjaga anda tetap pada tugas.

Terimakasih sudah berkunjung ke website kami dan semoga artikel diatas sangat membantu anda dalam praktik Digital marketing. Jika anda ingin informasi lebih jelas tentang strategi digital marketing, PELATIHAN MARKETING PLAN terkait Strategi omni Channel anda bisa langsung menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s