MEMAKSIMALKAN PENJUALAN DENGAN STRATEGI OMNICHANNEL MARKETING

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan bisnis yang sudah dipercaya oleh berbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar dan kota besar lainnya). Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “Memaksimalkan Penjualan dengan Strategi Omni channel Marketing”.
Pemasaran Omni-channel mengacu pada konsep memberikan pengalaman pengguna yang mulus di semua saluran yang relevan dengan perjalanan pembeli. Dan di era saat ini, diketahui bahwa masyarakat dapat mengakses internet menggunakan berbagai perangkat yang berbeda.
Pemasaran Omni-channel didefinisikan sebagai disiplin pemasaran lintas saluran yang menyelaraskan pengiriman konten di berbagai saluran pemasaran untuk memberikan pengalaman konten yang positif di sepanjang perjalanan pembeli dan seterusnya. Pemasaran Omni-channel mengakui dan mengatasi kenyataan bahwa pelanggan modern tidak lagi terbatas pada platform tunggal. Dan oleh karena itu, berusaha untuk memberikan pengalaman pembelian yang lebih lancar kepada pelanggan terlepas dari platform apa yang mereka gunakan.


Sebagai contoh, ketika anda dengan santai membuka Istagram dan ada sebuah iklan yang menarik untuk anda. Ketika anda mengklik iklan tersebut, anda akan dibawa masuk ke sebuah landing page dari website yang dimiliki iklan tadi. Dalam landing page ini akan ditampilkan lebih rinci tentang deskripsi, keunggulan, dan manfaat dari produk yang dijual. Setelah anda tertarik dan memutuskan untuk membeli, anda mengklik sebuah tombol “Beli Sekarang” dan mengisi identitas lengkap untuk mempermudah proses pengiriman barang. Setelah anda menyelesaikan pengisian identitas, tiba-tiba anda berubah pikiran dan memutuskan untuk tidak jadi membeli. Beberapa hari kemudian, anda menerima email dari toko yang sama. Toko ini memberikan diskon dan menawarkan pengiriman gratis pada anda jika melakukan pembelian hari ini. Sehingga anda tertarik dan membeli produk karena mereka mengajukan penawaran yang tidak dapat anda tolak.
Proses inilah yang dimaksud dengan pemasaran omnichannel. Pemasaran Omni-channel berfokus pada penyediaan pengalaman belanja yang konsisten dan relevan di berbagai jalur pemasaran, yang sangat personal dan didasarkan pada selera dan preferensi unik setiap pengguna.
Seiring perjalanan pembeli menjadi semakin rumit dengan semakin banyaknya saluran pemasaran, anda perlu menguraikannya dan membuatnya sesederhana mungkin. Untuk mencapai keberhasilan dalam penerapan pemasaran omni-channel, anda perlu memiliki strategi yang efektif. Sehingga anda dapat memaksimalkan jangkauan anda, meningkatkan tingkat konversi anda dan mengembangkan bisnis anda. Inilah tiga tips besar untuk membangun pengalaman omni-channel :

• Integrasi – Penerapan omni-channel memerlukan adanya integrasi. Siapa yang perlu diintegrasikan tergantung pada struktur perusahaan anda. Anda perlu memastikan setiap bagian dari tim anda untuk melakukan tugas masing-masing namun tetap menjamin pengalaman pelanggan yang menyenangkan.
• Penelitian – Letakkan beberapa penelitian untuk memahami pembeli anda. Anda perlu memahami siapa mereka dan bagaimana mereka menjalani kehidupan mereka. Gunakan informasi ini untuk mencari tahu saluran mana yang perlu anda targetkan.
• Membangun – Setelah Anda memastikan saluran mana yang ingin Anda targetkan, dan semua orang menyatu dengan tujuan dan sasaran strategi anda, saatnya untuk mulai membangun . Buat platform pemasaran tempat anda dapat melacak data di semua saluran. Bangun pengalaman omni-channel Anda dan ciptakan pengalaman yang dipersonalisasi secara konsisten di semua saluran. Ini adalah bagian yang mungkin memerlukan waktu, dan mungkin memerlukan beberapa perubahan cara kerja, tetapi pada akhirnya ini akan membuahkan hasil.

Strategi ini tidak boleh berhenti saat telah terjadi pembelian oleh pelanggan. Pikirkan tentang apa yang ingin dicapai oleh pelanggan anda yang sudah ada. Baik itu mendukung atau mengatasi masalah untuk produk mereka, memperbarui, memesan kembali atau meningkatkan, pikirkan bagaimana anda akan menawarkan informasi pada pelanggan anda.
Demikian artikel pemasaran omni-channel dari kami dan semoga bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada yang menginginkan info lebih tentang artikel diatas, strategi membangun bisnis waralaba, manajemen bisnis ritel, membutuhkan bimbingan dalam memanajemen bisnis, bimbingan membangun bisnis startup, PELATIAN MARKETING PLAN terkait Omni-Channel silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau kontak langsung kami 081-8521172 & 081-252-982900. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s