TIPS MEMBANGUN BISNIS STARTUP MULAI NOL

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan bisnis yang sudah dipercaya oleh berbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar dan kota besar lainnya). Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “Tips Membangun Bisnis Startup Mulai Nol”.
Saat ini ribuan orang telah mempertimbangkan untuk membangun bisnis mereka sendiri. Ini merupakan hal positif dimana akan banyak terlahir para interpreneur. Kabar baiknya, memulai bisnis saat ini sudah dalam jangkauan hampir semua orang yang mau bekerja keras dan berani mengambil resiko. Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang bisnis startup.
Istilah startup dapat diartikan dengan kata memulai atau merintis. Sehingga bisnis startup dapat diartikan sebagai bisnis baru atau bisnis rintisan dimana belum ada orang yang membuatnya. Bisnis yang tergolong dalam startup saat ini adalah bisnis yang berkaitan dengan pengembangan atau kemajuan teknologi dan informasi.
Meski banyak orang yang menginginkan untuk membangun bisnis startup, bukan berarti bisnis ini merupakan bisnis yang mudah dibangun dan dijalankan. Anda perlu melakukan riset serta menciptakan strategi tepat sasaran untuk membangunnya. Berikut adalah tips-tips yang dapat anda pakai untuk membangun bisnis startup.

Kembangkan Ide Melalui Riset Pasar
Menemukan ide bisnis merupakan tugas yang melelahkan. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, karena pada dasarnya ide yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis adalah ide dimana semua orang membutuhkannya sebagai solusi permasalahan mereka dan memiliki prospek dalam jangka waktu yang panjang. Memahami pasar Anda adalah kunci kesuksesan. Jika Anda tidak tahu skill khusus dari bidang bisnis yang telah anda pilih, upaya anda akan sia-sia. Tetap di dalam area yang anda tahu. Jangan memulai dari hal yang tidak anda kenal. Karena selain anda membutuhkan waktu untuk belajar lebih, ada kemungkinan orang lain yang sudah mengerti hal itu akan mendahului anda untuk memulai bisnis yang dengan yang anda pilih. Sehingga penting bagi anda untuk lebih memilih bidang bisnis yang menjadi solusi permasalahan dan sesuai dengan keahlian yang anda miliki.

Jadilah Pribadi Yang Kreatif
Pemikiran yang tidak biasa juga penting untuk mendapatkan investasi pertama dalam memulai bisnis anda. Anda harus yakin dengan diri anda bahwa anda memiliki banyak potensi. Yang perlu anda lakukan adalah mengenali dan menggali potensi anda tersebut, lalu anda perlu mengimplementasikan hal tersebut dengan cara membuka usaha apapun itu yang sesuai dengan passion dan juga bakat anda. Anda sebaiknya jangan membelenggu potensi minat serta bakat yang anda miliki, anda harus memulai untuk membuka usaha dari hal yang terlihat kecil, mungkin juga dengan omset yang tidak terlalu besar. Yakin dan percaya bahwa dengan keseriusan anda dan juga tekad yang kuat akan menjadikan anda pengusaha yang besar serta sukses. Ini tentang anda dan keunikan anda.

Pikirkan Tentang Tim Terbaik
Jika anda baru akan merintis sebuah bisnis, maka anda perlu memikirkan jumlah tim yang anda perlukan. Tidak terlalu banyak namun mereka memiliki motivasi kuat untuk bekerja sama dalam membangun sebuah perusahaan. Mereka yang memiliki banyak pengetahuan dan visi untuk masa depan, serta tidak mementingkan gaji tinggi. Menurut Saul Klein (Pendiri Kano Computing), dia berpendapat sususan tim terbaik adalah sebagai berikut :
• Seseorang yang mengerti bagaimana membangun sistem teknologi untuk menyelesaikan masalah.
• Seseorang yang memahami faktor manusia yang disembunyikan oleh masalah dan tahu apa yang diperlukan untuk menyelesaikannya.
• Seseorang yang tahu bagaimana menjangkau orang dengan berbagai masalah serta solusi yang perlu diberikan.

Membangun Sistem
Masalah dasar yang perlu Anda perhatikan saat merintis bisnis adalah pendaftaran bisnis Anda, Saran hukum dan dukungan akuntansi, membangun model keuangan bisnis yang efektif, membangun model formal fungsi bisnis Anda. Selain itu, seorang pengusaha harus memahami bahwa pada tahap awal startup, salah satu rekomendasi terpenting adalah mengalihkan perhatian pada kesenangan dan dorongan kuat atas proyek yang sedang dikerjakan, bukan pada uang atau pendapatan.

Berani Mengambil Resiko
Resiko adalah sahabat alami dari setiap usaha baru. Secara umum, resiko yang sering dihadapi oleh pelaku bisnis startup adalah sebagai berikut.
• Resiko Pasar. Apakah pasar yang tepat untuk produk nda? Apakah pasar membutuhkannya? Apakah orang akan membayarnya? Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini adalah salah satu tugas utama anda sebelum merilis produk ke pasar
• Risiko Produk. Prioritas utama lain saat membuat startup adalah mengidentifikasi produk Anda, segala kelebihannya, masalah yang diselesaikan dengan adanya produk anda, dan kelayakan untuk diinvestasikan. Jika Anda tidak dapat melakukannya, tentu tidak akan anda konsumen yang tertarik pada produk anda.
• Risiko Pengalaman Tim. Banyak sekali masalah yang terdapat dimasayarakat, tentu dengan satu orang tidak akan cukup untuk mengatasinya. Itulah pentingnya membangun tim yang solid. Anda harus membangun tim yang memiliki pengalaman dan pengetahuan cukup tentang bidang bisnis yang anda bangun.
• Risiko Keuangan. Kebanyakan startup membutuhkan investasi agar dapat berjalan. Penting untuk mengidentifikasi batasan bisnis ketika nda mencari investor baru. Investor potensial akan memperhatikan kemampuan anda serta mengidentifikasi rencana bisnis anda dalam jangka panjang.
• Risiko Copycats. Selalu ada risiko bahwa aka nada pesaing yang menyalin produk Anda. Terutama jika anda bergerak dalam bidang teknologi. Akan sangat mudah bagi para pesaing, apalagi mereka yang memiliki modal lebih banyak daripada anda.

Demikian artikel dari kami. Terimakasih karena telah berkunjung ke website kami, dan semoga kebermanfaatan bagi para pembaca. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan membutuhkan bimbingan dalam memanajemen bisnis anda, atau ingin bantuan untuk membangun sebuah bisnis startup seperti Supermarket, Distributor, Pabrik dengan 1 BOM, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau kontak langsung kami 081-8521172 & 081-252-982900 (Wa). Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s