APA PRINSIP DASAR SUKSES BERBISNIS DI ERA DIGITAL?

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan bisnis yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, dan kota besar lainnya). Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “Prinsip Dasar Sukses Berbisnis di Era Digital”.
Bisnis adalah sebuah kata yang sudah sangat tidak asing bagi masyarakat, yaitu merupakan kegiatan yang dilakukan baik secara perorangan maupun organisasi, dimana didalamnya terdapat aktivitas penjualan, pembelian, serta pertukaran barang atau jasa.
Bisnis merupakan sebuah aktivitas yang sangat digemari oleh masyarakat, karena sudah terbukti dapat mendatangkan banyak keuntungan dan mensejahterakan pelakunya. Apalagi sekarang sudah sangat diuntungkan dengan teknologi yang sangat berkembang pesat, tempat yang tidak strategispun sudah bukan lagi menjadi alasan bagi masyarakat untuk melakukan bisnis.
Tapi apa semua pelaku bisnis bisa menjalankan setiap bisnisnya dengan lancar dan tanpa suatu hambatan? Jawabannya jelas tidak. Tentu pelaku bisnis akan menemui tantangan dan rintangan sebelum mereka mencapai sukses dalam berbisnis. Sudah menjadi fakta bahwa tidak sedikit para pelaku bisnis yang gulung tikar karena kurangnya pengetahuan dalam berbisnis. Oleh sebab itulah artikel “Prinsip Dasar Sukses Berbisnis di Era Digital” kami tulis agar menambah wawasan kita dalam berbisnis.
Berikut prinsip dasar sukses berbisnis di era digital :
1. Menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Ini merupakan prinsip yang paling dasar yang harus diketahui oleh pelaku bisnis. Dimana jika produk yang dibuat tidak bisa menjawab kebutuhan masyarakat, tentu produk ini tidak akan laku di masyarakat. Salah satu cara agar dapat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat adalah dengan membuat business plan.
2. Memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memaksimalkan pemasaran.
Berdasar laporan “Digital Around The World 2019” menyatakan bahwa dari 268,2 juta penduduk Indonesia, 150 juta diantaranya sudah mengenal dan menggunakan akun media sosial. Dari sini sudah diketahui bahwa, jika bisa memanfaatkan teknologi dengan optimal maka hampir lebih dari separuh penduduk Indonesia sudah berada dalam jangkauan pemasaran produk. Teknologi yang bisa digunakan diantaranya adalah web, email, mobile, sosial media, dan banyak teknologi lainnya. Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis di era digital wajib hukumnya agar melek teknologi, wajib hukumnya untuk mengenal digital marketing.
3. Berani mengambil resiko.
Setiap ada peluang, pasti ada resiko. Semakin besar peluang yang diambil, bukan tidak mungkin resiko yang diambilpun akan semakin besar. Salah satu orang besar yang bermimpi “One House One Computer” rela meninggalkan havard untuk membangun bisnis “Microsoft”, siapa lagi kalua bukan Bill Gates. Jack Ma yang diremehkan karena idenya dalam mengembangkan internet, sekarang sudah berhasil mendirikan perusahaan terbesar di Tiongkok yaitu Alibaba Group. Jan Koum yang memundurkan diri dari Yahoo untuk menciptakan WhatApp, salah satu aplikasi chatting terkenal di penjuru dunia. Tentu mereka tidak akan berani mengambil resiko tersebut jika tidak mengetahui besar peluang dan langkah apa saja yang akan dilakukan untuk berbisnis. Sarana digital akan sangat membantu dalam berbisnis, ancaman pesaingpun menjadi sangat banyak. Jadi jangan takut berinovasi, jangan takut mengambil resiko, siapkan strategi ke depan, dan raih sukses anda dalam berbisnis.

Terima kasih telah berkunjung ke website kami, itulah sedikit penjelasan mengenai prinsip dasar sukses berbisnis di era digital. Apabila pembaca membutuhkan konsultasi terkait bisnis yang anda sedang jalankan , membutuhkan pembenahan Standar Operational Procedure (SOP) Perusahaan, training terkait penjualan dan butuh Accounting Software untuk penjualan, pembelian dan inventory serta mengubah strategi penjualan, pembaca dapat menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s