DASAR-DASAR PEMBUATAN BISNIS PLAN UNTUK PERUSAHAAN START UP

Pada kesempatan ini konsultan bisnis untuk kota Surabaya, Bandung, Jakarta, Semarang, Jogjakarta, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, Medan dan Palembang sedang mengulas artikel yang membahas mengenai bisnis plan.
Bagi perusahaan yang ingin maju dan memiliki keunggulan bersaing, sebaiknya perusahaan membuat bisnis plan setiap periode tertentu. Cara membuat bisnis plan yang efektif ada beberapa langkah di bawah ini:

1. Ringkasan Singkat
Ringkasan singkat ini berisi tentang informasi terkait bisnis perusahaan. Visi, misi, serta tujuan dan target bisnis yang akan dikembangkan. Produk atau jasa apa yang perusahaan akan jual kepada konsumen. Kita buat semenarik mungkin sehingga rencana bisnis perusahaan menarik dan menjual.
2. Latar Belakang Bisnis
Latar belakang bisnis bercerita mengenai alasan mendirikan bisnis tersebut, orang-orang yang terlibat di dalamnya, seperti pemodal atau pemilik saham, struktur organisasi, daftar konsultan atau ahli, dan yang terkait lainnya bisa ditambahkan di bisnis plan poin dua ini.
3. Analisis Produksi Bisnis
Bagian ini berisi tentang penjelasan mengenai sistem operasi bisnis kita. Dari hulu sampai hilir dijelaskan. Misalnya bisnis Anda bergerak di bidang produksi ataupun pabrikan, kita perlu menjabarkan bagaimana prosesnya mulai dari menerima pesanan, produksi barang, hingga distribusinya. Begitupun jika bergerak di bidang jasa, bagaimana cara kita mengirimkan jasa kepada konsumen.


4. Analisis Tenaga Kerja
Jangan lupa masukkan rincian sumber daya manusia (SDM) yang diperlukan, seperti kompetensi dan keahlian, jumlah yang dibutuhkan. Jangan remehkan untuk mendetailkan kebutuhan tenaga kerja pada bisnis kita, karena pengalokasian sumber daya manusia yang tepat merupakan salah satu penentu keberhasilan bisnis kita
5. Analisis Pemasaran dan Distribusi
Kita juga perlu menganalisis pemasaran dan distribusi produk jasa dalam rencana bisnis. Target pasar yang dibidik, tren pasar yang sedang berkembang, termasuk strategi pemasaran yang akan diterapkan untuk mencapai target penjualan. Proses maupun strategi distribusi pun harus dicantumkan di rencana bisnis sehingga produk atau jasa kita dapat dinikmati konsumen.
6. Analisis Pengembalian Modal untuk keuangan
Penting bagi kita mencantumkan proyeksi pemasukan dan pengeluaran, perhitungan kapan modal dapat kembali, pengembalian investasi kepada investor, serta segala hal lain yang berkaitan dengan aliran uang harus masuk dalam rencana bisnis.
7. Rencana Pengembangan Bisnis dan buka cabang
Investor biasanya akan menyoroti satu hal penting dalam sebuah rencana bisnis, yakni rencana pengembangan usaha dan buka cabang. Seberapa serius kita mengembangkan usaha tersebut, apa saja yang akan dilakukan dan strategi pengembangan bisnis apa saja.


8. Analisis Risiko Bisnis
Namanya bisnis, pasti ada saja risikonya termasuk bisnis kita. Ada beberapa risiko bisnis yang mungkin saja muncul di tengah jalan, yakni risiko operasional, risiko keuangan, risiko saat produksi, dan lain sebagainya. Analisis ini tidak hanya seputar identifikasi risiko, tetapi juga strategi kita dalam mengatasi dampak dari risiko tersebut.
Buatlah Rencana Bisnis Optimis Tapi Realistis
Dalam menyusun rencana bisnis, kita harus tetap optimistis bahwa bisnis yang kita rintis akan berhasil. Menetapkan target yang realistis dan terukur sehingga bisnis dapat dijalankan dengan baik. Jangan terlalu ambisius atau muluk, yang pada akhirnya menggunakan segala cara untuk mencapainya.
Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan dalam penyusunan bisnis plan, marketing plan, training sop marketing, Feasible study atau mendirikan perusahaan start up, silahkan hubungi kami di 081-252982900, kami siap membantu anda. Terima kasin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s