STRATEGI PEMANGKASAN SUMBER BIAYA USAHA DAN PENGURANGAN BIAYA PROMOSI, MANFAATKAN SISTEM PENJUALAN POINT OF SALES (POS) UNTUK RITEL MODERN ANDA

Begitu cepatnya pergerakan dari perkembangan dunia teknologi yang sebenarnya juga harus dapat diikuti oleh setiap pelaku usaha. Sebagai seorang pengusaha Anda juga jangan sampai hanya sekedar menjadi penonton saja dari begitu cepatnya perputaran roda perkembangan teknologi yang pada akhirnya hanya akan bisa mendapatkan imbas yang lebih negatifnya saja.

Padahal dengan adanya kepekaan dan dari berbagai ide-ide yang lebih kreatif, maka teknologi yang sudah menjadi semakin maju seperti sekarang ini juga masih bisa memberikan dampak yang lebih positif bagi setiap pelaku usaha. Seperti halnya untuk penggunaan sistem point of sales yang untuk akhir-akhir ini sudah menjadi semakin ramai digunakan oleh banyak tempat usaha dan beberapa diantaranya adalah dari jenis usaha ritel modern.

Jangan bilang, jika Anda masih belum mengetahui tentang apa itu sistem point of sales? Yang dimaksud dengan sistem point of sale ini adalah berupa sistem untuk melakukan transaksi penjualan ritel modern yang menggunakan seperangkat komputer dan juga mesin kasir. Meskipun sebenarnya sudah sangat banyak yang mengetahui tentang bagaimana definisi yang sesungguhnya dari Point Of Sales ini, namun ternyata masih banyak juga diantara para pelaku usaha tersebut yang merasa agak ragu tentang bagaimana dalam menggunakannya.

Biasanya, diantara mereka yang paling banyak adalah dihantui oleh sebuah pertanyaan seperti “Bagaimana sebuah sistem dari point of sale dapat memangkas sumber biaya dan mengurangi biaya untuk berpromosi dari sebuah usaha?” dan apakah benar-benar bisa memberikan keuntungan yang lebih besar bagi sebuah usaha?

Karena hal seperti itulah, maka berikut ini akan dijelaskan secara lebih ringkas tentang bagaimana caranya dalam melakukan hal tersebut:

1. Dapat digunakan untuk proses menganalisis data-data penjualan dengan lebih terperinci dan tepat.

Salah satu hal yang bisa menyebabkan terjadinya kerugian pada jenis bisnis seperti apapun, adalah berasal dari data penjualan yang sama sekali tidak dihitung secara lebih terperinci. Hal seperti inilah yang juga akan menjadikan stok barang yang akan diproduksi dan yang sudah dipersiapkan untuk dijual malah menjadi tidak sesuai dengan kebutuhan. Dan biasanya hal semacam ini akan berakibat langsung dengan modal yang harus dikeluarkan menjadi lebih banyak dari yang seharusnya sudah dikeluarkan.

Akan menjadi lain ceritanya jika Anda sudah menggunakan sistem point of sales sebagai andalan utama dari usaha Anda. Sebagai sebuah sistem yang sudah bisa digerakkan dengan menggunakan teknologi terkomputerisasi, maka tentunya proses penghitungan yang akan dilakukanpun juga bisa menjadi lebih akurat dan jauh lebih terperinci. Dan untuk stokpun akan secara otomatis bisa terpotong karena sistem ini semuanya sudah dilengkapi dengan serba terotomatisasi.

2. Dapat digunakan sebagai salah satu sarana promosi yang lebih efisien.

Melakukan promosi tentunya adalah suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan agar bisnis Anda dapat terus menjaring para pelanggan-pelanggan baru. Dengan menggunakan sistem dari POS ini, maka sistem promosi akan bisa dipantau hasilnya dengan lebih maksimal. Misalnya seperti menggunakan cara sistem promosi membership, atau bisa juga dengan happy hour, sistem point, Diskon dan berbagai promo-promo penting lainya.

Dengan menggunakan sistem Point Of Sale seperti itu, maka promosi-promosi tersebut akan bisa Anda jalankan dengan lebih baik. Coba bayangkan saja jika Anda masih menggunakan pencatatan yang serba manual, lalu bagaimana cara Anda akan mencatat member-member dan point-point mereka? Tentunya sangat ribet sekali bukan! Karena itulah, maka dengan cara menggunakan program POS ini akan menjadi solusi yang paling tepat untuk menjalankan bisnis ritel modern milik Anda.

Dengan adanya sistem POS ini, maka Anda pada akhirnya Anda akan semakin mengetahui tentang bagaimana dampak sebenarnya dari penggunaan sistem promosi saat ini, apakah mampu memberikan dampak penjualan yang lebih signifikan atau malah sebaliknya. Dengan adanya sistem membershippun juga akan mampu mengurangi biaya promosi Anda, seperti halnya untuk pembuatan brosur maupun berupa pamflet-pamflet.

3. Untuk lebih meminimalkan dan menghindari terjadinya tindakan kecurangan dari para karyawan Anda.

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa banyak usaha-usaha yang hanya berumur sangat pendek namun suah merugi, karena adanya tindakan kecurangan yang sudah dilakukan oleh oknum-oknum karyawan. Lalu bagaimana caranya agar bisa mencegah hal seperti ini agar tidak sampai terjadi? Penggunaan sistem point of sale bisa dijadikan sebagi salah satu solusinya. Karena untuk setiap penghitungan penjualan, pengeluaran, maupun diskon akan bisa langsung dihitung dan dilacak dengan lebih tepat.

Kondisi seperti ini juga akan menjadikan oknum karyawan yang ingin berniat curang tersebut menjadi sangat mustahil untuk bisa dilakukan. Selain itu juga, untuk tujuan efisiensi dan kinerja dari para karyawan, maka pastinya akan menjadi semakin meningkat jika Anda telah menggunakan sistem yang satu ini. Sampai pada akhirnya hal tersebut akan menjadi semakin berdampak lebih positif terhadap bisnis yang saat ini sedang Anda jalankan. Terutamanya adalah untuk dampak yang lebih positif dalam hal permasalahan keuangan maupun berupa penghasilan yang nantinya akan bisa didapatkan.

Semoga dari berbagai penjelasan dari beberapa point-point di atas tentang beberapa strategi pemangkasan sumber biaya bisnis dan pengurangan biaya promosi dengan menggunakan sistem penjualan point of sales dapat bermanfaat bagi usaha Anda sekalian, terimakasih dan salam sukses pengusaha ritel modern Indonesia. Apabila anda membutuhkan Konsultan dalam membantu mendirikan usaha ritel modern anda, Set Up Sistem manajemen dengan software, dan perapian manajemen. Silahkan hubungi email groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu. Terima kasih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s